Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Catat Jadwal Liburnya
Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa (freepik)
17:58
27 Januari 2024

Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Catat Jadwal Liburnya

Dalam bulan Rajab yang merupakan bulan istimewa dalam Islam terdapat peristiwa penting yang disebut dengan Isra Miraj. Lantas Isra Miraj 2024 tanggal berapa? Jika kamu belum tahu, cek ini jadwal liburnya. 

Seperti yang telah diketahui bahwa Isra Miraj merupakan peristiwa penting untuk umat Islam. Dalam legenda Islam, Isra Miraj merupakan peristiwa di mana Nabi Muhammad mendapatkan perintah langsung dari Allah Swt agar umat Nabi Muhammad melaksanakan shalat lima waktu. 

Karena peristiwa itu tidak hanya bernilai sejarah, tetapi juga mengandung spirit islam, umat muslim pun memperingatinya setiap tahun. Peristiwa Isra Miraj sendiri jatuh pada 27 bulan Rajab. Maka, Isra Miraj 2024 tanggal berapa? Kita bisa cek jadwalnya melalui kalender.

Peringatan Isra Miraj 2024 tanggal berapa dapat dilihat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024. Berdasarkan kalender SKB 3 Menteri, peringatan Isra Miraj jatuh pada tanggl 8 Februari. Disusul dengan cuti bersama Tahun Baru Imlek dan Libur Nasional Tahun Baru Imlek. Perayaan Isra Miraj berdekatan dengan Tahun Baru Imlek, sehingga ini jadwal liburnya. 

- Kamis,8 Februari 2024, libur nasional Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 
- Jum'at, 9 Februari 2024, Cuti bersama tahun baru Imlek Kongzili.
- Sabtu, 10 Februari 2024, Libur nasional tahun baru Imlek Kongzili.

Sejarah Isra Miraj

Isra Miraj terdiri dari dua kata Isra dan Miraj yang artinya berbeda. Isra berasal dari kat sara yang artinya perjalanan malam. Sedangkan Miraj dalam bahasa arab berarti kendaraan, diartikan juga alat untuk naik, atau tangga. Bentuk jamak dari Miraj adalah Ma'arij artinya tempat-tempat naik. 

Peristiwa Isra miraj terjadi selama periode akhir kenabian di Makkah, sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah. Menurut mayoritas ulama, Isra Miraj terjadi di tahun pertama sebelum hijrah, di antara tahun 620-621 masehi. 

Isra menjelaskan perjalanan Nabi Muhammad saw dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Palestina. Diceritakan bahwa nabi mengendarai buraq, sosok yang digambarkan seperti kuda putih, tetapi memiliki sayap, dan juga ekor seperti burung merak. Buraq membantu Nabi menempuh perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam waktu singkat. 

Miraj menjelaskan perjalanan nabi Muhammad saw dari Masjidil Aqsa di Palestina menuju Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh. Di langit ketujuh, Nabi Muhammad berjumpa dan mendapatkan perintah langsung dari Allah swt agar mengerjakan shalat lima waktu. 

Demikian itu sedikit informasi yang dapat dibagikan mengenai Isra Miraj 2024 tanggal berapa? Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #isra #miraj #2024 #tanggal #berapa #catat #jadwal #liburnya

KOMENTAR