9 Aktivitas Perawatan Diri di Pagi Hari Ini Dapat Membantu Anda Memulai Hari dengan Lebih Positif, Apa Saja?
9 aktivitas perawatan diri sederhana di pagi hari yang dapat membantu memulai hari Anda dengan positif (freepik)
19:46
10 Oktober 2024

9 Aktivitas Perawatan Diri di Pagi Hari Ini Dapat Membantu Anda Memulai Hari dengan Lebih Positif, Apa Saja?

- Apakah Anda pernah memperhatikan, cara Anda memulai pagi rupanya dapat menentukan suasana hati Anda sepanjang hari?

Tentu saja, begitulah adanya. Jika kita terburu-buru bangun dari tempat tidur dan langsung bekerja atau memikirkan hal-hal yang dapat mengganggu, kita cenderung merasa lelah dan stres.

Namun ketika kita meluangkan sedikit waktu untuk diri sendiri sebelum hari dimulai, segalanya akan terasa berjalan dengan lebih lancar.

Itulah sebabnya memasukkan aktivitas perawatan diri yang sederhana ke dalam rutinitas pagi Anda dapat mengubah segalanya.

Apakah Anda punya waktu lima menit atau satu jam, memulai hari Anda dengan beberapa tindakan tertentu dapat membantu meningkatkan suasana hati, fokus, dan rasa kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Dilansir dari geediting.com, Kamis (10/10), berikut adalah 9 aktivitas perawatan diri sederhana di pagi hari yang dapat membantu memulai hari Anda dengan catatan positif.

1. Bangun dan bernapas

Anda mungkin berpikir saya mengatakan hal yang sudah jelas di sini. Kita semua bangun dan bernapas, bukan? Namun, yang saya bicarakan adalah pernapasan yang penuh kesadaran.

Sungguh mengherankan betapa seringnya kita melupakan kekuatan napas kita. Napas selalu ada, selalu gratis, dan merupakan alat yang fenomenal untuk perawatan diri.

Mulailah hari Anda dengan beberapa latihan pernapasan yang dalam dan penuh perhatian. Sederhana dan dapat dilakukan langsung dari tempat tidur Anda.

Duduk saja, tutup mata, tarik napas dalam-dalam, tahan beberapa detik, lalu hembuskan perlahan.

Melakukan latihan ini sebagai hal pertama di pagi hari dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan memulai hari dengan perasaan tenang.

Ini meredakan kecemasan, mengurangi stres, dan menciptakan suasana santai untuk sisa hari.

2. Berlatih bersyukur

Mempraktikkan rasa syukur berarti berfokus pada aspek positif kehidupan, dan percayalah, itu akan mengubah segalanya.

Setiap pagi, cobalah untuk menghabiskan beberapa menit untuk menuliskan tiga hal yang kita syukuri.

Itu bisa apa saja, aroma kopi segar, tidur nyenyak semalam, atau obrolan positif dengan seorang teman di hari sebelumnya.

Tindakan kecil untuk mengakui kebaikan dalam hidup ini akan membantu Anda memulai hari Anda dengan lebih sempurna.

3. Hidrasi tubuh Anda

Memulai hari dengan segelas air lebih bermanfaat daripada yang Anda bayangkan. Ketika Anda tidur, tubuh Anda berada dalam kondisi dehidrasi.

Minum air putih sebagai hal pertama di pagi hari akan menghidrasi kembali tubuh Anda, memulai metabolisme, dan membantu proses detoksifikasi.

Air juga membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan energi. Air bagaikan ramuan ajaib yang mengatur suasana hati untuk hari yang lebih sehat!

Jadi, sebelum meraih secangkir kopi, pertimbangkan untuk minum segelas air. Mungkin tidak begitu menarik, tetapi manfaat yang diberikannya akan membuat Anda berpikir dua kali untuk melewatkan aktivitas perawatan diri sederhana di pagi hari ini.

4. Peregangan

Peregangan membangunkan tubuh Anda, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan kelenturan. Itu seperti mengucapkan “Selamat Pagi” dengan lembut dan ramah kepada otot dan persendian Anda.

Anda tidak perlu menjadi ahli yoga untuk melakukan ini. Peregangan sederhana, seperti merentangkan tangan di atas kepala, membungkuk ke samping, atau menyentuh jari-jari kaki, dapat membantu.

Jadikan peregangan sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda dan rasakan perbedaannya pada tubuh dan pikiran Anda saat Anda menjalani hari.

5. Nutrisi tubuh Anda

Sarapan sering disebut sebagai waktu makan terpenting hari itu, dan ada alasannya. Mengonsumsi sarapan yang bergizi akan mengisi kembali energi tubuh, memulai metabolisme, dan memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari.

Ditambah lagi, hal itu dapat meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif Anda. Baik itu semangkuk oatmeal, smoothie, atau telur orak-arik, cobalah untuk memasukkan protein, serat, dan lemak baik dalam makanan Anda.

Dan ingat, ini bukan tentang makan banyak, ini tentang makan dengan benar. Mulailah hari Anda dengan memanjakan tubuh Anda dengan nutrisi yang dibutuhkannya.

Itu adalah bentuk perawatan diri yang akan membuat diri Anda di masa depan berterima kasih kepada diri Anda sendiri.

6. Terhubung dengan alam

Penelitian menunjukkan bahwa berada di alam meningkatkan emosi positif dan mengurangi pikiran negatif. Ini menjelaskan mengapa sangat menenangkan untuk memulai hari Anda di dekat alam.

Entah itu mendengarkan kicauan burung, merasakan sinar matahari pagi di wajah Anda, atau sekadar menyiram tanaman, tindakan sederhana ini menghubungkan kita dengan dunia di sekitar kita.

Hubungan ini dapat menghadirkan rasa tenang dan tenteram, membantu kita memulai hari dengan damai. Sekalipun Anda tinggal di kota yang ramai, cobalah cari cara untuk memasukkan alam ke dalam rutinitas pagi Anda.

Mungkin Anda bisa membuka jendela untuk membiarkan udara segar masuk atau keluar sebentar untuk menikmati sinar matahari pagi.

Saat-saat keterhubungan ini dapat mengingatkan kita akan tempat kita dalam gambaran yang lebih besar dan menginspirasi kita untuk menjalani hari kita dengan kebaikan dan kerendahan hati.

7. Tetapkan niat Anda

Ini bukan tentang membuat daftar tugas yang panjang, tetapi lebih kepada mendefinisikan apa yang ingin Anda rasakan atau apa yang ingin Anda capai di hari berikutnya.

Menetapkan tujuan ini akan membantu Anda menjalani hari dengan tujuan dan kejelasan. Rasanya seperti memiliki kompas yang dengan lembut membimbing saya ke arah yang ingin saya tuju.

8. Tertawa

Tertawa sungguh merupakan obat mujarab, dan memulai hari dengan tertawa kecil dapat memberikan keajaiban bagi suasana hati Anda.

Entah itu menelusuri meme lucu, menonton klip pendek komedian favorit Anda, atau membaca lelucon dari buku humor, luangkan beberapa menit di pagi hari untuk menggelitik rasa humor Anda.

Tertawa melepaskan endorfin , zat kimia alami tubuh kita yang memberikan perasaan senang.

Ia juga menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel imun, membuat Anda lebih sehat saat bersenang-senang.

Jadi, teruslah tertawa untuk menjalani hari yang positif! Sedikit tawa di pagi hari mungkin akan membuat hari Anda lebih cerah.

9. Bersikap baik pada diri sendiri

Ini mungkin poin yang paling penting dari semuanya. Tidak peduli seperti apa rutinitas pagi Anda, hal terpenting adalah bersikap baik kepada diri sendiri.

Kita semua pernah mengalami pagi hari di mana segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Pada hari-hari seperti itu, ingatkan diri Anda bahwa semuanya baik-baik saja.

Anda manusia dan tidak apa-apa jika memiliki hari libur. Merawat diri sendiri bukan tentang kesempurnaan. Merawat diri sendiri adalah tentang menunjukkan jati diri, dengan cara apa pun yang Anda bisa, setiap hari.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #aktivitas #perawatan #diri #pagi #hari #dapat #membantu #anda #memulai #hari #dengan #lebih #positif #saja

KOMENTAR