Waspada, Intip 5 Makanan yang Perlu Dijauhi Para Lansia Terutama Penderita Dimensia!
Ilustrasi gorengan./Freepik/freestockcenter
07:02
24 Oktober 2024

Waspada, Intip 5 Makanan yang Perlu Dijauhi Para Lansia Terutama Penderita Dimensia!

Orang-orang lanjut usia (lansia) yang berusia di atas 65 tahun bisa saja berpotensi untuk mengidap penyakit demensia.

Penyakit tersebut merupakan sindrom yang menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan daya ingat, berkurangnya kemampuan berpikir, dan menurunnya kecerdasan mental.

Mengutip Halodoc, terjadinya demensia disebabkan oleh kerusakan di salah satu saraf otak yang membuat kemampuan komunikasi otak dengan saraf tubuh lainnya menurun.

Hal tersebut mengakibatkan penderita demensia mengalami gejala sesuai area otak yang mengalami kerusakan.

Beberapa faktor bisa menjadi penyebab terjadinya demensia seperti pola makan tidak sehat, jarang berolahraga, dan kebiasaan merokok.

Selain itu, ada riwayat keluarga yang mengalami demensia juga jadi salah satu penyebabnya.

Bagi yang sedang merawat orang lansia pengidap demensia, Anda perlu memperhatikan apa yang dikonsumsinya.

Dalam artikel ini memberikan lima makanan yang perlu dihindari oleh orang lansia pengidap demensia, sebagaimana dilansir Home Care Assistance.

1. Margarin

Ada kandungan bahan diasetil di dalam margarin yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer, bentuk demensia yang paling umum.

emungkinan akan hal tersebut telah diuji melalui sebuah studi dari University of Minnesota.

Peneliti menemukan bahwa diasetil dapat berkontribusi pada terbentuknya jenis protein yang sama dengan penyakit Alzheimer.

Anda bisa mengganti margarin dengan bahan yang lebih menyehatkan. Seperti menggunakan alpukat yang sudah dihaluskan atau selai kacang untuk roti panggang. Selain itu, menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk memasak.

2. Gorengan

Saat mengonsumsi gorengan, produk akhir glikasi lanjut (AGE) zat kimia yang dilepaskan akan cenderung membuat sel menua lebih cepat termasuk sel otak.

Mengonsumsi makanan yang dikukus merupakan pilihan terbaik bagi orang yang mengidap demensia atau untuk menghindari penyakit tersebut.

3. Soda dan minuman manis

Selain menyebabkan diabetes, soda dan minuman manis dianggap menjadi penyebab dari terjadinya demensia vaskular.

Melansir Alodokter, demensia vaskular menganggu memori, perilaku, dan kemampuan berpikir karena kurangnya aliran darah ke jaringan otak.

Dalam sebuah penelitian kepada sebuah hewan yang mengonsumsi minuman manis selama sebulan, terjadi perubahan pada fungsi kognitif di otak.

Ganti konsumsi minuman manis dan soda dengan minuman yang lebih sehat seperti teh herbal, smoothie, air kelapa, atau teh hijau.

4. Daging olahan

Nitrosamin yang terkandung dalam daging olahan seperti sosis atau hot dog akan menyebabkan hati memproduksi lemak yang dianggap beracun saat sampai ke otak.

Lemak tersebut akan berpotensi merusak sel otak dan membuat gejala demensia semakin buruk.

5. Makanan mengandung MSG

Mereka yang menderita demensia, mengonsumsi makanan mengandung monosodium glutamat (MSG) akan membuat gejalanya semakin parah.

Terdapat peningkatan sensitivitas sistem saraf dan kadar protein beta amiloid yang terkait dengan penyakit Alzheimer serta bentuk demensia lainnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waspada #intip #makanan #yang #perlu #dijauhi #para #lansia #terutama #penderita #dimensia

KOMENTAR