Dermatologi Ungkap Sebab Kulit Keriput, Sebaiknya Hindari Lakukan Hal Ini
Ilustrasi penuaan dini, keriput. (Shutterstock)
16:58
31 Januari 2024

Dermatologi Ungkap Sebab Kulit Keriput, Sebaiknya Hindari Lakukan Hal Ini

Permasalahan kulit keriput menjadi salah satu hal yang paling sering dihindari oleh banyak orang khususnya, perempuan. Pasalnya, kulit yang keriput akan membuat penampilan menjadi tidak segar. Hal ini akan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang ketika kulitnya berubah keriput.

Namun, tidak bisa dipungkiri juga kalau keriput menjadi salah satu hal normal yang terjadi karena penuaan. Bertambahnya usia akan membuat seseorang mengalami keriput di beberapa bagian tubuhnya.

Meski demikian, Dermatologi & Co-Founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, Dr. dr., SpKK(K), menjelaskan, kulit yang keriput tidak hanya karena faktor alami penuaan. Namun, adanya tarikan dari otot seseorang membuat kulitnya menjadi keriput.

Ilustrasi kulit tangan kering dan keriput (freepik.com/freepik)Ilustrasi kulit tangan kering dan keriput (freepik.com/freepik)

“Kalau keriput di luar atau permukaan itu biasanya karena penuaan secara wajar. Jadi kalau misalnya kita semakin tua maka keriput akan muncul di sekitar mata itu ada ya, dan terus di daerah lain juga ada. Tapi kalau keriput di dalam dalam itu di otot jadi misalnya suka berpikir terus mengerut atau tertawanya berlebihan itu karena otot,” ungkap dr. Endi saat diwawancarai dalam acara konferensi pers bersama ZAP, Selasa (30/1/2024).

Bukan hanya itu, faktor eksternal juga menjadi pendorong seseorang alami keriput. Kondisi keriput ini terjadi karena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari akan mendorong percepatan keriput dari usia seharusnya. Selain itu, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya kerutan pada wajah

“Kalau kena matahari itu kayak di kali jadi misalnya usia 40-an harusnya belum tumbuh keriput banyak. Nah ini timbul karena kena mataharinya banyak. Lalu stres juga bisa ngaruh tetapi juga bukan utama kalau stres itu bisa lebih ke arah kusam,” sambungnya.

Pencegahan Keriput

Sebab keriput ini, penting dilakukan pencegahan. Berdasarkan keterangan dr. Endi, pencegahan bisa dilakukan dari menjaga nutrisi yang masuk, seperti gula. Hal ini karena gula mendorong kulit mengalami penuaan jauh lebih cepat.

“Untuk mencegah keriput dari dalam makanan harus sehat. Jadi nggak boleh banyak gula karena itu salah satu komponen yang makanan menyebabkan penuaan jauh lebih cepat dari seharusnya,” kata dr. Endi.

Bukan hanya itu, dr. Endi juga menyarankan untuk menggunakan skincare serta melakukan eksfoliasi dengan pasangan. Ini akan membantu meregenerasi kulit bagian bawah sehingga jauh lebih muda dan tidak mudah keriput.

“Kemudian kalau misalnya kulit matinya itu numpuk juga bisa kelihatan lebih tua. Kalau perlu sekali-kali menggunakan skincare pengelupasan atau eksfoliasi yang membantu meregenerasi kulit bawahnya,” jelasnya.

Untuk makanan, disarankan konsumsi yang memiliki antioksidan seperti sayur dan buah. Hal ini akan memberikan dampak baik bagi kulit.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #dermatologi #ungkap #sebab #kulit #keriput #sebaiknya #hindari #lakukan

KOMENTAR