7 Tips Memilih Buah Durian Supaya Tidak Zonk, Pecinta Durian Harus Paham
Durian oranye Banyuwangi. (Ramada Kusuma/Jawa Pos Radar banyuwangi)
20:18
31 Januari 2024

7 Tips Memilih Buah Durian Supaya Tidak Zonk, Pecinta Durian Harus Paham

 

 – Buah durian menjadi primadona bagi kebanyakan orang. Buah dengan bau menyengat itu biasanya dikonsumsi secara langsung.

Tidak hanya itu, daging durian juga bisa diolah menjadi berbagai macam kudapan, termasuk makanan dan minuman.

Namun sayangnya, tidak semua pecinta buah ini bisa memilih buah durian dengan tepat. Sebab, pemilihan buah durian memang tidak bisa sembarangan.

Jika salah memilih buah durian, bukannya untung tetapi malah zonk.

Maksudnya, bukan mendapat buah bercita rasa manis, tetapi bisa saja dapat daging buah yang rasanya tawar, bertekstur lembek, dan dagingnya sedikit. Atau parahnya masih mentah.

Karenanya, untuk menghindari hal demikian, para pecinta durian harus mengetahui tipsnya.

Melansir dari Radar Jogja (Jawa Pos Group), ini adalah tujuh tips supaya dapat buah durian yang matang dan manis.

  1. Amati Bentuk Duri

Ketika memilih buah durian, bisa diamati dari bentuk durinya. Pilih buah yang berduri pendek dan renggang. Sebab, bentuk duri yang demikian dianggap punya daging lebih manis.

Jika menemukan durian berduri panjang dan rapat, dipercaya punya daging yang sedikit.

  1. Amati Bentuk Buah dan Batang Durian

Buah durian bisa berbentuk bulat dan berbentuk lonjong. Namun, buah yang berbentuk lonjong punya daging lebih sedikit ketimbang buah berbentuk bulat.

Kemudian, demi mendapatkan daging buah yang tebal dan banyak, pilihlah bentuk batang yang tebal dan pendek.

Sebab, batang panjang dan ramping malah berdaging sedikit dan tidak tebal.

Apalagi, durian yang masih segar punya ujung batang lembab dan ringan. Dan, durian yang lama jatuh dari pohon, ujung batangnya makin gelap dan kering.

  1. Amati Kulit Durian

Pilihlah durian yang masih berkulit tertutup. Sebab, rasa dagingnya masih manis. Jika sudah terbuka dan kena angin, rasa daging durian akan hambar.

  1. Aroma Durian

Cara ini sering kali dipakai oleh kebanyakan orang ketika memilih durian. Yakni, cium aroma durian. Durian yang beraroma harum biasanya berdaging kuning dan manis.

  1. Warna Durian

Kulit durian yang berwarna hijau bukan berarti belum matang. Tetapi bisa jadi memang ciri khasnya. Namun, kalau berwarna coklat biasanya dianggap sudah sangat matang. Dan, yang perlu diperhatikan adalah warna kulit tidak berpengaruh terhadap kualitas daging durian.

  1. Pilih Durian Karena Musim

Durian memang cenderung berbuah sepanjang tahun. Tetapi, ketika musim hujan biasanya daging buah cenderung tidak manis dan hambar. Namun, ketika musim kemarau daging buahnya lebih manis dan legit.

  1. Bunyi Gema

Ketika memilih, bisa juga memukul kulit buah dengan pisau atau benda lainnya. Jika suara gema ke dalam berarti daging buah lunak dan empuk. Lalu, bergema keluar menandakan daging buah masih mentah.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #tips #memilih #buah #durian #supaya #tidak #zonk #pecinta #durian #harus #paham

KOMENTAR