Mengenal Variabilitas Kepribadian Manusia, Perilaku yang Berubah-ubah Seperti Bunglon
Ilustrasi seorang perempuan yang memiliki beragam kepribadian. (Akun Pinterest Mehtap Halil )
11:02
18 Februari 2024

Mengenal Variabilitas Kepribadian Manusia, Perilaku yang Berubah-ubah Seperti Bunglon

- Pernakah merasa memiliki beragam kepribadian dalam diri Anda? Dalam kondisi tersebut mungkin Anda sedang mengalami variabilitas kepribadian. Variabilitas kepribadian merupakan sifat berbeda yang dimiliki oleh suatu individu.

Dilansir dari Psychology Today, kepribadian dalam diri manusia mempengaruhi kehidupan dalam banyak cara. Kepribadian merupakan kombinasi antara sikap, sifat, pola, pikir, emosi, serta nilai-nilai yang dimiliki suatu individu.

Pembahasan kepribadian biasanya hanya terfokus pada karakteristik kepribadian yang berbeda-beda pada setiap orang. Padahal terdapat satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk dipelajari yaitu kepribadian yang tidak stabil.

Kepribadian yang anda miliki tidaklah stabil seperti yang anda bayangkan atau pikirkan. Faktanya, kepribadian dalam diri seseorang sangat bervariasi. Keadaan ini dinamakan variabilitas kepribdadian.

Contoh sederhana dari variabilitas kepribadian saat Anda menunda-nunda pekerjaan padahal sebelumnya adalah orang yang bersemangat, pada saat berada di situasi ini Anda mungkin mengalami penurunan kesadaran untuk sementara.

Contoh lainnya adalah ketika Anda yang biasanya suka menghabiskan waktu di luar pada malam hari, namun tiba-tiba di malam itu Anda tidak tertarik melakukannya. Keduanya merupakan contoh bahwa terkadang kepribadian manusia bisa tidak stabil.

Konsep variabilitas kepribadian digambarkan sebagai kepribadian yang bervariasi seiring waktu dan situasi. Jadi periode dan sebuah keadaan bisa mempengaruhi bagaimana kepribadian suatu individu.

Di sisi lain, tidak semua orang mengalami kondisi ini di angka yang sama. Beberapa orang mengalami lebih banyak variabilitas kepribadian dibanding lainnya.

Cobalah untuk mengamati orang-orang di sekitarmu. Tidak semua orang bisa konsisten dengan berbagai situasi. Terkadang mereka menyesuaikan perilaku mereka sesuai dengan kondisi yang dialaminya. Seperti bunglon yang berubah warna untuk menyamarkan dirinya.

Sementara itu, orang-orang yang jarang mengalami variabilitas kepribadian biasanya bertindak konsistem dalam berbagai situasi. Mereka tetap stabil dan sama.

Pada penilitihan terbaru Psychology Today dalam Journal of Applied Psychology yang meneliti tentang bagaimana variablilitas kepribadian berhubungan dengan kinerja karyawan. Pertanyaan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah variabilitas kepribadian bermanfaat atau tidak?

Hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa karyawan memandang variabilitas kepribadian bermanfaat bagi kinerja mereka.

Hal tersebut menggambarkan mereka memiliki kemampuan beradaptasi dalam perilaku kerja sehari-hari. Kondisi ini dapat membantu mereka dalam pekerjaan yang dijalani.

Namun ternyata tidak semua pekerja mengalami hal yang sama. Karyawan yang memiliki sifat lebih adaptif mendapatkan dampak yang berbeda dari karyawan yang memiliki sifat sebaliknya.

Lebih adaptif merupakan sifat yang memiliki emosi stabil, mudah percaya, dan berpikiran terbuka. Sedangkan karyawan yang memiliki sifat kurang adaptif ditandai dengan ketidakstabilan emosi, ketidakpercayaan dan pikiran tertutup.

Karakteristik yang mendapatkan manfaat dari variabilitas kepribadian adalah karakteristik yang lebih adaptif. Karena mereka dapat menunjukkan fleksibilitas terhadap situasi yang dibutuhkan.

Ketika mereka dihadapkan pada kondisi yang tidak berbeda, mereka memiliki kemampuan dalam menyesuaikan diri dan ini dapat mempermudah pekerjaan mereka. Sebaliknya karyawan yang memiliki karakter kurang adaptif akan lebih baik jika mereka menunjukkan stabilitas dalam bekerja.

Mereka yang kurang adaptif akan kesulitan di dunia kerja saat dihadapkan dengan variabilitas kepribadian. Karena mereka memiliki kesukaran dalam menyesuaikan diri.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mengenal #variabilitas #kepribadian #manusia #perilaku #yang #berubah #ubah #seperti #bunglon

KOMENTAR