Ingin Hubungan Tetap Harmonis, Inilah 7 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan pada Pasangan
Ilustrasi pasangan yang kurang harmonis. (Pexels)
18:40
17 Oktober 2024

Ingin Hubungan Tetap Harmonis, Inilah 7 Hal yang Tidak Boleh Anda Katakan pada Pasangan

 

Menjaga hubungan tetap harmonis tentu bukanlah hal yang mudah, Anda perlu saling memahami perasaan pasangan Anda. Dalam hubungan pernikahan yang sehat terletak pada jalinan kepercayaan dan keterbukaan.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam berucap, karena apapun yang dikatakan pasangan bisa membangkitkan keharmonisan atau menyakiti pasangan. Penting untuk mengetahui perbedaan Antara candaan dan komentar yang kasar.

Dengan menghindari mengucapkan beberapa frasa yang dapat menyakiti dan memilih kriitik yang mambangun, dapat menciptakan ikatan hubungan yang kuat dan akan terus tumbuh keharmonisan.

Dilansir dari Times of India, inilah tujuh hal yang harus Anda hindari untuk dikatakan kepada pasangan Anda agar tetap terjalin hubungan yang harmonis.

  1. Aku tidak peduli

Dengan mengatakan “Aku tidak peduli” dapat terdengar seperti nada meremehkan dan mungkin terlihat seperti tidak menghormati pilihan pasangan Anda. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan pilihan atau perasaan pasangan Anda, penting untuk mengungkapkannya.

Namun, respon yang lebih baik mungkin Anda bisa mengatakan “Aku melihat hal ini penting bagimu, dan aku ingin memahami perspektifmu memilih hal ini.” Dengan mengatakan hal tersebut Anda dapat tetap mengungkapkan keraguan Anda tanpa harus menyakiti pasangan Anda.

  1. Itu salahmu, dan kamu selalu salah

Penting untuk diketahui bahwa kesalahan yang dilakukan pasangan Anda dapat menyebabkan situasi dalam hubungan Anda mulai terjadi keretakan. Namun, itu bukan berarti Anda harus selalu menyalahkan pasangan Anda.

Hal itu tidak dapat membantu ketika Anda mengatakan “Ini salahmu, dan kamu selalu salah.” Dengan mengatakan hal tersebut Anda hanya akan menumpuk kesalahan dan menganggap pasangan Anda remeh.

Situasi ini akan menciptakan hambatan yang tidak perlu dalam hubungan yang sehat, karena perasaan pasangan Anda akan selalu terjebak oleh rasa tidak nyaman karena selalu disalahkan.

  1. Sudah kubilang

Cobalah untuk mengatakan “Kita akan selesaikan situasi ini bersama-sama” atau “Lain kali, mari kita bahas baik-baik sebelum kamu membuat keputusan yang terburu-buru,” kalimat itu dapat lebih menghargai pasangan Anda dan tidak meremehkan apapun pilihan mereka.

Ini dapat membuktikan bahwa Anda benar-benar bukan ingin menjadi pemenang, yang Anda inginkan adalah tumbuh bersama dalam berbagai situasi sulit apapun. Jadi hindari kalimat yang dapat meremehkan pasangan Anda seperti “Sudah kubilang.”

  1. Kamu benar-benar bodoh

Ketika Anda ingin hubungan terus harmonis dan menciptakan perasaan aman dalam diri pasangan. Cobalah untuk tidak mengatakan kata-kata kasar diwaktu yang salah, karena dapat dianggap sebagai sebuah kebencian.

Hindari mengatakan “Kamu benar-benar bodoh,” karena Anda perlu untuk menganalisis situasi dan memperbaiki nada bicara agar hubungan Anda tetap sehat dan tidak hancur karena penilaian yang kasar.

  1. Kata cerai

Perceraian adalah kata yang akan mengubah seluruh arah hubungan dalam waktu yang sangat singkat. Dengan diikuti oleh serangkaian situasi yang terlalu banyak hal yang harus dipikirkan, membuat kata cerai dapat berakibat pada hancurnya hubungan.

Ini menyebabkan hilangnya harapan dalam suatu hubungan, karena mengatakan kata cerai berulang kali akan menyebabkan rasa tidak aman dan pikiran yang menghantui pasangan Anda.

  1. Membandingkan pasangan

Membanding pasangan Anda dengan mantan Anda adalah sesuatu yang sangat sensitif, sehingga akan menimbulkan kehancuran dalam hubungan. Ini adalah perlakuan yang kurang rasa hormat, atau perkataan kasar yang dapat menyakiti pasangan.

Membandingkan pasangan Anda dapat menyebabkan rasa tidak aman karena tidak memenuhi standar dan hanya akan menghambat pertumbuhan hubungan Anda.

  1. Aku tidak pernah mencintaimu

Ungkapan cinta seperti “Aku mencintaimu” adalah sesuatu yang harus Anda katakan berulang kali, itu memberikan kepastian dan keraguan untuk perasaan pasangan Anda.

Sedangkan, ketika Anda mengucapkan kata “Aku tidak pernah mencintaimu” akan mengarah pada pernyataan yang dapat meragukan rasa cinta Anda kepada pasangan. Jadi, ketika ada masalah cobalah untuk menanggapinya dengan tenang dengan tidak terlalu impulsif.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ingin #hubungan #tetap #harmonis #inilah #yang #tidak #boleh #anda #katakan #pada #pasangan

KOMENTAR