Riwayat Pendidikan Ahok vs Abdee Slank, Adabnya Keduanya Disorot Usai Dukung Ganjar
Kolase Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Abdee Slank. [Istimewa]
10:58
25 Januari 2024

Riwayat Pendidikan Ahok vs Abdee Slank, Adabnya Keduanya Disorot Usai Dukung Ganjar

Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi sorotan pasca mendukung capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sorotan ini tentang adab Ahok yang dibandingkan dengan Abdee Slank. Diketahui Abdee Slank rela mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Telkom demi mendukung Ganjar-Mahfud.

Sikap berbeda itu ditunjukkan Ahok. Meski sudah memberikan dukungannya terhadap Ganjar sejak lama, tetapi mantan Gubernur DKI Jakarta ini hingga sekarang masih mempertahankan jabatannya sebagai Komisaris PT Pertamina. Simak riwayat pendidikan Ahok vs Abdee Slank yang adabnya disorot usai dukung Ganjar.

Riwayat Pendidikan Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram @basukibtp)Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram @basukibtp)

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok adalah putra daerah Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. Dia lahir dan besar di bumi Laskar Pelangi itu hingga menempuh pendidikan di bangku SMP. Ahok tercatat menempuh pendidikan sekolah dasar (SD) di SDN 3 Gantung, Belitung Timur (1977) kemudian dilanjutkan di SMP 1 Gantung, Belitung Timur (1981).

Ahok lalu melanjutkan pendidikan SMA di SMA III PSKD Jakarta. Menariknya, Ahok mengaku sang ayah, Alm. Indra Tjahaja Purnama sempat memintanya untuk menjadi dokter. 

Namun, jalan hidup lain dipilih Ahok ketika memutuskan untuk melanjutkan perkuliahan di Universitas Trisakti Jakarta jurusan Teknik Geologi (1990). Dia lalu melanjutkan pendidikan magister di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya dengan konsentrasi Manajemen Keuangan (1994).

Terlepas dari itu, kini sikap Ahok yang masih menjabat sebagai Komisaris BUMN padahal sudah terang-terangan mendukung Ganjar-Mahfud, turut jadi sorotan. Pasalnya, Menteri BUMN Erick Thohir sendiri sudah minta jajarannya untuk netral jelang Pemilu 2024.

Kendati begitu, sikap Ahok itu juga dibela oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. Menurut dia, tak masalah jika komisaris BUMN menunjukkan dukungannya terhadap pasangan capres-cawapres.

Arya hanya mengingatkan ada larangan yang diberikan kepada para komisaris BUMN adalah untuk tidak melakukan kampanye politik. Dia pun menilai Ahok selama ini tidak melakukan kampanye, sehingga tidak perlu mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Pertamina.

Riwayat Pendidikan Abdee Slank

Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)

Abdi Negara Nurdin atau Abdee Slank besar di Donggala, sehingga dia mengenyam pendidikan formal di kawasan Sulawesi Tengah. Sayangnya, belum ada informasi lengkap tentang riwayat pendidikan dari gitaris Slank ini. Hanya saja diketahui dia pernah mengenyam pendidikan di SMP Negeri I Donggala.

Kemudian Abdee pernah berkuliah, tapi hanya selama satu semester di jurusan ekonomi Universitas Tadulako, Palu pada tahun 1988. Setelah itu sesuai cita-citanya sebagai pemusik, Abdee lebih menekuni pendidikan di bidang musik dengan mengikuti kursus di sekolah musik Farabi.

Sementara itu menurut pengakuan Abdee Slank pada awak media, dia telah mengundurkan diri sebagai komisaris Telkom sejak 19 Januari 2024. Keputusan dari Abdee ini diambil seiring dengan langkahnya untuk mendukung pasangan capres cawapres Ganjar-Mahfud pada Pemilu 2024.

Sesuai dengan namanya yakni Abdee Negara, dia ingin mendorong agar kolusi, korupsi, dan nepotisme dihilangkan dari Indonesia. Menurut pendapat Abdee, yang bisa terus menegakkan demokrasi di Indonesia adalah Ganjar-Mahfud.

Bahkan pendapat Abdee itu juga disuarakan oleh anggota Slank lainnya termasuk Kaka, Bimbim, Ivan, dan Ridho. Berkat langkah yang diambil oleh Abdee untuk mundur dari jabatannya itu, banyak yang mengapresiasinya.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #riwayat #pendidikan #ahok #abdee #slank #adabnya #keduanya #disorot #usai #dukung #ganjar

KOMENTAR