Isra Miraj 2024 Berapa Hijriah? Ini Amalan Sunnah yang Datangkan Pahala
Isra Miraj 2024 berapa Hijriah (Freepik)
10:54
24 Januari 2024

Isra Miraj 2024 Berapa Hijriah? Ini Amalan Sunnah yang Datangkan Pahala

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang dialami oleh Rasulullah SAW. Tahun ini, kira-kira Isra Miraj 2024 berapa Hijriah? Nah untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.

Diketahui bahwa Isra Miraj ini merupakan perjalanan Rasulullah SAW dalam semalam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dari bumi ke langit ke-7 (Sidratul Muntaha). Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

Jika dihitung berdasarkan penanggalan kalender Islam, kira-kira Isra Miraj 2024 berapa Hijriah? Untuk Selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya lengkap dengan amalan-amalannya yang bisa dilakukan umat Muslim

Waktu Pelaksanaan Isra Miraj 2024

Berdasarkan SKB 3 Menteri, Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini diperingati pada 27 Rajab 1445 Hijriah. Menurut perhitungan kalender Masehi,  Isra Miraj  2024 jatuh pada hari Kamis, 8 Februari 2024. Dalam SKB 3 Menteri, Isra Miraj tercatat sebagai hari libur nasional.

Namun berdasarkan catatan SKB 3 Menteri tersebut, tidak ada hari libur cuti bersama peringatan peringatan Isra Miraj. Dengan demikian, pada peringatan Isra Miraj 2024 hanya terdapat hari libur satu yaitu pada hari Kamis.

Amalan-amalan untuk Memperingati Isra Miraj

Pada peringatan Isra Miraj, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan baik. Adapun amalan-amalan tersebut yakni sebagai berikut:

1.  Perbanyak istighfar

Salah satu amalan pada hari Isra Miraj yaitu mengamalkan bacaan sayyidul istighfar di waktu pagi dan sore hari. Adapun bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِالنِّعْمَةِ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ قَالَ إِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُصْبِحُ مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنْ قَالَهَا بَعْدَمَا يُمْسِي مُوقِنًا بِهَا ثُمَّ مَاتَ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dann aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu taat kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yang kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau."

2. Puasa Sunnah

Pada peringatan Isra Miraj, umat Muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan puasa sunnah yang bunyi bacaan niat seperti berikut ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta’alaa,”

Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

3.  Memperbanyak doa

Selain banyak baca istighfar dan melaksanakan puasa sunnah, umat Muslim juga dianjurkan untuk perbanyak memanjatkan doa. Adapun bacaan doa doa Rajab jelang Isra Miraj yakni sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: "Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rajab dan Syaban dan sampaikan kami pada bulan Ramadan."

4. Berdzikir

Salah satu bacaan dzikir yang bisa kamu amalkan yaitu bacaan dzikir Nabi Ibrahim untuk Rasulullah SAW pada hari Isra Miraj. Adapun bacaan dzikirnya sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: "Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah SWT."

Demikian ulasan mengenai Isra Miraj 2024 berapa hijriah lengkap dengan amalan-amalannya yang bisa dilakukan oleh umat Muslim. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #isra #miraj #2024 #berapa #hijriah #amalan #sunnah #yang #datangkan #pahala

KOMENTAR