6 Lokasi Penting dalam Peristiwa Isra Miraj yang Bisa Dikunjungi
Masjidil Aqsa - Kisah Isra Miraj Lengkap (Unsplash)
19:34
8 Pebruari 2024

6 Lokasi Penting dalam Peristiwa Isra Miraj yang Bisa Dikunjungi

Tepat pada hari ini, 8 Februari 2024, menjadi momen Isra Miraj yang diperingati oleh seluruh umat muslim di dunia. Perayaan ini sendiri jelas memiliki makna mendalam, tentang perjalanan Nabu Muhammad SAW yang agung. Beberapa lokasi-lokasi yang menjadi kunci peristiwa Isra Miraj dan bisa Anda kunjungi, antara lain bisa dilihat di artikel ini.

Keempat tempat yang terlibat dalam perjalanan atau memiliki makna dalam peristiwa Isra Miraj sendiri masih dapat dikunjungi, dan letaknya ada di wilayah Timur Tengah.

1. Masjidil Haram

Terletak di Mekkah, masjid tertua dan pertama yang dibangun di muka Bumi ini menjadi kiblat untuk umat Islam dalam melaksanakan ibadah salat. Masjidil Haram juga masuk dalam rangkaian tempat yang dikunjungi ketika melakukan ibadah umrah atau haji.

Di area ini selain ada Masjidil Haram, juga terdapat Ka’Bah, Hajar Aswad, serta air zam-zam yang sumurnya tidak pernah mengering sejak dahulu hingga saat ini.

2. Madinah

Selama melakukan perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW beberapa kali singgah di beberapa tempat untuk melaksanakan salat. Salah satunya adalah di Taibah, atau kini dikenal dengan nama Madinah. Malaikat Jibril menunjukkan bahwa tempat ini adalah kota yang akan jadi tujuan hijrah sang Nabi Agung.

Di Madinah terdapat Masjid Nabawi dan merupakan tempat suci kedua untuk umat muslim setelah Masjidil Haram. Kota ini menjadi tujuan untuk umat muslim yang ingin berziarah ke makam Rasulullah SAW.

3. Betlehem

Meski terkenal sebagai salah satu kota yang erat hubungannya dengan umat nasrani, namun kota Betlehem ternyata juga penting dalam riwayat perjalan Isra Miraj. Nabi Muhammad SAW sempat singgah di kota ini untuk melaksanakan salat selanjutnya.

Beliau mendatangi tempat ini menggunakan buraq, bersama dengan Malaikat Jibril. Lokasi ini juga menjadi lokasi Nabi Isa bin Maryam dilahirkan. Sejarah mencatat bahwa kota ini sudah dihuni manusia sejak 3,000 tahun sebelum Masehi.

4. Baitul Maqdis

Perjalanan berikutnya akan sampai pada Baitul Maqdis, yang menjadi kawasan tempat berdirinya Masjid Al-Aqsa. Masjid ini merupakan kiblat pertama seluruh umat Islam di dunia, dan menjadi saksi bisu diperintahkannya Nabu Muhammad SAW untuk melaksanakan salat pertama yang ditunjukkan oleh Allah SWT.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #lokasi #penting #dalam #peristiwa #isra #miraj #yang #bisa #dikunjungi

KOMENTAR