6 Cara yang Ampuh dan Efektif untuk Menghilangkan Komedo di Hidung
6 Cara yang Ampuh untuk Menghilangkan Komedo di Hidung. (Freepik)
16:46
7 Oktober 2024

6 Cara yang Ampuh dan Efektif untuk Menghilangkan Komedo di Hidung

Komedo terbentuk pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebih.

Perlu diketahui bahwa komedo bisa menjadi penyebab jerawat dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu, komedo juga dapat mengganggu penampilan seseorang.

Ada beberapa faktor munculnya komedo di hidung, seperti stres, perubahan hormon, hingga pemakaian produk perawatan wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Oleh karena itu, kamu harus segera mengatasi komedo agar tidak mengganggu penampilan dan tidak menyebabkan munculnya jerawat di wajah.

Berikut ini merupakan enam cara yang ampuh dan efektif untuk menghilangkan komedo di hidung yang dilansir dari laman halodoc dan alodokter pada Senin (7/10).

1. Gunakan Pore Pack Komedo

Cara pertama untuk menghilangkan komedo di hidung, yaitu dengan menggunakan pore pack komedo.

Pore pack komedo ini menggunakan perekat untuk mengangkat komedo yang ada di hidung. Untuk cara pemakaiannya, kamu dapat membasahi hidung dan tempelkan dengan pore pack.

Lalu diamkan pore pack di hidung selama 15 menit dan lepaskan secara perlahan. Kamu dapat melakukan cara ini secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

2. Gunakan Masker Charcoal

Selanjutnya, yaitu dengan menggunakan masker charcoal atau arang karena dipercaya dapat mengangkat minyak, kotoran, dan komedo yang ada di dalam kulit.

Namun, jika kamu memiliki jenis kulit kering, kamu dapat memilih masker charcoal dengan kandungan bahan yang dapat menghidrasi, seperti asam hialuronat, minyak zaitun atau minyak jojoba.

Gunakan masker charcoal untuk komedo sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

3. Pilih Skincare dengan Kandungan Retinoid

Cara selanjutnya yaitu kamu dapat memilih skincare dengan kandungan retinoid. Perlu diketahui bahwa kandungan retinoid dapat bekerja dengan cara membuka pori-pori yang tersumbat dan dapat memastikan sel-sel kulit mati agar tidak terkumpul di dalam pori-pori.

Meski begitu, penggunaan retinoid di kulit wajah dapat menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan sensitif.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan skincare dengan kandungan retinoid, jangan lupa untuk menggunakan pelembab dan sunscreen.

4. Rutin Membersihkan Wajah

Untuk menghilangkan komedo, kamu dapat membersihkan wajah yang rutin agar dapat terbebas dari kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah.

Selain itu, membersihkan kulit wajah secara rutin juga bisa mengatasi kulit wajah yang kusam. Untuk itu, kamu dapat membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

5. Jangan Pencet Komedo

Cara lainnya untuk menghilangkan komedo di hidung, yaitu dengan jangan mencoba memencet komedo di hidung.

Hal ini karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan di kulit wajah. Tak hanya itu saja, memencet komedo juga bisa meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

6. Uap dengan Air Hangat

Kamu bisa memakai uap air hangat untuk bisa menghilangkan komedo di hidung karena uap air hangat bisa membuat pori-pori kulit wajah terbuka dan komedo akan lebih mudah diangkat.

Untuk caranya, kamu bisa siapkan air panci dengan air mendidih dan dekatkan dengan wajah selama 5 – 10 menit. Kamu bisa memakai handuk atau kain bersih untuk menutupi area kepala agar uap panas tidak menyebar ke udara.

Nah itu dia informasi mengenai enam cara yang ampuh dan efektif untuk mengatasi komedo di hidung.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #yang #ampuh #efektif #untuk #menghilangkan #komedo #hidung

KOMENTAR