Heboh Ustaz Pamer Harta, 3 Pendakwah Ini Malah Tak Mau Dibayar
Ustaz Riza Muhammad [Instagram]
19:03
10 Januari 2024

Heboh Ustaz Pamer Harta, 3 Pendakwah Ini Malah Tak Mau Dibayar

Sosok Ustaz Solmed kembali menjadi sorotan baru-baru ini. Hal tersebut terjadi setelah ia pamer rumah mewah di Bogor.

Bahkan, besaran honor suami dari April Jasmine ini juga turut dibanding-bandingkan dengan penceramah kondang lainnya seperti Mamah Dedeh.

Pada tahun 2013 silam, besaran tarif ceramah Ustaz Solmed sempat bocor di tahun 2013 silam. Pada saat itu, Ustaz Solmed diketahui mendapatkan undangan untuk melakukan ceramah di Hongkong.

Diketahui, mulanya Ustaz Solmed dan juga pihak panitia sudah sepakat dengan bayaran sebesar 6 ribu Dollar Hongkong atau apabila dirupiahkan setara dengan Rp 8 juta.

Dari awal memang dia tidak minta bayaran, tapi seikhlasnya. Akhirnya pihak panitia sepakat akan memberi 6 ribu Dollar Hongkong,” ujar Khalifah, pemimpin majelis Thoriqul Jannah.

Namun, saat itu Ustaz Solmed mendadak berubah pikiran dan memasang tarif hingga Rp 19,8 miliar. Tak hanya menaikan tarif, Ustaz Solmed juga meminta empat tiket pesawat yang awalnya dua tiket pesawat.

Di saat ramainya perbincangan terkait dengan tarif Ustaz Solmed, ternyata di Tanah Air juga ada Ustaz yang tidak ingin dibayar saat ceramah. Siapa saja? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Ustaz Riza Muhammad

Ustaz Riza Muhammad [Suara.com/Yuliani]Ustaz Riza Muhammad [Suara.com/Yuliani]

Ustaz Riza Muhammad merupakan salah satu Ustaz yang ceramahnya tidak ingin dibayar. Ia bisa disebut merupakan pendatang baru yang menyebut bahwa dakwah semestinya dilakukan tanpa menuntut imbalan.

Dengan tegas ia juga mengaku rela berdakwah tanpa dibayar. Ustaz yang memiliki nama lengkap Mah Riza Kurnia ini menjelaskan bahwa selama menjalani profesi ya sebagai seorang pendakwah, dirinya tak pernah mematok tarif khusus pada saat diundang untuk sebuah acara.

Bayaran yang diterima selama ini ia sebut sebagai bentuk kerelaan pihak yang mengundang dirinya untuk hadir dalam sebuah pengajian.

2. Ustaz Imadduddin

Ustaz Imadduddin adalah pria asal Banyuwangi menetap di Pulau Bali mempunyai misi mulia untuk berdakwah di Pulau Sumatera. 

Sebagai seorang santri yang lahir di era milenial ini, Imanuddin terus menjalankan dakwahnya dari satu daerah ke daerah lain tanpa menerima bayaran.

Dalam dakwahnya setiap mengisi pengajian baik itu merupakan undangan pada acara pengajian Hari Besar Agama Islam atau undangan warga, Imaduddin tidak menerima bayaran alias gratis. 

Ia justru banyak membantu serta menganjurkan semangat berderma dan menolong orang.

3. Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat. [Youtube @adihidayatofficial]Ustaz Adi Hidayat. [Youtube @adihidayatofficial]

Berikutnya ada Ustaz Adi Hidayat, sosok yang dikenal cerdas dan menguasai tiap baris kitab suci Al-Quran.

Melalui unggahan videonya, Ustaz Adi menegaskan terkait dengan tarif dakwah hingga nasihatnya yang begitu menyentuh hati.

Ustaz Adi Hidayat mengaku tidak suka apabila ditanya terkait dengan tarif. Tak hanya itu, unggahan ini semakin diperjelas dengan adanya hadis Nabi Muhammad SAW, terkait dengan pahala dalam mengajarkan kebaikan.

Adi Hidayat menegaskan bahwa ia tidak memiliki tarif dan orang yang mengundangnya tidak perlu membayar apapun. Ia yakin bahwa tugasnya menyampaikan ajaran Islam merupakan tugas dari Allah dan pasti ada kecukupan di balik hal tersebut.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #heboh #ustaz #pamer #harta #pendakwah #malah #dibayar

KOMENTAR