Happy Asmara Makan Babi saat Live TikTok, Bagaimana Hukum dalam Islam?
Happy Asmara (Instagram/happy_asmara77)
18:50
2 Oktober 2024

Happy Asmara Makan Babi saat Live TikTok, Bagaimana Hukum dalam Islam?

Penyanyi dangdut Happy Asmara tak sengaja makan babi saat live TikTok, Selasa (1/10/2024). Momen Happy memakan daging babi ini terjadi saat sedang berada di Taichung, Taiwan.

Dalam video live TikTok, Happy asyik memakan nasi dan daging yang baru dibelinya di depan hotel. Ia bermaksud makan sambil menyapa penggemarnya di TikTok. Istri Gilga Sahid ini ditemani oleh rekannya.

Tiba-tiba Happy bertanya ke temannya tentang daging apa yang ia makan. Pasalnya, ia merasa daging yang dimakannya sangat empuk.

"Iki daging sapi? Empuk ki daginge (Ini daging sapi? Empuk nih dagingnya ya)," kata Happy Asmara sambil mengunyah nasi dan daging babi.

Baca Juga: Beda dari Happy Asmara, Kris Dayanti Pilih Bungkam Saat Dicurigai Makan Babi

Happy pun kaget saat membaca komentar dari para penonton livenya. Banyak yang menulis jika daging itu adalah babi. Sontak, ia kaget dan langsung mengecek kandungan daging dengan bantuan Google Terjemahan.

Saat menyadari bahwa daging yang ia makan adalah daging babi, Happy langsung mencoba memuntahkannya. Ia mengaku tidak rela memakan daging babi. 

"Waduh, rasanya tenggorokanku kayak nggak rela gitu," ucap Happy dalam live TikToknya.

Dengan panik, Happy langsung keluar dari frame live TikToknya. Penonton bisa mendengar suara ia mencoba memuntahkan makanan yang telah ia konsumsi. Warganet pun kaget dan mengingatkan Happy untuk hati-hati.

Hukum konsumsi daging Babi dalam Islam

Hukum Konsumsi Daging Babi Dalam IslamHukum Konsumsi Daging Babi Dalam Islam

Kejadian yang dialami Happy Asmara langsung mencuri perhatian publik. Tak sedikit warganet menyalahkan panitia acara yang mengundang Happy Asmara untuk manggung di Taichung, Taiwan.

Baca Juga: Dilakukan Happy Asmara Saat Live, Kapan Boleh Makan Daging Babi?

Pasalnya, panitia seharusnya menyediakan makanan dan tidak membiarkan Happy Asmara membeli sendiri.  Apalagi, Happy menganut agama Islam dan tidak diperbolehkan mengonsumsi daging babi.

Dalam Islam, umat Muslim diharamkan untuk mengonsumsi daging babi. Hal ini tertuang dalam Surah Al Baqarah ayat 173 yang berbunyi:

"Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu untuk makan bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) menyebut nama selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (untuk memakannya) sedangkan dia tidak menginginkannya dan tidak (juga) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Meskipun demikian, umat Muslim boleh mengonsumsi babi dalam kondisi terpaksa. Salah satunya jika sudah tidak ada makanan lain untuk bertahan hidup. Namun perlu diingat, hal ini hanya diizinkan dalam keadaan mendesak.

Selain itu, mengonsumsi daging babi juga dianggap tidak dosa jika memang tidak sengaja, seperti kasus Happy Asmara. Ketidaktahuan seseorang akan kandungan babi yang dikonsumsi, menurut agama Islam, adalah tindakan yang diampuni oleh Allah SWT.

Sebaliknya, jika umat Islam mengetahui bahwa daging yang dikonsumsi adalah babi, maka mereka diminta segera bertaubat.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #happy #asmara #makan #babi #saat #live #tiktok #bagaimana #hukum #dalam #islam

KOMENTAR