8 Tanda Anda Sebenarnya Seorang INFJ, Tiper Kepribadian Langka yang Tidak Dapat Dipahami Orang Lain
8 Tanda Anda Sebenarnya Seorang INFJ, Tipe Kepribadian yang Tidak Dapat Dipahami Orang Lain (freepik)
13:04
11 Oktober 2024

8 Tanda Anda Sebenarnya Seorang INFJ, Tiper Kepribadian Langka yang Tidak Dapat Dipahami Orang Lain

Pernahkah Anda merasa tidak dipahami, seolah-olah tidak ada yang memahami Anda?

Itu bisa jadi karena Anda seorang INFJ, tipe kepribadian Myers-Briggs yang paling langka dan membingungkan.

Menjadi seorang INFJ berarti Anda sangat introspektif dan sangat empati, kombinasi yang dapat membuat orang lain bingung.

Namun jangan khawatir. Terdapat tanda-tanda yang dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda benar-benar seorang INFJ atau bukan.

Jadi, mari kita bahas dan jelaskan sedikit tentang tipe kepribadian yang menarik ini, seperti yang dikutip dari geediting.com, Jumat (11/10) di bawah ini.

1. Anda merasa seperti orang luar

INFJ sering digambarkan sebagai orang yang merasa lebih bijak dari usianya sejak usia muda. Sifat introspektif ini terkadang membuat mereka sulit terhubung dengan orang lain.

Meskipun Anda mungkin punya banyak teman, Anda mungkin masih merasa tidak menjadi bagian dari kelompok tersebut. Anda merasa nyaman menyendiri, dan bahkan lebih suka menyendiri hampir sepanjang waktu.

Ini bukan karena Anda antisosial, justru sebaliknya. Anda mendambakan hubungan yang mendalam dan bermakna.

Namun, perspektif unik Anda dapat membuat hubungan yang dangkal terasa tidak memuaskan, membuat Anda merasa seperti orang luar.

Jika hal ini sesuai dengan Anda, itu mungkin pertanda bahwa Anda seorang INFJ.

2. Anda adalah kontradiksi yang berjalan

Sebagai seorang INFJ, Anda sering merasa bimbang antara keinginan untuk terhubung dengan orang lain dan kebutuhan untuk menyendiri.

Anda mencintai orang lain, tetapi mereka dapat dengan cepat menguras energi Anda jika Anda tidak mendapatkan waktu untuk menyendiri.

Kontradiksi-kontradiksi ini dapat membingungkan orang lain, dan bahkan bagi diri Anda sendiri.

Namun, Anda akan mulai memahami bahwa itu adalah bagian penting dari menjadi seorang INFJ. Jika Anda sering merasa seperti kontradiksi yang berjalan, Anda mungkin juga seorang INFJ.

3. Anda memiliki bakat untuk memahami orang lain

INFJ memiliki kemampuan unik untuk memahami orang lain secara mendalam.

Mereka sering kali mampu merasakan apa yang dirasakan seseorang, bahkan sebelum orang tersebut memprosesnya sendiri sepenuhnya.

Kemampuan ini berasal dari fungsi dominan mereka, Intuisi Introvert, yang dipasangkan dengan fungsi tambahan mereka, Perasaan Ekstrovert.

Kombinasi ini memungkinkan INFJ untuk menangkap isyarat halus dan memahami situasi emosional yang kompleks.

Namun, keterampilan unik ini tidak selalu merupakan berkah. Merasakan emosi orang lain begitu dalam bisa jadi sangat membebani.

Selain itu, keterampilan ini dapat membuat INFJ merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki masalah orang lain.

Pemahaman mendalam terhadap orang lain ini merupakan salah satu indikator terkuat untuk menjadi seorang INFJ.

Jika Anda merasa dapat dengan mudah menempatkan diri pada posisi orang lain dan berempati terhadap perasaan mereka, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda termasuk dalam tipe kepribadian yang langka ini.

4. Anda didorong oleh nilai-nilai

Sebagai seorang INFJ, nilai-nilai Anda adalah kompas Anda. Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang benar dan salah, dan Anda berusaha untuk hidup sesuai dengan prinsip-prinsip ini.

Anda bukan tipe orang yang mengikuti arus jika itu bertentangan dengan keyakinan Anda. Anda lebih suka berdiri sendiri daripada mengorbankan cita-cita Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga aktif mencari cara untuk membuat perbedaan di dunia. Anda tidak puas hanya menjalani hidup; Anda ingin hidup Anda berarti. Anda terdorong oleh hasrat yang kuat untuk berkontribusi pada perbaikan umat manusia.

Jika Anda merasa dibimbing oleh kompas batin yang kuat dan keinginan untuk meninggalkan dunia dalam keadaan lebih baik daripada saat Anda menemukannya, ini bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda memang seorang INFJ.

5. Anda seorang pemimpi dan pelaku

Berikut ini adalah kenyataan yang menggembirakan tentang INFJ, kami bukan hanya pemimpi, kami juga pelaku. INFJ memiliki dunia batin yang kaya yang dipenuhi dengan ide, visi, dan mimpi. Namun tidak seperti banyak pemimpi, INFJ tidak berhenti sampai di situ saja.

INFJ memiliki kemampuan unik untuk mengubah mimpi mereka menjadi kenyataan. Mereka mengambil visi kita dan menguraikannya menjadi langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti.

Tidak cukup bagi mereka untuk sekadar membayangkan dunia yang lebih baik, kita merasa terdorong untuk mewujudkannya.

Ini bisa jadi indah sekaligus menyayat hati. Indah karena saat seorang INFJ menetapkan pikirannya pada sesuatu, mereka dapat mengubah keadaan. Menyayat hati karena dunia sering kali tidak sesuai dengan visi idealis kita.

Namun, jangan biarkan hal itu membuat Anda patah semangat. Kemampuan Anda untuk bermimpi dan bertindak adalah bukti kekuatan dan ketahanan Anda. Itu adalah tanda yang jelas bahwa Anda seorang INFJ.

Jika Anda sering mendapati diri Anda bermimpi besar dan kemudian bekerja keras untuk mewujudkan mimpi tersebut, Anda mungkin seorang INFJ.

6. Anda berjuang melawan perfeksionisme

INFJ selalu menjadi pengkritik terburuk bagi diri mereka sendiri. Tidak peduli seberapa baik mereka melakukan sesuatu, mereka tidak dapat tidak memperhatikan kekurangannya, hal-hal yang seharusnya, dan hal-hal yang seharusnya.

Ini adalah pertarungan terus-menerus antara keinginan untuk melakukan yang terbaik dan perasaan bahwa yang terbaik yang mereka miliki tidak pernah cukup baik.

Seorang INFJ akan terus-menerus berjuang untuk mencapai kesempurnaan, tidak hanya dalam pekerjaan, tetapi dalam semua aspek kehidupan.

Namun, meskipun dorongan ini dapat menghasilkan prestasi yang mengagumkan, dorongan ini juga dapat menyebabkan stres dan keraguan diri yang tidak perlu.

Ini adalah keseimbangan yang rumit antara mendorong diri saya untuk berkembang dan mengetahui kapan harus melepaskan dan menerima bahwa saya telah melakukan cukup banyak hal.

Jika Anda mendapati diri Anda terperangkap dalam perjuangan yang sama dengan perfeksionisme, itu bisa menjadi tanda lain bahwa Anda seorang INFJ.

7. Anda butuh waktu untuk mengisi ulang tenaga

Sebagai seorang INFJ, Anda mungkin merasa bersosialisasi seperti pedang bermata dua. Anda suka berhubungan dengan orang lain secara mendalam dan bahkan bisa sangat karismatik.

Namun, interaksi ini, terutama jika berlangsung lama atau dalam kelompok besar, dapat membuat Anda merasa terkuras.

Itu karena INFJ pada dasarnya adalah orang yang introvert. Meskipun kita senang bersosialisasi, kita juga butuh banyak waktu sendiri untuk mengisi ulang energi.

Inilah saatnya kita bisa merenung, melamun, dan mengolah pikiran serta perasaan kita.

Jika Anda menyadari bahwa Anda sering merasa perlu menyendiri dan menghabiskan waktu sendirian setelah bersosialisasi, itu bisa jadi pertanda Anda seorang INFJ.

8. Anda merasakan sesuatu secara mendalam

Yang terpenting, seorang INFJ merasakan sesuatu pada tingkat yang mendalam. Anda tidak menyukai emosi atau interaksi di permukaan.

Saat Anda merasa, Anda merasakannya secara mendalam. Saat Anda mencintai, Anda mencintai secara mendalam. Dan saat Anda terluka, Anda terluka secara mendalam.

Kedalaman emosi ini merupakan bagian inti dari diri Anda sebagai seorang INFJ. Emosi ini mendorong empati Anda, memicu gairah Anda, dan membentuk pandangan dunia Anda. Emosi inilah yang membuat Anda unik, yang membedakan Anda dari yang lain.

Merasakan sesuatu secara mendalam bisa jadi tantangan. Hal itu bisa membuka Anda pada kegembiraan yang intens tetapi juga pada rasa sakit yang mendalam. Namun, hal itu juga merupakan kekuatan terbesar Anda.

Kedalaman emosi Anda memungkinkan Anda untuk terhubung dengan orang lain pada tingkat yang bermakna dan untuk mengalami hidup dengan cara yang kaya dan bersemangat.

Jika ini sesuai dengan Anda, jika Anda mendapati diri Anda merasakan sesuatu lebih intens daripada orang-orang di sekitar Anda, maka ini bisa menjadi tanda paling jelas bahwa Anda seorang INFJ.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #anda #sebenarnya #seorang #infj #tiper #kepribadian #langka #yang #tidak #dapat #dipahami #orang #lain

KOMENTAR