Anak Susah Menyikat Gigi Sebelum Tidur, Ternyata 4 Hal Ini Alasannya
Ilustrasi anak menyikat gigi bersama orang tuanya. (Sumber foto: Happy Trails Childrens Dentistry)
21:28
5 Oktober 2024

Anak Susah Menyikat Gigi Sebelum Tidur, Ternyata 4 Hal Ini Alasannya

- Memiliki anak-anak dengan gigi dan gusi yang sehat adalah harapan seluruh orang tua. Namun, untuk membuat anak-anak mau menyikat giginya sebelum tidur perlu perjuangan terus-menerus.

Dikutip dari Siloam Hospitals, sikat gigi sebelum tidur membawa banyak manfaat seperti menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Selain itu, dapat menjaga kesehatan gusi dan membuat napas menjadi lebih segar.

Ada empat alasan kenapa anak-anak malas untuk menyikat gigi. Dalam artikel ini akan memberikan jawabannya, sebagaimana dilansir Habbits.

1. Mereka belum memahami pentingnya sikat gigi
Alasan yang pertama adalah anak-anak belum memahami manfaat sikat gigi sebelum tidur. Padahal, hal tersebut sangat penting untuk kesehatan mulut.

Sebagai orang tua, cobalah untuk menjelaskan dampak tidak rajin sikat gigi sebelum tidur dengan cara yang lebih mudah dipahami. Misalnya, Anda dapat memberitahunya bahwa giginya akan berlubang dan dapat menyebabkan sakit gigi serta harus pergi ke dokter gigi.

2. Tidak menyenangkan bagi anak-anak
Bisa saja, anak-anak merasa bahwa menyikat gigi sebelum tidur adalah kegiatan yang membosankan. Anda bisa membuat kegiatan tersebut sedikit lebih menarik untuk anak-anak dengan cara bernyanyi saat melakukannya atau membiarkannya memilih sendiri pasta gigi yang disukai.

3. Tidak cocok dengan pasta giginya
Perhatikan pasta gigi yang dipakai, mungkin anak Anda tidak menyukainya karena sensitif pada rasanya. Ada anak-anak yang tidak menyukai pasta gigi yang terlalu beraroma mint. Untuk mengatasinya, Anda perlu mencoba berbagai pasta gigi yang rasa dan aromanya lebih membuat anak-anak nyaman.

4. Terlalu lelah dengan kegiatannya
Jika anak Anda memiliki kegiatan yang padat di sekolah atau di luar sekolah, saat pulang ke rumah mereka menjadi lelah. Akhirnya, membuat mereka langsung tidur tanpa menyikat giginya terlebih dahulu.

Anda bisa menerapkan rutinitas waktu tidur yang konsisten dan mencakup kegiatan menggosok gigi sebelum tidur. Disarankan untuk memasang alarm agar ia mengingat waktu menggosok gigi sebelum tidur.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #anak #susah #menyikat #gigi #sebelum #tidur #ternyata #alasannya

KOMENTAR