7 Kebiasaan untuk Menjaga Daya Ingat Tetap Tajam Seiring Bertambahnya Usia, Menurut Ilmu Kognitif
Ilustrasi orang yang telah dewasa dengan daya ingat tetap tajam. (Pixabay)
20:32
2 Oktober 2024

7 Kebiasaan untuk Menjaga Daya Ingat Tetap Tajam Seiring Bertambahnya Usia, Menurut Ilmu Kognitif

– Seiring bertambahnya usia kita mungkin merasa mudah melupakan sesuatu dan kurang cepat menangkap suatu informasi. Berkurangnya daya ingat sering dianggap hal yang tidak dapat dihindari.

Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, kita dapat mengendalikan proses tersebut. Sama seperti tubuh fisik kita, otak kita dapat memperoleh manfaat dari perawatan dan latihan secara rutin.

Dilansir dari geediting.com, kita bisa melatih daya ingat agar tetap kuat dengan aktif bersosialisasi hingga mengelola stres yang kita alami.

Kebiasaan yang kita bangun setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan kognitif di masa mendatang.

Terdapat praktik-praktik ringan yang dapat berdampak pada daya ingat kita, seperti tidur, konsumsi makanan sehat, dan mengasah otak dengan teka-teki. Hal ini dapat menjaga pikiran kita tetap tajam walaupun bertambahnya usia.

Inilah tujuh kebiasaan yang membantu menjaga ingatan Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

1. Tetap aktif secara mental

Sama seperti aktivitas fisik yang membuat tubuh tetap bugar, latihan berpikir dapat membantu otak Anda tetap tajam. Dalam ilmu kognitif terdapat teori “gunakan atau kehilangan.”

Hal ini menunjukkan bahwa semakin sering Anda menggunakan otak, semakin baik kinerja otak Anda. Melakukan aktivitas yang merangsang pikiran dapat melindungi daya ingat dan kemampuan berpikir Anda.

Aktivitas ini bisa berupa membaca buku, mengerjakan teka teki seperti Sudoku atau teka-teki silang. Anggaplah ini latihan untuk pikiran Anda, yang membantu menjaga kinerja otak agar tetap tajam dalam berpikir.

Jika Anda memang ingin mempertahankan daya ingat yang tajam seiring bertambahnya usia, pastikan Anda memberikan latihan yang dibutuhkan otak Anda. Ini adalah kebiasaan sederhana dan menyenangkan dalam memberikan manfaat jangka panjang.

2. Prioritaskan tidur

Anda mungkin tidak menganggap tidur sebagai kebiasaan, tetapi sebuah kebutuhan. Itu tidaklah salah, tidur juga merupakan salah kebiasaan terpenting untuk mempertahankan daya ingat.

Penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara tidur yang teratur dan fungsi memori. Selama tidur, otak Anda sibuk memproses informasi dari hari itu dan membentuk memori di dalamnya.

Jadi jangan pernah menganggap remeh tidur yang cukup terutama di malam hari. Tidur malam bukan hanya sekedar peremajaan fisik, tetapi juga bagian penting untuk menjaga daya ingat dan pikiran tetap tajam seiring bertambahnya usia.

3. Menjaga pola makan yang sehat

Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi penting juga untuk otak Anda seiring bertambahnya usia. Terdapat makanan tertentu yang sangat baik untuk kesehatan otak.

Ini termasuk buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, protein rendah lemak, dan asam omega-3 yang ada dalam ikan. Hindari makan yang tinggi lemak dan kolesterol karena dapat merusak kesehatan otak.

Jadi, jika Anda ingin menjaga daya ingat agar tetap tajam seiringnya bertambah usia, pertimbangkan apa yang selalu Anda makan setiap hari. Pola makan sehat dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga daya ingat tetap tajam seiring bertambahnya usia.

4. Tetap bersosialisasi

Berinteraksi dengan orang lain tidak hanya membuat hidup lebih menyenangkan, tetapi dapat menjaga otak kita tetap aktif. Interaksi sosial yang teratur dapat membantu memperlambat penurunan daya ingat.

Hal ini karena aktivitas sosial merangsang berbagai area yang terlibat dalam memori. Bersosialisasi seperti bertemu teman, bergabung dengan klub, atau volunteer akan memberikan manfaat pada mental Anda.

Hal ini menjaga pikiran Anda tetap tajam, selain itu dapat meningkatkan fungsi kognitif yang lebih baik seiring bertambahnya usia.

5. Hindari konsumsi alkohol

Minum alkohol dapat membahayakan kesehatan otak dan dapat menyebabkan gangguan memori. Penting untuk menghindari asupan alkohol jika Anda ingin menjaga kesehatan otak Anda tetap tajam.

Dengan menghindari konsumsi alkohol akan membuat banyak perbedaan pada kesehatan fisik dan otak Anda. Pikiran akan lebih jernih, dan daya ingat Anda akan semakin membaik.

6. Olahraga teratur

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan membentuk otot, olahraga juga penting untuk menjaga kesehatan otak. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Ini termasuk otak, Anda, dan dapat membantu menjaga daya ingat Anda tetap tajam seiring bertambahnya usia. Telah dibuktikan dalam penelitian, bahwa olahraga secara teratur dapat membantu memperlambat penurunan daya ingat.

7. Mengelola stres

Stres kronis dapat merusak pikiran Anda. Stres dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan menurunnya daya ingat Anda. Tingginya kadar hormon stres kortisol dapat mengganggu fungsi hipokampus, ini adalah bagian otak yang penting untuk memori dan pembelajaran.

Jadi penting untuk menemukan cara yang efektif mengelola stres. Ini bisa melalui meditasi, yoga, latihan pernapasan, atau Teknik relaksasi lainnya yangs sesuai dengan Anda. Jadi, mengelola stres tidak hanya untuk mental, tetapi berguna untuk daya ingat Anda.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #kebiasaan #untuk #menjaga #daya #ingat #tetap #tajam #seiring #bertambahnya #usia #menurut #ilmu #kognitif

KOMENTAR