9 Daftar Sayuran yang Bisa Membuat Kulit Tetap Awet Muda
Ilustrasi - Daftar sayur yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kulit tetap awet muda./Pexels
06:56
3 Februari 2024

9 Daftar Sayuran yang Bisa Membuat Kulit Tetap Awet Muda

 

 - Seiring bertambahnya usia, makanan yang kita makan dapat sangat mempengaruhi kebugaran, penampilan, kualitas hidup, dan risiko penyakit.

Tubuh kita mengandalkan berbagai nutrisi untuk mendukung proses penuaan alami. Beberapa nutrisi dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti dengan meningkatkan kesehatan kulit.

Penting untuk diperhatikan bahwa mengkonsumsi beberapa jenis makanan alami secara rutin dapat membantu mencegah penuaan dini, seperti mengkonsumsi sayuran

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung nutrisi untuk mencegah penuaan dini misalnya terdapat kandungan kolagen yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Dilansir dari Stylecraze, Sabtu (3/2), berikut ini adalah daftar sayuran yang dapat membuat kulit terlihat awet muda.

1. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C dan K1, potasium, folat, dan mineral lainnya. Kandungan antioksidan yang tinggi pada sayuran ini menjadikannya makanan super terbaik yang membantu Anda melawan tanda-tanda penuaan.

2. Wortel

Sayuran yang renyah dan lezat ini merupakan sumber beta-karoten, potasium, dan antioksidan yang sangat baik. Mereka membantu penurunan berat badan dan menjaga kesehatan kulit Anda.

3. Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin A (mengandung karotenoid), vitamin C (meningkatkan kesehatan kulit), asam folat (mendorong fungsi sel), dan zat besi (menjaga jaringan Anda tetap kuat).

4. Timun

Mengandung 96% air dan kaya akan antioksidan yang mengurangi stres oksidatif dalam tubuh Anda. Ia juga mengandung tanin dan flavonoid yang memblokir radikal bebas berbahaya.

5. Peterseli

Peterseli tidak hanya untuk hiasan makanan Anda, tetapi juga merupakan gudang vitamin A, C, K, B1, dan B3. Ia kaya akan flavonoid, terutama luteolin, yang mencegah kerusakan sel oksidatif, menjaga kulit Anda bersinar dan sehat.

6. Tomat

Tomat dan jus tomat kaya akan likopen, karotenoid alami yang melindungi kulit dari sinar matahari. Tomat yang dimasak atau diolah lebih baik daripada tomat mentah.

7. Paprika merah

Paprika merah mengandung vitamin C dalam jumlah besar, yang dikenal sebagai nutrisi yang membantu dalam produksi kolagen, protein yang membuat kulit kita tetap kencang. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan potongan paprika merah ke dalam salad atau menu sehari-harimu.

8. Kubis

Kubis adalah sayuran rendah kalori yang mengandung banyak vitamin C dan K. Selain itu, kubis juga mengandung senyawa yang disebut glucosinolates yang dapat membantu dalam pencegahan penuaan dini.

9. Alpukat

Banyak yang menghindari alpukat karena buah ini memiliki kandungan lemak yang tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa kandungan lemak alpukat adalah lemak sehat.

Kandungan lemak sehat ini dapat membantu proses regenerasi kulit.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Faculty of Medicine University Dusseldorf mengungkapkan antioksidan dalam alpukat memberikan perlindungan untuk kulit.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #daftar #sayuran #yang #bisa #membuat #kulit #tetap #awet #muda

KOMENTAR