Beda Pendidikan Arteria Dahlan dan Romy Soekarno, Gantian Posisi di DPR RI
Romy Soekarno. [Instagram]
21:07
2 Oktober 2024

Beda Pendidikan Arteria Dahlan dan Romy Soekarno, Gantian Posisi di DPR RI

Jelang pelantikan, Arteria Dahlan justru memutuskan untuk mundur sebagai anggota DPR periode 2024–2024. Sebagai gantinya, muncul lah nama cucu presiden Soekarno, Hendra Rahtomo alias Romy. Dari sini, beberapa warganet menjadi penasaran dengan beda pendidikan Arteria Dahlan dan Romy Soekarno.

Bagi Anda yang belum tahu, Arteria Dahlan sendiri sebenarnya merupakan pengganti dari Sri Rahayu. Ia adalah kader PDIP dengan perolehan suara tertinggi di dapil Jatim VI.

Pendidikan Romy Soekarno

Sayang sekali, sejauh ini tidak ada informasi akurat terkait latar pendidikan Romy Soekarno. Akan tetapi, anak dari pasangan Rachmawati Soekarnoputri dan Martomo Pariatman Marzuki ini diketahui menjadi Dewan Pembina Yayasan Fatmawati. Ini merupakan yayasan yang menaungi Universitas Bung Karno di Jakarta Pusat.

Baca Juga: Jabat Ketua DPR RI 2 Periode, Puan Maharani Dinilai Figur Perempuan Berkompeten

Di samping latar pendidikannya, karir politik Romy Soekarno dimulai ketika ia menjadi Dewan Penasehat Komunitas Banteng Muda (KBM) PDIP, partai yang didirikan oleh sang bibi, Megawati Soekarnoputri.

Dibandingkan politik, Romy memang tampaknya lebih dulu menginjakkan kaki di dunia musik. Cucu Bung Karno ini diketahui merupakan Presiden Direktur PT 1945 Nuswantara Investama. Sebelumnya, ia bahkan sempat menjadi seorang DJ atau disc jockey.

Pendidikan Arteria Dahlan

Terlahir dari orang tua dengan profesi guru, Arteria Dahlan banyak menghabiskan masa sekolah di Jakarta. Politikus PDIP ini merupakan alumni SMP Negeri 2 Jakarta dan SMA Negeri 70 Jakarta.

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan. [Instagram/@Arteriadahlan]Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan. [Instagram/@Arteriadahlan]

Masih di kota yang sama, Arteria memilih untuk kuliah strata satu di Universitas Trisakti dengan jurusan Teknik Elektro. Tak hanya itu, ia juga mengambil S1 Kekhususan Hukum Ekonomi di Universitas Indonesia.

Baca Juga: Pasha Ungu Sukses Jadi Anggota DPR, Kiesha Alvaro Siap Terjun ke Politik?

Masih berkutat di dunia hukum, Arteria Dahlan melanjutkan pendidikan magister alias S2 di Universitas Indonesia dengan jurusan Ilmu Hukum Ketatanegaraan.

Nama Arteria Dahlan juga sempat tercatat sebagai mahasiswa S3 Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran. Namun, status mahasiswa Arteria Dahlan tiba-tiba saja hilang di semester genap tahun 2019 lalu. 

Sampai saat ini, tidak diketahui secara pasti apa alasannya mundur dari Unpad. Pasalnya, setelah itu ia memilih untuk menempuh S3 dengan jurusan serupa di tempat lain, yaitu Universitas Airlangga.

Meski memutuskan untuk mengundurkan diri dari anggota DPR, Arteria Dahlan sendiri sebenarnya sudah pernah mengemban jabatan tersebut selama periode 2019–2024. kala itu, ia lolos dari daerah pemilihan Jawa Timur VI.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #pendidikan #arteria #dahlan #romy #soekarno #gantian #posisi

KOMENTAR