Berkaca dari Kebiasaan Geni Faruk, Apakah Benar Madu Lebih Baik dari Gula?
Madu vs Gula. (Freepik)
09:56
4 Oktober 2024

Berkaca dari Kebiasaan Geni Faruk, Apakah Benar Madu Lebih Baik dari Gula?

Sebagai upaya menjaga kesehatan, Geni Faruk mengaku tak lagi menggunakan gula dan lebih memilih memakai madu. Dari sini, mulailah timbul pertanyaan dari warganet apakah madu benar-benar lebih sehat dari gula?

"Kalau dulu kan Umi selalu bilang campurkan garam dengan gula. Tapi sekarang Umi enggak pake gula, pakainya madu," ujar Geni Faruk dalam video TikTok yang menunjukkan dirinya sedang memasak, dilansir pada Jumat (4/10/2024).

Tak hanya itu, ibu Atta Halilintar itu juga sempat membagikan pengalamannya memesan makanan tanpa gula dan menambahkan madu yang dibawanya sendiri.

"Tips dari Umi yang berusaha menghindari gula untuk kesehatan, ini substitusi alias penggantinya guys, yang sehat, bagus juga buat immune booster. Exactly! Madu! Dan pilih yang bener-bener pure, gak dicampur sama gula ya guys," tulis Geni Faruk dalam unggahan Instagram.

Baca Juga: Sering Tak Disadari, Inilah Ciri-Ciri Tubuh Kelebihan Gula

Lantas, Apakah Madu LebihBbaik Dibandingkan Gula?

Jika dilihat dari kandungan gizi, kalori, risiko, dan manfaatnya, madu memang lebih menyehatkan dibandingkan gula. Oleh karena itulah, pemanis ini kerap dijadikan sebagai pengganti gula.

Tak hanya itu, madu juga menawarkan beberapa zat gizi tambahan, termasuk vitamin, asam amino, dan antioksidan.

Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa madu tetap mengandung gula yang kalorinya hampir serupa dengan gula pasir. Itu artinya, mengonsumsi terlalu banyak madu tetap tidak dianjurkan karena masih memiliki risiko meningkatkan gula darah dan komplikasi yang menyertainya.

Selain itu, madu juga tidak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 12 bulan karena berisiko menyebabkan botulisme.

Baca Juga: Berbahaya! Bikin Gampang Sakit, Ahli Gizi Ungkap Kondisi Tubuh jika Konsumsi Gula Berlebih

Ilustrasi madu (pexels.com/Pixabay)Ilustrasi madu (pexels.com/Pixabay)

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa madu bisa menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan gula pasir atau jenis gula olahan lainnya, tetapi Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

Jika ingin menggunakan madu, usahakan pula untuk mencari madu murni. Pasalnya, madu yang sudah dicampur dengan gula tambahan mungkin memiliki efek serupa seperti gula olahan pada umumnya.

Selain itu, apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskan untuk mengonsumsi lebih sedikit gula, sebaiknya bicarakan keputusannya dengan dokter terlebih dahulu.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #berkaca #dari #kebiasaan #geni #faruk #apakah #benar #madu #lebih #baik #dari #gula

KOMENTAR