Sumber Penghasilan Dede Sunandar, Kini Buka Usaha Usai Jual 2 Mobil Buat Modal Nyaleg
Fakta Menarik Dede Sunandar Nyaleg (Instagram/@dede_sunandar)
14:27
22 Februari 2024

Sumber Penghasilan Dede Sunandar, Kini Buka Usaha Usai Jual 2 Mobil Buat Modal Nyaleg

Komedian Dede Sunandar sempat curhat soal kegagalannya untuk merebut kursi wakil rakyat di DPRD Kota Bekasi lewat pencalonan dirinya sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu tahun 2024 ini. Pentolan acara komedi Opera Van Java ini mengaku sudah menjual dua mobil miliknya demi mendapatkan dana untuk pencalonannya ini.

"Mobil saya sekarang sisa satu, keluar (dijual) dua. Udah dua mobil dijual, tinggal satu lagi nih. Ya yang ada sekarang gak dijual, itu buat kendaraan saya kan kemana-mana. Tapi nggak pernah ada penyesalan (gagal nyaleg). Kalo nggak terpilih nggak apa-apa, kan ada pembelajaran dari situ," ungkap Dede saat diwawancarai di salah satu program televisi swasta beberapa waktu lalu.

Dalam pencalonannya, Dede bergabung menjadi kader Partai Persatuan Indonesia (Perindo) melalui dapil Kota Bekasi 5 meliput Bekasi Barat dan Pondok Gede. Sayangnya, hasil rekapitulasi suara sementara menunjukkan Dede hanya memperoleh 10 suara. Ia menjadi salah satu caleg dengan suara terendah di dapilnya.

Hal ini membuat Dede sempat minder dengan komedian lainnya seperti Komeng yang justru mendapatkan 1,5 juta lebih suara dalam pencalonannya sebagai caleg DPD RI dapil Jawa Barat.

Kegagalan Dede sebagai caleg pun membuatnya memilih untuk membangun bisnis baru bernama Es Teh Bapak Dewan. Lalu, dari mana sumber kekayaan dari Dede Sunandar? Simak inilah selengkapnya.

1. Profesi komedian

Nama Dede Sunandar mulai melambung saat dirinya bergabung dengan acara komedi Opera Van Java tahun 2012. Saat itu, Dede masih menjadi salah satu pelawak junior yang ikut meramaikan lelucon para komedian senior lain seperti Parto, Sule, Andre Taulany, dan Aziz Gagap.

Dengan segala kepolosan dan kelucuannya, Dede mulai terlibat dengan berbagai program televisi seperti Dahsyat, Gokil, dan berbagai acara yang berbau komedi lainnya. Ia juga saat ini masih aktif bermain di serial Rumah Bulekkk di salah satu stasiun televisi.

2. Sinetron dan Film

Selain sebagai komedian, Dede juga mulai diajak untuk syuting berbagai sinetron dan film sejak tahun 2012. Dede pernah bermain peran di serial televisi, seperti Pengen Jadi Orang Bener (2012), Awas Ada Sule 2 (2012), Oesman 77 (2013), James Bon (2014), Super Dede (2015 - 2016), RANS Family (2015), dan Super Juna (2020). Ia pun beberapa kali memegang karakter utama di serial televisi dan semakin dikenal banyak kalangan.

3. Bisnis wisata

Pria asal Ciamis ini juga membuka bisnis wisata alam bernama Saung Singkur di Pangalengan, Jawa Barat sejak tahun 2020 lalu. Bisnis ini pun diminati banyak warga Bandung dan sekitarnya karena menawarkan pesona alam dengan berbagai fasilitas, seperti penginapan, camping, saung, homestay, wisata arung jeram, river tubing, dan ATV.

Dalam mengawali bisnis ini, Dede pun sempat turun langsung untuk menangani pelanggan dan juga mempromosikan bisnisnya tersebut.

4. Endorsement

Dede juga menerima banyak endorsement dari berbagai brand. Melalui Instagram pribadinya @dede_sunandar, ayah tiga anak ini sering mempromosikan brand dengan konten yang lucu. Akun media sosial yang berhasil meraup 500 ribu followers ini menjadi salah satu mata pencaharian Dede saat ini.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sumber #penghasilan #dede #sunandar #kini #buka #usaha #usai #jual #mobil #buat #modal #nyaleg

KOMENTAR