Takut Ditinggalkan Pasangan? Ini 5 Alasan yang Mungkin Terjadi Mengapa Hubungan Anda Renggang dan Tips Memperbaiki
Ilustrasi pasangan yang hubungannya sedang renggang./freepik.com/DrazenZigic)
16:28
8 Oktober 2024

Takut Ditinggalkan Pasangan? Ini 5 Alasan yang Mungkin Terjadi Mengapa Hubungan Anda Renggang dan Tips Memperbaiki

– Jika Anda memiliki seorang pasangan yang mencintai Anda dengan tulus, Anda merupakan orang-orang yang beruntung. Menyadari hal tersebut, perlunya Anda untuk menghargai keberadaan pasangan Anda.

Tidak ada hubungan yang sempurna, sebagian besar memiliki titik untuk berhasil atau gagal dan semuanya adalah kerja keras.

Bayangkan jika cinta memiliki garis horizontal antara “jatuh cinta” dan “putus cinta”, akan sangat membantu jika menuju garis tersebut disertai rambu-rambu peringatan, sehingga Anda maupun pasangan bisa saling memperbaiki diri jika hubungan mendekati garis “putus cinta”.

Di bawah ini akan dijelaskan rambu-rambu paling umum alasan pasangan Anda akan meninggalkan Anda beserta cara-cara menghentikannya.

Bahkan jika pasangan Anda menjadi berubah dari pada sebelumnya, kemungkinan dimulai karena salah satu dari ini, melansir Hey Sigmund, Selasa (8/10).

1. Pasangan Anda merasa tidak dihargai

Sumber emosional pasangan dalam hubungan perlu diisi ulang. Tidaklah cukup untuk mengharapkan seseorang 'hanya mengetahui' bahwa ia mencintai Anda.

Bersikap terbuka dalam mencintai dan menghargai satu sama lain adalah bahan bakar untuk setiap hubungan dan membuat hubungan yang berbeda dengan yang lain.

Hubungan memiliki ritme. Mereka pasang surut. Kadang-kadang mereka akan berada di urutan teratas dalam daftar prioritas dan kadang-kadang mereka akan tergelincir lebih jauh ke bawah.

Hal yang paling penting adalah tidak membiarkannya berada di bawah daftar terlalu lama dan berkomitmen untuk saling menjaga satu sama lain ketika hubungan mulai merenggang. Akan selalu ada cukup waktu untuk apa pun yang Anda putuskan untuk dijadikan prioritas.

Anda layak mendapatkan seseorang yang menganggap Anda luar biasa. Begitu juga dengan orang yang bersama Anda. Memuja mereka. Hargai mereka. Akui keberadaan mereka.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghargai pasangan Anda:

Perhatikan hal-hal kecil

Sering-seringlah mengucapkan terima kasih

Dengarkan dengan mata Anda

Tunjukkan rasa kasih sayang Anda

Pujilah mereka di depan keluarga dan teman-teman Anda

2. Sudah tidak merasakan gairah dan ikatan emosional dengan Anda

Penelitian telah menunjukkan bahwa cinta dan gairah yang muncul pada awal pernikahan akan hilang setelah dua tahun, itulah sebabnya hubungan terbaik adalah hubungan yang memiliki persahabatan yang tulus pada intinya.

Ketika gairah awal mendingin, hubungan yang matang, penuh cinta, penuh kasih sayang, akan mengambil alih.

Bukan berarti hubungan ini tidak akan berlangsung lama, tetapi kemampuan untuk terhubung secara emosional lah hal yang dapat mempertahankan hubungan yang tahan lama.

Berikut adalah beberapa tips untuk memicu gairah dan ikatan emosional:

Melakukan obrolan secara teratur

Tanyakan tentang bagaimana pasangan Anda menjalani hari

Perhatikan ketika sedang sedih dan kesal

Hanya karena sesuatu yang tampaknya tidak penting bagi Anda, bukan berarti tidak penting bagi mereka

Jadilah responsive

3. Kebosanan

Sangat mudah untuk melakukan hal-hal yang sama yang selalu Anda lakukan, tetapi ini bisa mengarah pada 'kebiasaan' dan akhirnya menguras gairah dalam hubungan.

Tak seorang pun ingin merasa bahwa Anda bersama mereka karena kebiasaan, meskipun itu adalah kebiasaan yang indah. Sehingga Anda perlu berdiskusi dengan pasangan Anda dan mencoba sesuatu yang tidak biasa Anda lakukan.

Berikut beberapa ide yang bisa Anda coba ketika menemukan kebosanan dalam hubungan:

Pelajari hal-hal yang mereka sukai, seperti klub bola, genre film, bacaan, dan lain-lain

Lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti membuat keramik, memasak, melukis, dan lain-lain

Buat to-do-list tempat dan restoran yang ingin dikunjungi bersama pasangan

4. Merasa telah kehilangan percaya diri

Penting bagi kedua orang dalam hubungan untuk memiliki kemandirian yang sehat dengan teman, hasrat, dan minat mereka sendiri.

Semoga salah satu gairah mereka adalah Anda, dan salah satu gairah Anda adalah mereka, tetapi memiliki sesuatu yang terpisah satu sama lain adalah penting untuk menjaga rasa percaya diri.

Anda berdua lebih dari sekadar hubungan yang Anda jalani dan meskipun itu mungkin merupakan hal yang paling penting dalam hidup Anda, tidak masalah jika itu bukan satu-satunya.

Anda jatuh cinta pada mereka karena siapa mereka, bukan karena mereka adalah versi Anda.

Masalah muncul ketika keseimbangan antara saya dan pasangan Anda tidak tepat, seperti terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengejar kehidupan yang terpisah bisa sama merusaknya dengan tidak ada perpisahan sama sekali. Dukunglah mereka dalam mengejar apa yang mereka sukai.

5. Kehilangan keintiman fisik

Ini mencakup segala bentuk sentuhan kasih sayang dan bisa sesederhana menyentuh punggungnya saat Anda berjalan melewatinya atau memainkan rambutnya saat Anda menonton TV.

Hubungan badan adalah bagian penting dari hubungan pernikahan, namun penelitian telah menemukan bahwa keintiman non-seksual adalah kunci kebahagiaan jangka panjang dalam suatu hubungan.

Jika keintiman fisik hilang dan Anda ingin mengembalikannya:

Mulailah memperhatikan hal-hal kecil dan beri tahu pasangan Anda

Biarkan mereka tahu apa yang Anda hargai. Hal ini akan mulai mengembalikan hubungan emosional.

Cobalah untuk menyentuh pasangan Anda setiap hari, tapi mulailah dari yang kecil dan sederhana

Melansir dari Mindfulness Muse, hal yang paling penting adalah ‘Berhenti mengganti pasangan Anda, tetapi gantilah sikap Anda kepada pasangan Anda’.

Ketika Anda merenungkan perubahan sikap, tindakan, dan interpretasi Anda terhadap perilaku pasangan Anda, Anda bisa mengharapkan hubungan Anda penuh kesayangan dan kesadaran.

Banyak aspek kehidupan yang berada di luar kendali Anda, seperti sikap orang lain, kehilangan, sampai nasib hidup yang tidak terduga. Namun, sikap dan kemauan Anda untuk memberi makna yang lebih positif pada perilaku pasangan Anda sepenuhnya berada dalam kendali Anda.

Ketika Anda menjadi semakin selaras dengan perasaan, nilai, dan impian Anda yang sebenarnya, pikiran yang bijaksana akan memandu jalan Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #takut #ditinggalkan #pasangan #alasan #yang #mungkin #terjadi #mengapa #hubungan #anda #renggang #tips #memperbaiki

KOMENTAR