Laki-laki Lebih Jago Membaca Maps Dibandingkan Perempuan, Begini Penjelasannya
Ilustrasi: Penggunaan Google Maps. (TechRadar)
14:00
27 Januari 2024

Laki-laki Lebih Jago Membaca Maps Dibandingkan Perempuan, Begini Penjelasannya

- Siapa yang sering merasa khawatir saat disuruh membaca peta atau maps? Banyak perempuan yang mungkin mengalami pengalaman ini karena mereka dikatakan sering kesulitan menentukan arah.

Memang tidak semua perempuan kesulitan membaca peta, ada juga yang pandai menentukan arah. Tapi, kenapa laki-laki lebih mudah membaca peta?

Seperti dilansir dari New Scientist, penelitian terbaru yang dipublikasikan Royal Society pada 2024 menunjukkan bahwa pria memiliki keunggulan dalam membaca instruksi dibandingkan perempuan. Studi bertajuk “Still little evidence sex differences in spatial navigation are evolutionary adaptations” mengungkapkan bahwa meski perempuan cenderung melakukan perjalanan jauh dari rumah, mereka menghadapi lebih banyak masalah dibandingkan laki-laki dalam navigasi.

Hasil studi juga konsisten pada berbagai sampel orang, termasuk kelompok ekonomi, budaya, ras, dan lainnya. Namun, kemampuan navigasi ini tidak ada hubungannya dengan keunggulan biologis.

Beberapa peneliti berpendapat hal ini mungkin disebabkan oleh evolusi. Ditulis oleh Radar Jogja (Jawa Pos Group), karena pada zaman prasejarah, laki-laki sering melakukan perjalanan jauh untuk berburu, sedangkan perempuan sering kali tinggal lebih dekat dari rumah.

Ini menjadi hal yang dapat menyebabkan tekanan seleksi pada laki-laki untuk mengembangkan keterampilan orientasi yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan orientasi antara laki-laki dan perempuan bersifat budaya. Selain itu, mungkin juga disebabkan oleh perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #laki #laki #lebih #jago #membaca #maps #dibandingkan #perempuan #begini #penjelasannya

KOMENTAR