9 Frasa Pintar yang Selalu Digunakan oleh Orang-orang Hebat dalam Obrolan Ringan, Apa Saja?
Ilustrasi orang yang sedang melakukan obrolan ringan. (Pexels)
15:52
16 Oktober 2024

9 Frasa Pintar yang Selalu Digunakan oleh Orang-orang Hebat dalam Obrolan Ringan, Apa Saja?

Obrolan ringan dapat menciptakan suasana yang kasual dan mampu membuat obrolan menjadi lebih nyaman. Namun, ada perbedaan yang jelas antara orang yang banyak bicara dan orang yang memang ahli dalam melakukan obrolan ringan.

Perbedaannya terletak pada kesengajaan. Orang yang cerewet mungkin mengoceh tanpa tujuan, sementara mereka yang ahli dalam obrolan ringan tahu persis apa yang harus dilakukan untuk terlibat dan terhubung dengan seseorang.

Menguasai obrolan ringan adalah sebuah senin, yakni mengajukan pertanyaan yang tepat, memberikan tanggapan yang bijaksana, dan membuat orang lain merasa diperhatikan dan didengar,

Dalam melakukan obrolan ringan ada frasa tertentu yang mendukung terciptanya obrolan ringan yang membuat orang lain merasa nyaman dan menunjukkan antusias Anda untuk terlibat lebih dalam pada suatu topik.

Dilansir dari smallbusinessbonfire.com, inilah sembilan frasa pintar yang selalu digunakan oleh orang-orang yang pandai dalam melakukan obrolan ringan.

1. “Ceritakan lebih lanjut tentang…”

Obrolan ringan adalah tentang membangun koneksi dan menunjukkan ketertarikan pada orang lain. Dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melakukan ini selain mendorong mereka untuk berbagi lebih banyak tentang diri mereka sendiri atau pengalaman pribadi mereka.

Dengan menggunakan frasa “Ceritakan lebih lanjut tenatang…” dapat sangat berguna dalam percakapan santai. Frasa ini tidak hanya menunjukan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan apa yang dikatakan orang lain, tetapi juga menghilangkan tekanan dalam percakapan.

Ini seperti sebuah undangan bagi orang lain untuk memperdalam topik yang mereka minati atau pengalaman yang pernah mereka alami, sehingga memberi Anda lebih banyak topik untuk dimengerti.

Namun, ingatlah bahwa seni basa-basa bukan hanya tentang mengajukan pertanyaan. Seni ini juga tentang mendengarkan secara aktif dan menanggapi dengan penuh pertimbangan.

2. “Itu mengingatkanku pada saat…”

Mendalami pembicaraan ringan terkadang terasa seperti sebuah tantangan, tetapi satu frasa yang dapat berguna untuk Anda mengembangkan pembicaraan ringan adalah “Itu mengingatkanku pada saat…”

Frasa Ini merupakan cara yang efektif untuk menciptakan hubungan pribadi dan menjaga percakapan tetap mengalir. Frasa ini menunjukan bahwa Anda tidak hanya mendengarkan, tetapi juga terlibat dalam cerita mereka dengan memberikan kesamaan dari kehidupan Anda.

Dengan menggunakan frasa ini, Anda dapat menunjukkan minat pada cerita mereka, terhubung dengan pengalaman bersama, dan membuka jalur percakapan baru tentang pengalaman yang serupa dengan topik yang dibicarakan.

Namun, Anda juga perlu untuk menjaga cerita Anda tetapi singkat dan jelas, untuk memastikan bahwa Anda memberikan nilai tambah pada orang lain daripada mendominasi percakapan.

3. “Tahukah kamu…”

“Tahukah kamu…” adalah frasa yang dapat memberikan keajaiban dalam situasi obrolan ringan. Frasa ini memungkinkan Anda berbagi pengetahuan dan membangkitkan minat, terutama saat percakapan tampak mulai mereda atau Anda sedang membahas topik umum.

Dalam suatu situasi seperti membicarakan topik tentang kopi, Anda dapat mengatakan “Tahukah kamu bahwa kopi adalah komoditas perdagangan paling berharga di dunia, setelah minyak bumi.”

Frasa ini tidak hanya memberikan sentuhan menarik pada percakapan, tetapi juga membuka jalan baru untuk berdiskusi. Pastikan bahwa fakta yang Anda katakana relevan dengan percakapan dan tidak terlalu samar, karena tujuan Anda untuk terlibat.

4. “Apa pendapatmu tentang…”

Melibatkan orang lain dalam obrolan ringan bukan berarti Anda yang harus berbicara. Melainkan membuat mereka terbuka dan berbagi pikiran. Dengan frasa “Apa pendapatmu tentang…” menjadi cara yang tepat untuk menciptakan suasana tersebut.

Pertanyaan ini mengajak orang lain untuk mengungkapkan pandangan mereka tentang suatu topik, dan menunjukkan bahwa Anda menghargai perspektif mereka.

Pertanyaan ini dapat digunakan dalam berbagai situasi, mulai dari membahas sebuah film terbaru hingga menyelidiki sebuah peristiwa terkini atau bahkan berbagi pemikiran tentang buku yang telah Anda berdua baca.

Namun, penting untuk memilih topik yang bijak. Hindari isu yang sensitif atau kontroversial kecuali Anda yakin orang tersebut merasa nyaman ketika membahasnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan koneksi, bukan saling berargumen.

5. “Saya selalu ingin mencoba…”

Dalam obrolan ringan, mengungkapkan sedirikut tentang diri Anda dapat membantu membangun hubungan dan menjaga percakapan tetap mengalir. Frasa yang efektif untuk Anda gunakan adalah “Saya selalu ingin mencoba…”

Pernyataan ini memberi orang lain gambaran sekilas tentang minat atau aspirasi Anda, dan bahkan bisa mengungkapkan kesamaan. Seperti mengatakan “ Saya selalu ingin mencoba menyelam.”

Ini dapat membuat orang lain ikut berbagi pengalaman mereka atau aspirasi mereka tentang topik tersebut. Selain itu, ini dapat membuka percakapan untuk saran dan rekomendasi jika mereka memiliki pengalaman dengan apa yang Anda sebutkan.

6. “Saya menghargai bahwa Anda…”

Obrolan ringan bukan hanya tentang memulai percakapan, tetapi juga tentang membangun koneksi. Dan salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan seseorang adalah dengan menunjukkan sikap menghargai.

Menggunakan frasa “Saya menghargai bahwa Anda…” dapat membantu menciptakan suasana yang positif dan memperdalam hubungan antara Anda dan orang yang Anda ajak bicara.

Baik itu menghargai kejujuran mereka, wawasan mereka, atau bahkan selera humor mereka. Dengan mengungkapkan rasa terima kasih Anda dapat membuat mereka merasa dihargai dan diapresiasi.

7. “Saya tidak begitu pandai dalam…”

Anda perlu menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna. Dan mengakui kekurangan Anda bisa menjadi kekuatan, terutama dalam melakukan obrolan ringan.

Dengan mengatakan “Saya tidak begitu pandai dalam…” dapat menunjukkan bahwa Anda memiliki kesadaran dan kerendahan hati yang dapat membuat Anda lebih mudah diterima,

Seperti contoh Anda berkata ”Saya tidak begitu pandai menari, tetapi saya bersemangat untuk belajar.” Hal ini dapat membuat orang lain berbagi pengalaman atau kesulitan mereka sendiri, sehingga terjalin ikatan untuk melalui tantangan yang sama.

8. “Bagaimana anda menangani…”

Meminta nasihat adalah cara efektif untuk terlibat dengan seseorang dalam percakapan dan membuat mereka merasa dihargai.

Frasa “Bagaimana Anda menanganinya…?” tidak hanya menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat orang lain, tetapi juga menciptakan kesempatan bagi orang lain untuk berbagi pengalaman mereka.

Selalu pastikan saran yang Anda minta sesuai dengan situasi dan hubungan Anda dengan orang tersebut. Tujuannya adalah untuk menciptakan percakapan yang nyaman dan menarik.

9. “Saya sangat menikmati percakapan kita”

Obrolan ringan adalah tentang menjalin hubungan dan menikmati interaksi bersama. Itulah sebab salah satu frasa yang paling efektif yang dapat Anda katakan adalah “Saya menikmati percakapan kita.”

Pernyataan ini memperkuat pengalaman positif yang telah Anda bagikan, dan meninggalkan kesan yang baik pada orang lain. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan kontribusi orang lain dalam percakapan.

Ungkapkan frasa ini jika Anda benar-benar bersungguh-sungguh. Dengan keaslian dapat membuat orang lain mengetahui sikap tulus Anda. Keaslian juga dapat mengubah obrolan ringan menjadi hubungan yang lebih bermakna.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #frasa #pintar #yang #selalu #digunakan #oleh #orang #orang #hebat #dalam #obrolan #ringan #saja

KOMENTAR