Tips Merancang Taman Rooftop, Gunakan Waterproofing agar Tidak Bocor!
(Dok: Pexels)
11:06
21 Februari 2024

Tips Merancang Taman Rooftop, Gunakan Waterproofing agar Tidak Bocor!

Rooftop dapat Anda manfaatkan dengan membuat taman agar menciptakan nuansa segar pada bangunan. Salah satu risiko membangun taman di rooftop adalah kebocoran bangunan. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan tips waterproofing agar rooftop anti bocor.

Selain itu, terdapat tips merancang taman rooftop lainnya yang membuat taman menjadi tahan air, indah, dan tahan lama. Mulai dari membuat dak beton yang kuat hingga selektif dalam memilih tanaman, berikut tips membangun taman di rooftop yang bisa Anda terapkan!

Merancang Taman Rooftop dengan Waterproofing
Memiliki taman di rooftop menjadi trik agar bangunan lebih asri dan sejuk di tengah terbatasnya lahan. Perlu persiapan yang matang agar Anda dapat menciptakan taman rooftop yang tidak hanya estetis, namun juga fungsional. Lima tips di bawah ini jadi solusi untuk Anda:

      Buat Dak Beton yang Kuat
Faktor pertama yang akan menentukan kualitas hasil akhir taman pada rooftop adalah kekuatan dak beton. Anda perlu membuat struktur dak beton yang kokoh dan sesuai dengan standar keamanan.

Struktur beton harus kuat menahan beban tanaman, tanah, lalu air, dan juga manusia. Oleh sebab itu, rencanakan struktur dak beton dengan matang untuk mencegah potensi bahaya di masa depan.

Struktur atap dengan kemiringan 20 hingga 30 derajat cukup ideal untuk dak beton yang akan dibangun taman rooftop.

Lalu, gunakan material cor beton yang bertulang dengan besi pada konstruksinya. Ini bertujuan untuk memaksimalkan daya pada atap ketika menahan beban di atasnya.

Anda bisa berkonsultasi dengan ahli konstruksi terkait kekuatan dan stabilitas dari struktur dak beton bangunan Anda.

      Siapkan Bak Tanaman
Setelah memastikan bahwa dak beton memenuhi standar keamanan dan dapat menahan beban dengan kuat, Anda bisa menyiapkan bak atau pot tanaman. Fungsi dari bak atau pot tersebut untuk menjadi wadah tanah dan juga tanaman yang akan Anda tempatkan di taman rooftop.

Anda perlu memilih bak atau pot tanaman yang memiliki kedalaman memadai, sehingga dapat mendukung pertumbuhan akar tanaman. Selain itu, perhatikan ukuran bak atau pot agar sesuai dengan luas taman rooftop.

      Lapisi Dak Beton dengan Waterproofing
Berikutnya, Anda dapat melakukan pelapisan kedap air pada dak beton untuk melindungi ruangan di bawah atap dari risiko rembesan air. Bila tidak melapisi permukaan dak beton dengan lapisan kedap air, maka air akan terserap dan merusak atap bangunan karena lembap.

Adapun proses pemasangan lapisan kedap air bisa Anda mulai dari menyiapkan permukaan dak beton untuk rooftop, lalu lanjutkan dengan memberikan coating atau lapisan dasar. Kemudian, Anda bisa menambahkan lapisan pelindung.

Kegunaan waterproofing sebagai pelapis dak beton pun akan melindungi tulang besi yang terdapat pada balok serta kolom lantai.

      Sediakan Instalasi Listrik dan Air
Sebuah taman membutuhkan pengairan yang cukup, tidak terkecuali taman rooftop. Maka dari itu, Anda wajib menyediakan instalasi air dan juga listrik.

Untuk pemasangan instalasi air, terdapat dua tipe yang perlu Anda bangun. Pertama, instalasi air bersih yang akan Anda gunakan untuk menyiram tanaman. Instalasi air bersih tersebut harus dihubungkan langsung ke pompa air atau penampungan air.

Kedua, instalasi air kotor yang ditujukan untuk keperluan pembuangan. Anda perlu menyambungkannya dengan bagian tepi atap paling rendah. Hubungkan juga ke pipa talang air yang mengalirkan air menuju bak resapan pada tanah.

Jangan lupa menyambungkan instalasi air kotor ke saluran untuk pembuangan air. Kemudian, lengkapi taman rooftop dengan instalasi listrik. Ini diperlukan agar taman memiliki pencahayaan yang memadai ketika malam hari.

Ketersediaan listrik pada taman rooftop juga bermanfaat ketika Anda ingin melakukan aktivitas di taman. Misalnya, bersantai saat malam hari hingga barbeque bersama keluarga.

      Pilih Tanaman yang Sesuai dan Diinginkan
Memilih tanaman untuk taman rooftop pun perlu selektif. Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor. Contohnya, mulai dari kebutuhan tanaman akan sinar matahari, lalu kelembapan tanaman, hingga ketahanannya ketika terkena kondisi atau cuaca ekstrem.

Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi, tanaman seperti sukulen, kaktus, rumput hias, lalu bunga matahari, hingga anggrek adalah beberapa contoh tanaman yang cocok untuk taman rooftop.

Bila ingin mengoptimalkan taman, Anda bisa riset terlebih dahulu mengenai tanaman-tanaman tersebut.

Anda pun dapat melakukan konsultasi dengan seorang ahli taman. Jadi, Anda mendapatkan bimbingan yang tepat terkait pemilihan jenis tanaman yang tepat untuk taman di area rooftop.

Lima tips merancang taman rooftop tersebut bisa Anda jadikan referensi ketika ingin memanfaatkan area rooftop bangunan sebagai taman. Salah satu tips utama yang perlu Anda ingat adalah melakukan pelapisan waterproof pada dak beton untuk mencegah kebocoran.

Anda perlu menggunakan produk lapisan kedap air yang berkualitas untuk mengoptimalkan perlindungan agar taman rooftop anti bocor. Sikalastic - 680 RT jadi rekomendasi produk yang bisa Anda coba. Produk ini memiliki berbagai sifat yang ideal untuk taman rooftop.

Salah satu yang utama adalah memberikan permukaan rooftop perlindungan dari risiko penembusan akar tanaman. Lapisan membran pun terhindar dari kerusakan dan lebih tahan lama.

Kemudian, Sikalastic - 680 RT bersifat fleksibel sehingga memiliki elongasi atau perpanjangan yang baik. Tidak hanya itu, daya rekat produk pada permukaan dari beton, pasangan bata, hingga render pun terjamin.

Lapisan kedap air satu ini sangat tahan terhadap benturan yang semakin didukung oleh konten padat yang tinggi. Untuk mengaplikasikan produk sangat mudah. Anda bisa menggunakan kuas cat, roller, ataupun trowel.

Hasilnya akan terlihat mulus tanpa perlu sambungan. Setelah diaplikasikan, Anda tidak perlu menunggu lama untuk melanjutkan proses pembangunan taman pada rooftop. Sebab, lapisan kedap air ini cepat kering karena terbantu dengan kelembapan udara.

Adapun permukaan (substrat) yang cocok menggunakan Sikalastic - 680 RT cukup banyak. Mulai dari semen, beton, ubin keramik, batu bata, lalu kayu, aspal, bitumen, membran bitumen, kemudian plester, logam, hingga eternit.

Sikalastic - 680 RT merupakan produk dari Sika, yaitu perusahaan yang menyediakan solusi komprehensif untuk berbagai kebutuhan bangunan Anda. Sika telah mendominasi industri bangunan selama 113 tahun, dengan kredibilitas yang terjaga hingga kini.

Tidak hanya skala global, tetapi proyek lokal pun turut Sika tangani. Namun, jika Anda ingin melihat hasil kerja Sika, maka MRT jadi salah satu buktinya.

Sika juga menjadi pencetus pertama lapisan kedap air berbasis semen di Indonesia. Jenis lapisan kedap air tersebut kini termasuk yang paling diandalkan ketika ingin membuat bangunan anti bocor. Ini karena produk berkualitas namun harganya ekonomis.

Mengetahui keunggulan yang ditawarkan Sika, Anda bisa mempercayakan perlindungan anti bocor taman rooftop dengan produk-produk dari Sika.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #tips #merancang #taman #rooftop #gunakan #waterproofing #agar #tidak #bocor

KOMENTAR