Apakah Garam dapat Membantu Mengatasi Jerawat? Simak Fakta dan Penjelasan Berikut
Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik)
10:46
9 Oktober 2024

Apakah Garam dapat Membantu Mengatasi Jerawat? Simak Fakta dan Penjelasan Berikut

 

 

- Mencuci wajah dengan air garam untuk mengatasi jerawat adalah tren yang sedang menjadi perbincangan di media sosial, tetapi apakah itu hanya tren sesaat, atau benar-benar manjur?

Menurut curology.com yang dikutip oleh JawaPos.com, Rabu (9/10), menjelaskan bahwa belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa garam dapat membantu mengatasi jerawat.

Meskipun beberapa orang mengklaim berendam dalam air garam atau menggunakannya sebagai toner wajah dapat membantu membersihkan jerawat, saat ini, belum ada cukup bukti ilmiah untuk mendukung klaim tersebut.

Penyedia layanan dermatologi pun memperingatkan bahwa kandungan garam yang tinggi dalam air garam sebenarnya dapat mengeringkan dan berpotensi mengiritasi kulit Anda, yang mungkin memperburuk jerawat Anda alih-alih memperbaikinya.

Jadi, meskipun berenang di laut mungkin terasa menyegarkan, menggunakan air garam untuk mengatasi jerawat mungkin bukan solusi terbaik.

Air garam mungkin memiliki beberapa manfaat untuk kulit Anda, dan mudah untuk melihat mengapa air garam semakin populer sebagai solusi perawatan kulit alami. Berikut adalah beberapa manfaat air garam untuk kulit Anda:

  1.   Eksfoliasi

Garam memiliki sifat eksfoliatif alami, yang berarti dapat membantu memperbaiki tekstur kulit Anda dengan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

  2.   Menjaga dari infeksi

Garam mungkin memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri dan kuman lain yang dapat menyebabkan infeksi, yang dapat membantu mencegah infeksi dengan membantu menjaga luka tetap bersih.

  3.   Mengurangi jerawat dan peradangan

Meskipun belum ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini, Anda mungkin pernah berenang di laut dan menyadari bahwa kulit Anda tampak lebih baik setelahnya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apakah #garam #dapat #membantu #mengatasi #jerawat #simak #fakta #penjelasan #berikut

KOMENTAR