Ingin Berumur Panjang dan Tingkatkan Kesehatan? Ini Daftar Jenis Kacang yang Kaya Akan Manfaat
Ilustrasi kacang-kacangan. (Freepik)
10:46
26 Oktober 2024

Ingin Berumur Panjang dan Tingkatkan Kesehatan? Ini Daftar Jenis Kacang yang Kaya Akan Manfaat

- Seringkali sebagian dari orang meremehkan manfaat dari kacang-kacangan yang padahal memiliki dampak yang luar biasa bagi kesehatan.

Kacang sendiri memiliki mineral penting dan kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dapat disertakan ke dalam diet, berikut merupakan daftar kacang yang dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur:

Kacang Pistachio

Pistachio sendiri sangatlah populer dalam minuman hingga hidangan penutup, tapi tahukah kamu bahwa pistachio sendiri merupakan salah satu jenis kacang-kacangan.

Kacang pistachio kaya akan vitamin B6 dan E serta mineral penting seperti kalium, magnesium, dan fosfor.

Nutrisi yang terkandung pada pistachio dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasi darah.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat melindungi sel dari stres oksidatif, dan menjadikan kacang ini sebagai makanan yang super multifungsi.

Kacang Kenari

Kacang kenari merupakan kacang yang kaya akan asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan fungsi kognitif.

Hal ini terdapat pada studi yang ada pada tahun 2023 oleh para penelti Belanda, bahwa kacang kenati kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, dan vitamin, serta dapat membantu anemia sekaligus meningkatkan vitalitas manusia.

Kacang Hazel

Kacang hazel merupakan jenis kacang yang memiliki banyak protein dan lemak yang menyehatkan, kacang ini merupakan jenis kacang yang ideal bagi para atlet.

Kacang Hazel sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol serta hal ini terdapat pada sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan ke dalam Journal of the American Medical Association.

Pada jurnal tersebut telah dijelaskan bahwa kacang hazel secara teratur dan bertahap dapat mengurangi kadar kolesterol jahat hingga 7%, dan membuat kacang ini menjadi pilihan yang baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Kacang Almond

Kacang almond telah dikenal khasiatnya dalam memperkuat tulang karena kacang tersebut kaya akan fosfor dan kalsium.

Nutrisi yang terkandung pada almond membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menjadikan kacang ini sebagai alternatif susu yang baik bagi seseorang yang tidak toleran pada laktosa.

Kacang almond juga mendukung pada kesehatan tulang yang lebih baik dalam jangka panjang.

Kacang Pecan

Kandungan kacang pecan yakni kalium dan magnesiumnya yang tinggi sangatlah berakibat baik bagi kesehatan otak.

Mineral-mineral tersebut membantu transmisi saraf dan meningkatkan fungsi kognitif seperti memori, pembelajaran, serta fokus. Manfaat yang terkandung tersebut menjadikan kacang pecan sebagai camilan yang hebat untuk ketajaman mental.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #ingin #berumur #panjang #tingkatkan #kesehatan #daftar #jenis #kacang #yang #kaya #akan #manfaat

KOMENTAR