Manfaat Pepaya Bagi Perempuan, Salah Satunya Berkhasiat Untuk Kesehatan Kulit
Manfaat Pepaya Bagi Perempuan, Salah Satunya Berkhasiat Untuk Kesehatan Kulit. (Freepik/wayhomestudio)
17:24
4 Oktober 2024

Manfaat Pepaya Bagi Perempuan, Salah Satunya Berkhasiat Untuk Kesehatan Kulit

 

Ketika seseorang mengalami sembelit, pasti yang tepikir pertama kali adalah buah pepaya atau pisang. 

Sejak dulu, keduanya telah dipercaya menjadi obat alami untuk memperlancar buang air besar bagi anak-anak maupun orang dewasa. Tak jarang para ibu memberikannya sebagai menu MPASI pada anaknya. 

Pepaya sangat kaya nutrisi baik yang berkhasiat bagi tubuh, meliputi: berbagai macam mineral, vitamin, dan antioksidan.

Kandungan vitamin C dalam kates bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh, produksi kolagen, dan kesehatan kulit. 

Berdasarkan informasi yang dikutip pada situs carehospitals.com, berikut manfaat pepaya bagi kesehatan:

Membantu proses pencernaan

Menjaga imunitas tubuh

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Menyehatkan kulit

Mempercepat penyembuhan luka

Meningkatkan kesehatan mata

Baik untuk kesuburan dan kesehatan reproduksi

Selain itu, adanya kombinasi dari antioksidan, serat, dan kalium pada kates dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menormalkan tekanan darah, serta meminimalisir penyakit jantung. 

Vitamin A dan C dalam buah ini mampu menjaga kesehatan kulit, membuatnya terhindari dari efek buruk sinar matahari berupa kerutan atau bintik hitam di wajah dengan cara meningkatkan produksi kolagen. 

Semua manfaat pepaya yang telah disebutkan sebelumnya bisa didapat baik melalui konsumsi secara langsung setelah dikupas kulitnya, ataupun diolah sebagai jus dan smoothies. 

Hindari untuk menambahkan gula atau susu kental manis secara berlebihan pada minuman tersebut. Selain akan mengurangi khasiat pepaya, juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Dilansir pada laman alodokter.com, terdapat 2 enzim pepaya yang sangat berkhasiat bagi kulit, yaitu 

Enzim papain dan likopen

Kandungan papain dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, serta mampu merevigakisasinya. Sedangkan likopen, berguna sebagai enzim untuk mengoptimalkan kesehatan kulit. 

Perempuan yang rutin mengkonsumsi likopen selama sepuluh hingga dua belas minggu, dapat mengurangi risiko kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari berupa iritasi atau sunburn.

Bahkan, beberapa diantaranya menjadikan buah ini sebagai retinol alami yang dapat membantu pembentukan sel kulit baru, sehingga kulit tampak lebih cerah. 

Vitamin folat 

Ketika perempuan sedang hamil, mereka sangat membutuhkan vitamin folat untuk membantu perkembangan janin dan kesehatan reproduksi. Sehingga sangat baik untuk mengkonsumsi buah pepaya yang memiliki kandungan tersebut.

Pastikan untuk mengkonsumsi buah kates matang, karena jika masih mudah, mampu menyebabkan kontraksi rahim sebelum waktunya. Hal ini dapat memicu terjadinya keguguran. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #pepaya #bagi #perempuan #salah #satunya #berkhasiat #untuk #kesehatan #kulit

KOMENTAR