Bongkar Aib Pasangan Selingkuh Boleh Gak Menurut Hukum Islam? Buya Yahya Bilang Begini
Azizah Salsha - Pratama Arhan - Rachel Vennya (Instagram)
19:03
7 Oktober 2024

Bongkar Aib Pasangan Selingkuh Boleh Gak Menurut Hukum Islam? Buya Yahya Bilang Begini

Rachel Vennya membongkar chat diduga dari Pratama Arhan yang membahasa perselingkuhan Azizah Salsha dengan Salim Nauderer. Boleh gak sih sebenarnya membongkar aib pasangan menurut hukum Islam?

Ulama Buya Yahya menyebut dapat memahami betapa hancurnya hati orang yang diselingkuhi. Rasa sakit dan pengkhianatan yang dialami bisa sangat mendalam. Namun, menyebarluaskan aib tersebut, terutama di media sosial, menimbulkan dilema moral dan etika yang perlu dipertimbangkan.

Menurut Buya Yahya, kaidah utama dalam kehidupan rumah tangga adalah menjaga kehormatan dan aib keluarga. Ia menekankan bahwa seburuk apa pun tindakan pasangan, tidak seharusnya dibagikan kepada orang lain.

"Harga mati, tidak boleh kita membongkar aib keluarga," tegasnya, dikutip dari Al Bahjah TV.

Baca Juga: Pedenya Azizah Salsha Ngaku Istri Setia saat Pratama Arhan Diduga Umbar Bukti Selingkuh ke Rachel Vennya

Dua Pilihan untuk Menghadapi Perselingkuhan

Ketika dihadapkan pada perselingkuhan, Buya Yahya memberikan dua pilihan yang perlu dipertimbangkan. Pertama, adalah dengan mempertahankan hubungan. Keputusan ini bisa diambil jika pasangan menunjukkan tanda-tanda penyesalan dan ingin bertaubat.

"Didik dia, karena jika tidak, aib akan semakin tersebar. Mungkin jika tidak dididik, dia justru akan jauh dari kebaikan," ujarnya.

Namun, Buya menegaskan bahwa jika pasangan tidak menunjukkan penyesalan dan Anda masih bertahan, itu adalah pilihan yang tidak bijaksana.

"Kalau pasangannya tidak mau tobat, dan ia masih mau bertahan, maka dia adalah orang yang bodoh," tambahnya.

Baca Juga: Pratama Arhan Disebut Lempar Batu Sembunyi Tangan, Dulu Minta Perselingkuhan Diviralkan Kini Memohon Jangan Posting Lagi

Pilihan kedua adalah menceraikan pasangan jika Anda merasa tidak mampu menahan emosi dan sakit hati. Namun, meskipun memutuskan untuk berpisah, Buya menekankan agar tidak membongkar aib pasangan kepada orang lain.

"Pisah saja dan jangan cerita sebabnya diceraikan," jelasnya.

Dalam masalah perselingkuhan, Buya Yahya mengingatkan pentingnya berhati-hati. Informasi yang beredar harus berdasarkan fakta dan disertai bukti yang jelas. Hal ini untuk menghindari fitnah yang bisa merusak reputasi orang lain.

"Jangan mudah percaya pada isu tanpa bukti," pesannya.

Isu Perselingkuhan Azizah Salsha dan Salim Nauderer

Isu perselingkuhan Azizah Salsha dan Salim Nauderer kembali ramai diperbincangkan setelah beredar rekaman telepon diduga antara Pratama Arhan dan Rachel Vennya.

Rekaman telepon itu awalnya diunggah akun @/ladybirdraven yang diduga merupakan akun Instagram kedua Rachel Vennya, tepat di momen ulang tahun Azizah Salsha.

Dalam rekaman telepon tersebut, diduga Pratama Arhan sedang menceritakan dugaan perselingkuhan Azizah Salsha dengan mantan kekasih Rachel Vennya.

"Kenapa? Sorry tadi reconnecting," kata seorang perempuan diduga Rachel Vennya, dikutip dari unggahan Instagram @/budepji pada Senin (7/10/2024).

Pria bersuara medok diduga Pratama Arhan itu lantas membeberkan informasi tentang dugaan Azizah Salsha pernah bertemu Salim Nauderer di sebuah apartemen.

"Ya itu, kata temen aku sih dia pernah ketemuan di apartemennya S. Aku enggak tahu waktu dia masih sewa apartemen dulu ya Kak," terang seorang pria diduga Pratama Arhan.

Rekaman telepon tersebut sontak menghebohkan publik. Beragam komentar dilontarkan oleh netizen. Tak sedikit yang membela Rachel Vennya.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bongkar #pasangan #selingkuh #boleh #menurut #hukum #islam #buya #yahya #bilang #begini

KOMENTAR