Apa Itu Adventure Parenting? Ini Manfaatnya untuk Anak
apa itu adventure parenting (Freepik)
22:03
5 Oktober 2024

Apa Itu Adventure Parenting? Ini Manfaatnya untuk Anak

Salah satu cara bagi para orang tua untuk mengembangkan potensi anak yaitu bisa melalui adventure parenting. Lantas apa itu adventure parenting? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya.

Mungkin masih ada sebagian orang yang masing asing tentang adventure parenting. Pendekatan adventure parenting ini bisa jadi salah satu cara bagi para orang tua dalam membangun karakter maupun budi pekerti anak-anak.

Nah untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini penjelasan apa itu adventure parenting lengkap dengan manfaatnya yang perlu diketahui oleh para orangtua. Simak baik-baik!

Apa Itu Adventure Parenting

Adventure Parenting memungkinkan anak-anak belajar sambil  bermain di alam terbuka yang luas. Kegiatan ini dihabiskan dengan melakukan aktivitas seperti hiking, berkemah, menjelajahi gua, dan bermain guna mendorong anak-anak melampaui batas dan menemukan potensi mereka.

Baca Juga: 5 Doa Ibu untuk Anaknya Agar Lulus CPNS dan Dilancarkan Ujian

Adventure Parenting mengajarkan anak-anak bahwa hidup tidak selalu menyenangkan, tetapi hasil dari kegiatan ini sepadan dengan hasilnya. Terkadang, petualangan bisa jadi sulit dan bahkan tidak nyaman - penuh dengan lutut lecet, dan hal lainnya.

Namun dengan belajar mengatasi berbagai masalah dan berkembang dalam situasi seperti yang disebutkan ini, maka dapat membantu anak-anak untuk menjadi lebih berani, berempati, dan percaya diri.

Adventure Parenting ini juga memiliki sejumlah manfaat lainnya yang membantu meningkatkan yaitu skill atau kemampuan anak dalam kehidupan seharinya. Adapun beberapa manfaatnya sebagai berikut:

1. Keterampilan Intrapersonal: Dengan mengikuti adventure parenting maka anak akan bisa memahami kebutuhan dan keinginannya. Selain itu, anak juga jadi bisa menahan diri serta bisa mengelola emosi menggunakan kesadarannnya.

2. Kemampuan Interpersonal:  Kemampuan ini membantu anak-anak dalam berkomunikasi  dengan  baik serta mampu bernegosiasi. Selain itu, kemampuan ini juga membantu dalam meningkatkan  empati ke orang lain.

Baca Juga: Apa itu Grooming? Siswa Gorontalo Diduga Jadi Korban Gurunya

3. Kemampuan Sistemik: Kemampuan ini dapat membantu anak-anak untuk lebih mudah beradaptasi secara fleksibel, serta memiliki kemampuan untuk memahami dengan baik aturan dan norma yang ada

4. Kemampuan Menimbang: Kemampuan ini membantu anak-anak untui mulai mengembangkan keterampilan dalam  penilaian dan mampu untuk membuat keputusan sendiri dengan penuh pertimbangan.

Adapun salah satu contoh kegiatan adventure parenting yaitu Taro Rangers Camp. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Taro ini diadakan di kawasan Taman Safari Bogor pada tanggal 28-29 September 2024.

Adapun acara ini berisi kegiatan petualangan outdoor education yang berbasis experiential learning serta character building. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari tingkatan usai 8-12 tahun.

Demikian ulasan mengenai apa itu adventure parenting lengkap dengan manfaatnya untuk anak-anak yang perlu diketahui para orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #adventure #parenting #manfaatnya #untuk #anak

KOMENTAR