Pangkat Terakhir AHY yang Pensiun Dini dari Militer, Ngaku Sempat Dikucilkan
Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY mengikuti sidang doktor terbuka di Unair (YouTube/UNAIRTV)
07:17
9 Oktober 2024

Pangkat Terakhir AHY yang Pensiun Dini dari Militer, Ngaku Sempat Dikucilkan

Usai menempuh pendidikan selama 3 tahun, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi mengantongi gelar doktor dengan predikat cum laude dari Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk prodi Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Di balik prestasinya tersebut, siapa sangka jika AHY sempat dikucilkan lantaran memilih untuk pensiun dini dari dunia militer.

"Saya yang tidak bisa menuntaskan kareir dan pangkat militer waktu itu sering diledek, dikecilkan ‘ah Mayor’ (katanya) ‘hanya Mayor’ (atau) ‘tentara baru kemarin’ dan lain sebagainya. Tapi, saya teguh dalam keputusan yang sama ambil, sebuah panggilan," ungkap AHY ketika menerima gelar doktor dari Unair.

Pangkat Terakhir AHY di Militer

Baca Juga: AHY Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude, SBY: Tidak Ada Cawe-Cawe Saya

Sebelum terjun ke politik, AHY memang lebih dikenal dengan prestasi-prestasi di bidang militernya. Ketika lulus dari Akademi Militer (Akmil) tahun 2000 lalu, kakak dari Edhie Baskoro Yudhoyono ini bahkan mendapatkan predikat Bintang Adhi Makayasa sebagai lulusan terbaik.

Karir AHY di militer pun terbilang cukup mulus. Di tahun 2006, Ia sempat menjadi perwira seksi operasional dalam Kontingen Garuda XXIII-A untuk misi perdamaian di sepanjang perbatasan Israel dan Lebanon Selatan.

Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)

Namun setelah 16 tahun berkarier sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI), AHY banting setir ke dunia politik. Suami Annisa Pohan ini mengundurkan diri dari militer pada September 2016 dengan pangkat terakhir Mayor, tepatnya berpangkat Mayor di satuan Infanteri. 

AHY secara resmi mengakhiri tugas dan jabatannya sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/ Arya Kamuning, 26 September 2016. Hal itu mesti ia lakukan demi memuluskan jalannya  maju ke Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

Namun, ia harus menerima kekalahan dari Ahok-Djarot serta Anies-Sandi yang maju ke putaran kedua.

Baca Juga: Ditanya Soal Peluang AHY Jadi Menko di Kabinet Prabowo, Demokrat: Doakan Saja Mudah-mudahan

Sebelum meraih gelar doktoral dengan judul disertasi "Transformational Leadership and Human Resources Orchestration towards Indonesia Emas 2024", AHY sudah terlebih dulu mengenyam pendidikan S2 di luar negeri.

Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)Sidang doktor terbuka AHY, Senin (7/10)

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) ini mendapatkan gelar Master of Science in Strategic Studies dari Nanyang Technological University, Singapura dan Master in Public Administration dari Harvard University.

Untuk pendidikan doktoral, AHY menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu wasiat terakhir dari mendiang ibunya, Ani Yudhoyono.

"Ini bukan hanya sebuah pencapaian akademik, tapi bagi saya juga lebih personal. Karena ini merupakan wasiat terakhir almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Beliau sebelum berpulang sangat berharap saya mendapatkan gelar doktor," ucapnya dalam sidang doktor terbuka, Senin (7/10),

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #pangkat #terakhir #yang #pensiun #dini #dari #militer #ngaku #sempat #dikucilkan

KOMENTAR