5 Jenis Jerawat Hormon Sering Dialami Ibu Hamil Serta Kandungan yang Aman Untuk Mengatasinya
Ilustrasi perempuan dengan jerawat di wajah dan bahu. (Freepik.com)
11:46
10 Oktober 2024

5 Jenis Jerawat Hormon Sering Dialami Ibu Hamil Serta Kandungan yang Aman Untuk Mengatasinya

Beberapa orang pasti sering mengalami jerawat ketika terjadinya fluktuasi hormon dalam tubuh, adanya perubahan hormon menyebabkan kelenjar sebasea lebih banyak memproduksi sebum.

Apabila minyak bercampur dengan kotoran atau sel kulit mati, maka memicu terjadinya jerawat di wajah.

Dilansir dari laman halodoc.com, jerawat hormon muncul pada usia 20 sampai 50 tahun yang diakibatkan oleh siklus menstruasi.

Keadaan serupa pun bisa terjadi pada masa kehamilan, menyusui, menopause, hingga pasca persalinan. Masalah kulit ini adalah hal alami dan akan membaik saat hormon kembali normal.

Berdasarkan jenisnya, jerawat dibagi menjadi dua, yaitu:

Non Inflammatory

Blackhead dan whitehead merupakan jenis non inflammatory acne yang paling umum terjadi, biasanya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori wajah akibat minyak berlebih.

Inflammatory

Inflammatory acne adalah masalah kulit yang ditandai dengan adanya peradangan, iritasi, kemerahan, serta benjolan berisi nanah dan terkadang menyebabkan nyeri.

Hormonal acne merupakan salah satu jenis masalah kulit yang bisa disebabkan oleh fluktuasi hormon pada ibu hamil. Ketika mengalami kondisi ini, mereka tidak bisa leluasa mengatasinya dengan penggunaan skincare.

Terdapat beberapa kandungan dari produk perawatan wajah yang harus dihindari saat hamil, misalnya obat oral isotretinoin dan retinoid topikal. Keduanya berbahaya bagi mereka.

Jerawat hormon tidak hanya muncul di wajah, daerah tubuh lain, seperti leher, punggung, bahu, dan dada juga menjadi tempat terjadinya.

Kondisi ini dapat diperparah oleh beberapa hal, misalnya stres, polusi lingkungan, pola makan yang buruk, maupun karena sering memecahkan jerawat.

Berdasarkan informasi yang dikutip pada laman my.clevelandclinic.org, berikut ini beberapa jenis jerawat hormonal:

Whiteheads

Blackheads

Papula

Pustules

Kistik

Ketika mengalami kondisi ini, ibu hami tidak bisa dengan bebas mengatasinya melalui penggunaan skincare.

Terdapat beberapa kandungan dari produk perawatan wajah yang harus dihindari saat hamil, misalnya obat oral isotretinoin dan retinoid topikal. Keduanya berbahaya bagi ibu hamil. .

Namun, tidak semua skincare berbahaya bagi mereka. Beberapa diantaranya aman untuk dipakai, seperti asam salisilat (salicylic acid), minyak biji buah anggur, hyaluronic acid, niacinamide, titanium dioxide, dan zinc oxide.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jenis #jerawat #hormon #sering #dialami #hamil #serta #kandungan #yang #aman #untuk #mengatasinya

KOMENTAR