10 Strategi Ampuh Membangun Kepercayaan dan Memperkuat Hubungan Antara Pasangan dan Teman
Ilustrasi kepercayaan dalam hubungan. (Pexels)
23:30
22 Oktober 2024

10 Strategi Ampuh Membangun Kepercayaan dan Memperkuat Hubungan Antara Pasangan dan Teman

- Kepercayaan adalah fondasi utama dari setiap hubungan yang sehat. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan tersebut cenderung rentan terhadap konflik dan kesalahpahaman. Sayangnya, hampir semua orang pernah mengalami situasi di mana kepercayaan mereka telah dilanggar, yang membuat mereka bertanya-tanya bagaimana cara membangun kembali kepercayaan tersebut.

JawaPos.com mengeksplorasi cara membangun kepercayaan dalam berbagai jenis hubungan, dengan tips dan aktivitas praktis yang dapat meningkatkan kepercayaan. Dilansir dari laman Positive Psychology, berikut adalah 10 cara untuk memperkuat hubungan.

1. Tepati Janji dan Tindak Lanjuti dengan Tindakan Anda

Membangun kepercayaan dimulai dengan membuat orang lain percaya pada apa yang Anda katakan. Ini berarti tidak hanya menjaga janji yang Anda buat, tetapi juga tidak membuat janji yang tidak dapat Anda tepati. Menepati janji menunjukkan kepada orang lain apa yang Anda harapkan dari mereka, dan sebaliknya, mereka akan lebih mungkin untuk memperlakukan Anda dengan hormat, yang pada gilirannya memperkuat kepercayaan di antara Anda.

2. Pelajari Cara Berkomunikasi yang Efektif

Komunikasi yang buruk adalah alasan utama mengapa hubungan dapat rusak. Komunikasi yang baik melibatkan kejelasan tentang apa yang telah Anda komitmenkan dan apa yang telah disepakati. Membangun kepercayaan melibatkan risiko; Anda dan orang lain harus mengambil risiko untuk membuktikan diri Anda dapat dipercaya. Tanpa komunikasi yang efektif, pesan yang ingin Anda sampaikan mungkin tidak diterima dengan cara yang Anda harapkan.

3. Ingat bahwa Membangun Kepercayaan Memerlukan Waktu

Membangun kepercayaan adalah komitmen sehari-hari. Jangan berharap terlalu banyak dalam waktu yang singkat. Ambil langkah kecil dan terima komitmen kecil terlebih dahulu, lalu seiring kepercayaan tumbuh, Anda akan merasa lebih nyaman untuk membuat dan menerima komitmen yang lebih besar. Jika Anda menaruh kepercayaan, umumnya Anda akan mendapatkan kepercayaan sebagai balasannya.

4. Luangkan Waktu untuk Membuat Keputusan dan Berpikir Sebelum Bertindak Terlalu Cepat

Hanya buat komitmen yang Anda senang setujui. Miliki keberanian untuk mengatakan "tidak," bahkan jika itu mengecewakan seseorang. Jika Anda setuju pada sesuatu dan tidak dapat menepatinya, semua yang terlibat akan merugi. Selalu jelas tentang apa yang dapat Anda lakukan dan catat komitmen Anda. Keteraturan adalah bagian penting dalam membangun kepercayaan dengan keluarga, teman, dan kolega.

5. Hargai Hubungan yang Anda Miliki dan Jangan Menganggapnya Sebagai Hal yang Biasa

Kepercayaan sering kali berasal dari konsistensi. Kita cenderung memiliki kepercayaan lebih besar kepada orang-orang yang selalu ada untuk kita, baik dalam keadaan baik maupun buruk. Secara rutin menunjukkan kepada seseorang bahwa Anda ada untuk mereka adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan.

6. Kembangkan Keterampilan Tim dan Berpartisipasilah Secara Terbuka

Ketika Anda mengambil peran aktif dalam sebuah tim dan memberikan kontribusi, orang lebih cenderung menghormati dan mempercayai Anda. Tunjukkan juga kesediaan untuk mempercayai orang lain. Terlibat dan berkontribusi secara aktif menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat orang lain dan bersedia untuk bekerja sama.

7. Selalu Jujur

Pesan yang Anda sampaikan harus selalu merupakan kebenaran. Jika Anda tertangkap berbohong, meskipun itu kecil, kepercayaan orang lain terhadap Anda akan berkurang. Kejujuran adalah elemen dasar yang diperlukan dalam membangun kepercayaan dalam hubungan apapun.

8. Bantu Orang Lain Sebisa Mungkin

Membantu orang lain, bahkan tanpa mendapatkan manfaat untuk diri Anda sendiri, dapat membangun kepercayaan. Kebaikan yang tulus dan tanpa pamrih adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya.

9. Jangan Sembunyikan Perasaan Anda

Keterbukaan tentang emosi Anda sering kali menjadi cara yang efektif untuk membangun kepercayaan. Jika orang lain tahu bahwa Anda peduli, mereka akan lebih mungkin mempercayai Anda. Kecerdasan emosional berperan dalam membangun kepercayaan; mengakui perasaan Anda dan mengambil tindakan produktif berdasarkan perasaan tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak mengabaikan kenyataan.

10. Jangan Selalu Membanggakan Diri Sendiri

Pengakuan dan penghargaan memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dan mempertahankan hubungan yang baik. Mengakui dan menghargai usaha orang lain menunjukkan bakat Anda dalam kepemimpinan dan kerja tim, dan meningkatkan kepercayaan orang lain kepada Anda. Sebaliknya, jika orang tidak menunjukkan penghargaan atas tindakan baik, mereka terlihat egois, dan sifat egois ini dapat menghancurkan kepercayaan.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat membangun kepercayaan yang lebih kuat dalam hubungan Anda, yang akan mengarah pada koneksi yang lebih dalam dan sehat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #strategi #ampuh #membangun #kepercayaan #memperkuat #hubungan #antara #pasangan #teman

KOMENTAR