Pangeran Mateen dan Anisha Jalani Proses Adat Berbedak Pengantin Jelang Royal Wedding, Apa Sih Itu?
Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah Jalani Tradisi Adat Berbedak Pengantin Diraja (Tangkapan Layar/RTB Go)
20:23
11 Januari 2024

Pangeran Mateen dan Anisha Jalani Proses Adat Berbedak Pengantin Jelang Royal Wedding, Apa Sih Itu?

Sejak 7 Januari 2024 lalu, rangkaian acara pernikahan Pangeran Abdul Mateen atau Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah telah digelar. Sebelum menjalani akad nikah yang direncanakan akan dilaksanakan pada Kamis 11 Januari 2024 ini, keduanya terlihat menjalani prosesi Berbedak Pengantin Diraja.

Tradisi adat turun temurun di Brunei Darussalam itu digelar di Balai Singgahsana Indera Buana, Istana Nurul Iman, yang merupakan tempat tinggal resmi Sultan Hassanal Bolkiah.

Lantas apa sih tradisi adat Berbedak Pengantin Diraja yang dilakukan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah Rabu, 10 Januari 2024? Berikut penjelasannya.

Dikutip dari Wikipedia, Berbedak Pengantin adalah tradisi di mana keluarga dekat calon pengantin memberikan doa restu kepada pasangan yang akan menempuh hidup baru. Kulit mereka akan diseka dengan bubuk tradisional, yang menyimbolkan kesuburan dan kemakmuran.

Prosesi Berbedak Pengantin Pangeran Abdul Mateen sendiri dilakukan langsung oleh Sultan Hassanal Bolkiah, sang istri, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, serta didampingi Putera Mahkota Haji Al-Muhtadee Billah.

Dalam acara tersebut, terlihat Pangeran Mateen begitu gagah saat memasuki Balai Singgahsana Indera Buana. Ia tampak mengenakan busana tradisional Brunei Darussalam yang berwarna merah dengan ornamen keemasan. 

Serta melengkapi penampilannya dengan sash kuning yang disebut sepangadak merah dan regalia. Ia diapit oleh Yang Mulia Pangeran Haji Sufri Bolkiah. Setelah Pangeran Mateen duduk di mimbar kerajaan, tembakan meriam sebanyak 17 kali pun menjadi penanda jika tradisi adat Berbedak Pengantin Diraja dimulai.

Keluarga kerajaan pun tampak mengoleskan benda seperti pasta bedak ke tangan Pangeran Mateen. Setelah selesai, ia pun meninggalkan Balai Singgahsana Indera Buana. Selanjutnya giliran Anisha Rosnah yang memasuki ruangan dengan wajah yang ditutupi kain merah. 

Anisha Rosnah juga mengenakan busana tradisional berupa baju kurung dan rok merah serta mahkota gold. Penampilan keduanya pun menjadi sorotan netizen yang menyaksikan royal wedding yang telah ditunggu-tunggu ini.

Pasalnya, setelah menjalani akad nikah hari ini, Kamis 11 Januari, royal wedding masih terus berlanjut dengan rangkaian lainnya seperti resepsi pada 14 Januari dan ditutup pada 16 Januari 2024.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #pangeran #mateen #anisha #jalani #proses #adat #berbedak #pengantin #jelang #royal #wedding

KOMENTAR