4 Cara Merawat Diri dengan Lebih Baik saat Anda Benar-Benar Lelah, Menurut Seorang Ahli Kesehatan
Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan perawatan diri (freepik)
16:02
6 Oktober 2024

4 Cara Merawat Diri dengan Lebih Baik saat Anda Benar-Benar Lelah, Menurut Seorang Ahli Kesehatan

- Ada banyak perdebatan tentang apa yang dianggap sebagai perawatan diri yang sesungguhnya. Apakah melakukan perawatan kuku dan pedikur termasuk, atau itu hanya trik industri kecantikan?

Untuk mengetahui kebenaran tentang apa yang benar-benar penting, Andrea Miller, pembawa acara podcast Getting Open, bertanya kepada dokter kandungan-ginekolog Dr. Suzanne Gilberg-Lenz (alias Dr. Suzanne) tentang apa yang benar-benar meningkatkan kesejahteraan perempuan.

Menurut Dr. Suzanne, inti dari perawatan diri Anda seharusnya adalah merawat diri sendiri dan juga merawat orang lain dalam hidup Anda. Itu berarti memprioritaskan kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan Anda, bukan hanya penampilan Anda.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango, Minggu (6/10), empat ritual perawatan diri yang dapat menyalakan kembali semangat Anda saat Anda merasa terkuras, berdasarkan anjuran Dr. Suzanne.

1. Berlatihlah mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda layak untuk bahagia dan sehat

Saat kita berlatih mengenal diri sendiri dan menghargai diri kita sendiri, kita dapat mendengarkan suara hati kita, memberi kita kemampuan untuk melihat apa yang benar-benar kita butuhkan.

Dr. Suzanne menjelaskan bahwa ketika kita memusatkan perhatian pada hal itu, kita lebih mampu memiliki pengalaman autentik dengan diri kita sendiri dan orang lain. Bukan hanya masker wajah yang bagus untuk kulit yang lebih halus, tetapi bentuk perawatan diri yang berkelanjutan yang membuat kita bahagia dan sehat.

2. Temukan bentuk meditasi yang cocok untuk Anda

Meditasi tidak hanya terbukti membantu mengurangi depresi, sebuah penelitian oleh para peneliti di Harvard Medical School dan Massachusetts General Hospital juga menunjukkan penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi yang diberi resep meditasi.

3. Jelajahi berbagai penyembuhan modern maupun tradisional untuk menemukan apa yang cocok untuk Anda

Telah lama terjadi pertikaian antara apa yang kita sebut pengobatan modern dan pengobatan kuno atau tradisional. Sebagai seorang dokter yang terlatih dalam mempraktikkan pengobatan Barat modern, Dr. Suzanne percaya tidak ada yang salah dengan mengonsumsi obat-obatan yang dikembangkan secara farmasi saat dibutuhkan.

Namun, ia tidak mengabaikan nilai pengobatan tradisional, termasuk obat-obatan herbal, ketika diberikan oleh para profesional dalam suasana terapeutik. Jika Anda tidak menemukan solusi yang tepat dari sesuatu yang mengganggu Anda, carilah alternatif kedua dan cobalah perawatan tersebut.

4. Melakukan pemijatan dengan minyak esensial

Anda bisa melakukan perawatan diri dengan setetes minyak esensial yang berkualitas. Penelitian dari jurnal Molecules menyatakan bahwa penggunaan minyak esensial membantu mengatasi kelelahan, masalah ingatan, gejala perilaku, dan masalah tidur.

Pijatan ini melepaskan oksitosin (hormon cinta) dan membantu menenangkan saraf Anda. Selain itu, pijatan ini menyegarkan hari Anda dan membuat Anda terbiasa merawat diri sendiri.

Ini adalah hal yang mudah dilakukan dan tidak akan menghabiskan banyak waktu dan uang. Selama Anda konsisten melakukannya, Anda akan melihat hasilnya secara instan saat rasa gugup dan stres Anda menghilang.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #merawat #diri #dengan #lebih #baik #saat #anda #benar #benar #lelah #menurut #seorang #ahli #kesehatan

KOMENTAR