Cara Menyimpan Kopi Biar Tetap Segar, Ini Tips Langsung dari Ahlinya!
Ilustrasi kopi. [Suara.com/Alfian Winanto]
15:13
2 Oktober 2024

Cara Menyimpan Kopi Biar Tetap Segar, Ini Tips Langsung dari Ahlinya!

Menjaga kualitas kopi tetap segar merupakan langkah penting untuk menikmati cita rasa yang optimal. Atas dasar, penyuka kopi tidak boleh sembarangan menyimpannya dan mesti mengetahui yang terbaik dari para ahli.

Pengusaha kopi sangrai, Jhon Richard Christhoper dari Fugol Coffee Roaster menjelaskan, kopi sebaiknya disimpan dalam bentuk biji agar kesegaran kopi lebih tahan lama.

"Optimalnya, kopi akan selalu lebih baik jika disimpan dalam bentuk biji. Kami selalu menyarankan untuk membeli grinder (penggiling kopi) agar kesegaran kopi tetap terjaga," ujar Jhon, dikutip dari Antara, Rabu (2/10/2024).

Menurut Jhon, biji kopi mengandung senyawa yang mudah menguap, sehingga kopi yang sudah digiling dan disimpan terlalu lama akan kehilangan sebagian kandungannya. Inilah alasan mengapa kopi bubuk yang telah lama disimpan rasanya tidak sebaik kopi yang baru digiling.

"Kopi bubuk tidak akan lebih baik rasanya dibandingkan dengan kopi yang di-grind fresh. Oleh sebab itu, kami selalu mengedukasi untuk membeli grinder agar bisa menikmati kualitas kopi terbaik," jelasnya.

Selain itu, Jhon juga menekankan pentingnya menyimpan kopi bubuk di tempat yang kedap udara dan tertutup rapat agar tahan lama. Menurutnya, kopi bubuk bisa bertahan selama dua hingga tiga bulan, sedangkan biji kopi yang sudah disangrai hanya bisa disimpan sekitar satu bulan di wadah tertutup.

Jhon juga memberikan saran dalam memilih biji kopi sangrai berdasarkan metode penyeduhan. Untuk kopi dengan filter, biji kopi dengan sangrai ringan hingga medium akan menghasilkan aroma yang lebih kuat.
Sementara itu, bagi pecinta espresso, biji kopi dengan tingkat sangrai medium hingga dark roast yang lebih pahit bisa menjadi pilihan terbaik.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #cara #menyimpan #kopi #biar #tetap #segar #tips #langsung #dari #ahlinya

KOMENTAR