Mengenal Lebih Dekat Pasar Komoditas, Indonesia Jadi Salah Satu Produsen Terbesar
Ilustrasi CPO/crude palm oil (Freepik)
21:16
4 Oktober 2024

Mengenal Lebih Dekat Pasar Komoditas, Indonesia Jadi Salah Satu Produsen Terbesar

Di Indonesia, pasar komoditas memiliki peranan penting, terutama karena Indonesia merupakan salah satu produsen utama komoditas tertentu di dunia, seperti kelapa sawit, kopi, dan karet. Pasar komoditas Indonesia ini berperan penting dalam menentukan harga ekspor dan mempengaruhi pendapatan negara.

Pasar komoditas memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian global, di antaranya sebagai penentu harga, indikator ekonomi, hingga instrumen investasi.

IX Indobursa Exchange merupakan bursa yang berfokus pada perdagangan komoditas strategis di Indonesia, terutama sebagai referensi harga perdagangan minyak sawit mentah (CPO). Indonesia, sebagai produsen CPO terbesar di dunia, memerlukan tata kelola dan mekanisme perdagangan yang efisien. Kehadiran IX Indobursa Exchange diharapkan dapat mendukung transparansi dan efektivitas dalam perdagangan komoditi di Indonesia.

IX Indobursa Exchange. (Dok. Indobursa Exchange)IX Indobursa Exchange. (Dok. Indobursa Exchange)

IX Indobursa Exchange baru-baru ini diperkenalkan kepada para pemangku kepentingan sebagai bursa perdagangan komoditi yang andal dan transparan, serta memiliki izin sebagai bursa berjangka dari Bappebti - Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Awas! Bursa Efek Indonesia Mulai Awasi Saham SMDM

Menurut Agung Rihayanto selaku Direktur Utama IX Indobursa Exchange, bursa ini dirancang untuk mendukung transparansi dan efisiensi perdagangan komoditas strategis di Indonesia, terutama CPO.

"Kami berharap dapat menjadi referensi harga yang kredibel dan solusi dalam tata kelola perdagangan komoditi yang lebih baik," katanya dalam acara perkenalan.

Lebih lanjut, M. Arsjad Rasjid Prabu Maungkuningrat, selaku Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN), mengatakan bahwa dengan komoditas alam yang luar biasa melimpah, Indonesia harus siap bersaing secara global. Selain regulasi dari pemerintah, peran pasar juga menjadi kunci.

“Sebagai produsen CPO terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran strategis dalam menentukan arah pasar komoditas global. Pemerintah akan terus berupaya menciptakan referensi harga yang transparan dan kredibel, khususnya di sektor industri CPO, guna memperkuat posisi Indonesia di pasar internasional,” kata Dr. Ir. Kasan, MM , Kepala Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Indobursa Exchange mengusung konsep kolaborasi sehat dengan berbagai pihak di industri kelapa sawit, mulai dari petani kecil hingga perusahaan besar. Dengan demikian, tidak hanya menyediakan pasar yang terbuka bagi semua, tetapi juga mendukung peningkatan kualitas produk dan efisiensi perdagangan.

Baca Juga: Mantan Bos Bursa Sebut Perusahaan BUMN Seperti 'Kartel' Besar yang Berkelompok

Editor: Vania Rossa

Tag:  #mengenal #lebih #dekat #pasar #komoditas #indonesia #jadi #salah #satu #produsen #terbesar

KOMENTAR