Tanggal 5 Oktober Hari Apa, Libur Atau Tidak?
5 oktober hari apa (freepik)
14:38
2 Oktober 2024

Tanggal 5 Oktober Hari Apa, Libur Atau Tidak?

Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari apa? Lalu, apakah tanggal 5 Oktober libur atau tidak? Temukan jawabannya melalui ulasan di bawah ini, yuk!

Di Indonesia, tanggal 5 Oktober secara rutin diperingati sebagai Hari Ulang Tahun TNI (HUT TNI). Tapi selain HUT TNI, ternyata juga masih ada banyak peringatan lain yang jatuh pada tanggal 5 Oktober, lho. Apa sajakah peringatan itu?

5 Oktober Hari Apa?

Ada beberapa peringatan yang jatuh pada tanggal 5 Oktober, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya yaitu peringatan Hari Guru Sedunia, yang telah ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Perlu diketahui, Hari Guru Sedunia ini berbeda dengan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November. Peringatan Hari Guru Sedunia 5 Oktober pertama kali dideklarasikan oleh UNESCO pada tahun 1994 silam.

Melansir situs web resmi UNESCO, pada tanggal itu adalah ulang tahun diadopsinya rekomendasi ILO tentang status guru pada tahun 1966. Kemudian dari rekomendasi tersebut ditetapkan standar mengenai hak dan tanggung jawab guru, standar untuk pendidikan dasar dan pendidikan menengah, perekrutan, pekerjaan, serta kondisi belajar mengajar.

Baca Juga: Tahukah Kamu Tanggal 2 Oktober Hari Apa? Ada Momen Istimewa!

Selanjutnya pada 1977, rekomendasi terkait status tenaga pengajar pendidikan tinggi dirumuskan dan diadopsi dengan tujuan untuk melengkapi rekomendasi yang pertama. Peringatan hari guru sedunia ini bertujuan untuk mengapresiasi semua guru yang ada di seluruh dunia, dan peringatan ini juga untuk merefleksikan dukungan sekaligus mengupayakan jalan ke depan bagi profesi guru secara global.

Selain HUT TNI dan Hari Guru Sedunia, masih ada peringatan lain yang ditandai pada tanggal 5 Oktober seperti hari kelahiran presiden Republik Ceko pertama yang bukan komunis, yaitu Vaclav Havel. Lalu, ada pula peringatan masa perang tahun 1812 yang terjadi antara Amerika Serikat dan Inggris.

5 Oktober Libur Atau Tidak?

Ada banyak peringatan yang ditetapkan pada tanggal 5 Oktober di level nasional maupun internasional. Lantas, apakah tanggal 5 Oktober libur atau tidak?

Pada tanggal 5 Oktober 2024 memang akan ada peringatan hari besar di Indonesia yang akan dirayakan seluruh elemen masyarakat, yaitu HUT TNI. Namun jika merujuk pada SKB 3 Menteri, tanggal 5 Oktober 2024 tidak termasuk hari libur atau tanggal merah hari nasional. Hanya saja pada tanggal 5 Oktober 2024 itu bertepatan pada hari Sabtu adapun sehari setelahnya juga merupakan hari libur akhir pekan, yaitu hari Minggu.

Demikian informasi mengenai peringatan 5 Oktober yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga: 16 September Hari Apa? Liburan Long Weekend di Depan Mata!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #tanggal #oktober #hari #libur #atau #tidak

KOMENTAR