Ingin Punya Boundaries yang Sehat? Ini 7 Batasan yang Wajib Anda Tetapkan dalam Hubungan
Ilustrasi batasan hubungan yang sehat (Pixabay)
08:44
24 Oktober 2024

Ingin Punya Boundaries yang Sehat? Ini 7 Batasan yang Wajib Anda Tetapkan dalam Hubungan

- Menetapkan batasan atau boundaries merupakan bagian penting dalam membangun identitas Anda dalam suatu hubungan, ini penting untuk kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Batasan sendiri terdiri dari berbagai macam.

Batasan tersebut berkisar dari fisik, emosional, sosial, dan karier. Batasan berarti menemukan keseimbangan dalam hubungan Anda, serta berkompromi dengan pasangan Anda, dan batasan yang sehat dalam suatu hubungan baik untuk kesehatan mental Anda.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTago, Kamis (24/10), tujuh batasan sehat dalam hubungan yang harus segera ditetapkan.

1. Mempunyai self-respect atau harga diri

Di sinilah semuanya bermula, semuanya dimulai dengan Anda merasa senang dengan diri sendiri. Ini akan membantu Anda menetapkan batasan yang akan membuat Anda merasa senang.

2. Jauhi perangkap kesenangan

Ketika Anda terjebak dalam perangkap menyenangkan, Anda akhirnya akan merasa direndahkan. Artinya, Anda mulai merasa lebih baik daripada pasangan Anda pada tingkat inti, yang menyebabkan kurangnya rasa hormat, di mana ini dapat merusak hubungan.

3. Menyeimbangkan kekuatan dalam hubungan

Bila satu orang bertanggung jawab untuk membuat semua keputusan penting, hal itu akan menyebabkan kelelahan di kedua belah pihak, Anda tidak akan merasa didengarkan.

Ini adalah cara lain untuk membangun rasa tidak hormat, juga tidak membantu membangun rasa percaya.

4. Berhentilah mengatakan 'ya' saat yang Anda maksud adalah 'tidak'

Anda mungkin merasa harus mengatakan ya, Anda mungkin merasa Anda satu-satunya yang dapat melakukan pekerjaan dengan cara yang benar.

Ini juga akan menyebabkan kelelahan, saat Anda mulai mengatakan tidak, Anda mengatakan ya kepada diri sendiri.

5. Sisihkan waktu untuk diri sendiri

Pastikan Anda memiliki waktu untuk diri sendiri setiap hari, Anda dapat memulainya dengan 10 menit sehari.

Minumlah secangkir kopi di pagi hari dan tulislah di jurnal Anda, luangkan waktu untuk kesehatan mental.

Ini adalah saat Anda menyisihkan seluruh hari untuk diri sendiri. Anda dapat pergi ke hotel dan bersantai di tepi kolam renang, atau pergi mendaki, pastikan itu adalah sesuatu yang membuat Anda bahagia.

6. Mintalah bantuan saat Anda membutuhkannya

Anda bukanlah pahlawan super, dan Anda tidak seharusnya bersama seseorang yang mengharapkan Anda menjadi pahlawan super.

Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan, mintalah, Anda akan merasa lebih baik saat melakukannya.

7. Berhenti merasa bersalah

Menetapkan batasan adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan mental Anda. Anda telah diajarkan untuk mengutamakan orang lain, tetapi ini ada harganya.

Artinya, kesehatan mental Anda pada akhirnya akan terganggu. Jadi, berhentilah merasa bersalah tentang hal itu, dan jadikan diri Anda prioritas, sama pentingnya bagi Anda untuk menetapkan batasan, Anda harus menghormati batasan pasangan Anda.

Ini akan membantu menyeimbangkan hubungan Anda, yang merupakan hal yang kita semua inginkan. Anda dapat menciptakan hubungan yang bahagia dan sukses yang selalu Anda inginkan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ingin #punya #boundaries #yang #sehat #batasan #yang #wajib #anda #tetapkan #dalam #hubungan

KOMENTAR