Pantas Dititipkan Jadi Menteri Prabowo, Ini Jasa Pratikno Buat Jokowi dan Gibran
Mensesneg Pratikno mendadak datangi Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakpus pada Kamis (25/5/2023). [Suara.com/Rakha Arlyanto]
16:43
17 Februari 2024

Pantas Dititipkan Jadi Menteri Prabowo, Ini Jasa Pratikno Buat Jokowi dan Gibran

Nama Mensesneg Pratikno disebut-sebut menjadi orang diminta Presiden Joko Widodo untuk dimasukan ke dalam kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Hal ini disampaikan wartawan senior Uni Lubis dalam perbincangan di kanal YouTube Total Politik. 

Pratikno menjadi satu dari empat nama yang dititipkan Jokowi pada kabinet Prabowo-Gibran mendatang. 

Menjadi kepercayaan Jokowi, seperti apa rekam jejak Pratikno. 

Rekam Jejak Pratikno 

Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc merupakan seorang akademisi. Ia adalah dosen Fisip UGM gang menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019 dan periode 2019-2024. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno soal politikus PDIP Johan Budi bertemu Jokowi di Istana. (Suara.com/Ummi H Saleh) Menteri Sekretaris Negara Pratikno soal politikus PDIP Johan Budi bertemu Jokowi di Istana. (Suara.com/Ummi H Saleh)

Pendidikan

Pratikno merupakan sarjana dadi urusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) di tahun 1985.

Ia kemudian melanjutkan pendidikan magisternya di Birmingham University, Inggris pada tahun 1990 dan pendidikan doktornya dari Flinders University Australia pada tahun 1997.

Karier

Selain menjadi dosen Pratikno sempat menjadi Direktur Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Konsentrasi Politik Lokal UGM pada tahun 2004. Ia juga sempat mendirikan LSM Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) pada tahun 2005. 

LSM ini merupakan wadah pembelajaran bagi generasi muda petani di kampung halamannya, Bojonegoro, Jawa Tengah. 

Pada tahun 2009, Pratikno terpilih sebagai salah satu moderator dalam ajang debat capres pada tahun 2009 lalu. Sejak saat itu sosoknya mulai diperhitungkan di kalangan politik. 

Pratikno kemudian berhasil menjadi Rektor UGM periode 2012-2017. Kemudian pada 2014 ia ditunjjk sebagai tim ahli program pasangan capres cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla pada tahun 2014 lalu.

Kemenangan Jokowi-JK membuat ia masuk ke pemerintahan. Hingg akhirnya menjadi Mensesneg di tahun 2014-2019. 

Isu Dalang di Balik Majunya Gibran 

Publik sempat digegerkan dengan isu yang menyebut Prerim k sebagai dalang di balik pencalonan Wali Kotta Solo Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden.

Hal ini pun diungkap oleh aktivis media sosial sekaligus penulis, Puthut EA. 

"Pratikno, disebut oleh banyak jurnalis sebagai aktor penting di balik majunya Mas Wali (Gibran). Siapakah Pratikno? Kenapa dia bisa begitu kuat? Kenapa dia bisa melakukan manuver politik dengan misi besar?" tulis Puthut di akun Twitter @puthutea yang diunggahnya pada Sabtu, (21/10/2023) lalu.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pantas #dititipkan #jadi #menteri #prabowo #jasa #pratikno #buat #jokowi #gibran

KOMENTAR