Apa itu Social Movements? Keahlian 'Spesial' Anies Baswedan di LinkedIn
Anies Baswedan Pasang Status 'Open To Work' di Linkedln (Instagram/aniesbaswedan)
16:17
8 Oktober 2024

Apa itu Social Movements? Keahlian 'Spesial' Anies Baswedan di LinkedIn

Akun LinkedIn Anies Baswedan tengah menjadi perhatian di media sosial. Pasalnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini baru saja mengubah status profil LinkedIn-nya menjadi Open to Work. Apakah ini artinya Anies sedang mencari pekerjaan?

Karier Anies sudah tidak perlu diragukan. Meski demikian, ia nyatanya tetap menuliskan sejumlah keahlian di LinkedIn. Hal ini dilakukan untuk menarik minta calon pemberi kerja. Menariknya, salah satu keahlian yang ditulis Anies adalah social movements.

Keahlian social movements bahkan dicantumkan Anies sebanyak 3 kali di LinkedIn. Ia ternyata menggunakan keahlian itu di tiga organisasi ciptaannya, yaitu Gerakan Indonesia Mengajar, Kelas Inspirasi, dan Gerakan Indonesia Menyala. Lantas, apa itu social movements?

Pengertian social movements

Baca Juga: Link LinkedIn Anies Baswedan yang Open to Work, Bisa Jadi Inspirasi Job Hunter

LinkedIn Anies Baswedan (Dok. LinkedIn/Anies Baswedan)LinkedIn Anies Baswedan (Dok. LinkedIn/Anies Baswedan)

Social movements atau gerakan sosial adalah upaya terorganisasi untuk mendorong berbagai jenis perubahan. Pada dasarnya, gerakan sosial bertujuan untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat, baik melalui politik atau ekonomi.

Keahlian social movements ini ditunjukkan dengan cara berkampanye, berpidato, mengkritik, atau mengadvokasi. Adapun gerakan sosial terdiri dari kelompok orang yang memiliki gagasan yang sama tentang apa yang mereka yakini penting.

Dengan melalukan gerakan sosial, maka kelompok orang bisa memberikan perubahan dalam masyarakat. Sebagai contoh, perubahan yang dilakukan seputar hak-hak pekerja, masalah kesehatan, dan lain-lain.

LinkedIn Anies Baswedan (Dok. LinkedIn/Anies Baswedan)LinkedIn Anies Baswedan (Dok. LinkedIn/Anies Baswedan)

Tentu tidak semua orang memiliki keahlian sebagai social movements. Namun bisa dipastikan, Anies Baswedan memiliki keahlian ini. Artinya, keahlian social movements yang dicantumkannya di LinkedIn bukan kebohongan.

Terbukti, Anies sudah beberapa kali melakukan kampanye, pidato hingga melontarkan kritikan ke pemerintah terkait masalah kesejahteraan rakyat. Ia juga melakukan advokasi melalui organisasi-organisasi yang didirikannya.

Baca Juga: Anies Baswedan Open to Work di LinkedIn, Warganet: HRD yang Ketar-ketir

Selain social movements, Anies juga menuliskan sejumlah keahlian mentereng lainnya. Di antaranya adalah fundraising, social services, international relations, urban design, goverment advocacy, dan masih banyak lagi.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #social #movements #keahlian #spesial #anies #baswedan #linkedin

KOMENTAR