Biodata dan Pendidikan Ahok, Bestie Jokowi Skakmat Gibran soal Tesla
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram @basukibtp)
14:40
23 Januari 2024

Biodata dan Pendidikan Ahok, Bestie Jokowi Skakmat Gibran soal Tesla

Pada debat keempat Pilpres 2024 yang digelar pada Minggu, (21/1/2024), ada beberapa ucapan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang mengundang beragam reaksi dari berbagai pihak. Salah satu ucapannya yang cukup disorot terkait Tesla yang menurutnya menggunakan nikel sebagai bahan baku baterai.

Pernyataan tersebut dianggap berbeda dan tidak sejalan dengan pendapat dari Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok beberapa waktu lalu.

Ahok menyebut jika Tesla dan China sudah mulai meninggalkan nikel sebagai bahan baku utama dalam membuat baterai.

Ucapan tersebut ia lontarkan ketika meresmikan fasilitas stasiun pengisian bahan bakar hidrogen atau SPBH di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

"Saya kira salah satu masa depan itu adalah hidrogen. Kita bukan kritik soal kendaraan listrik, sekarang Tesla, China sudah tinggalkan (baterai) berbasiskan nikel," ujar Ahok.

Perbedaan pandangan antara Gibran dan Ahok turut menjadi perhatian publik. Alhasil, warganet pun membandingkan bagaimana latar pendidikan Gibran dan Ahok.

Berikut adalah biodata dan pendidikan Eks Gubernur DKI Jakarta, Ahok.

Rekam Jejak Ahok

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Instagram/@basukibtp)

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M alias Ahok adalah seorang pengusaha dan politikus keturunan Tionghoa-Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina sejak November 2019.

Karier politiknya dimulai ketika bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru pada 2003 di Belitung dan kemudian menjadi anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian pada Pilkada 2005, ia diusung menjadi calon Bupati Belitung Timur didampingi oleh Khairul Effendi dan berhasil memenangkan kontestasi tersebut.

Lantas, Partai Golkar menjadi wadah politik baru bagi Ahok yang berhasil mengantarkannya menjadi  DPR RI untuk Dapil Kepulauan Bangka Belitung pada Pemilu Legislatif tahun 2009.

Barulah pada tahun 2012 namanya semakin bersinar ketika digandeng oleh Joko Widodo dalam kontestasi Pilgub DKI Jakarta.

Pendidikan Ahok

Ilustrasi Basuki Tjahaja Purnama/Ahok.  [Suara.com/Eko Faizin]Ilustrasi Basuki Tjahaja Purnama/Ahok. [Suara.com/Eko Faizin]

Untuk latar pendidikan, Ahok mendapat gelar insinyur pada tahun 1990 di jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Trisakti.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya dan mendapat gelar magister pada tahun 1994.

Sebagai seorang pebisnis, ia mengawali kiprahnya pada tahun 1992 ketika menjabat sebagai direktur PT Nurindra Ekapersada.

Lantas, ia mendirikan pabrik pengolaan pasir kuarsa di Manggar, Belitung Timur, yang merupakan pabrik pertama di Pulau Belitung.

Dengan keseriusan dalam membangun bisnis, usahanya lantas mendapat kepercayaan dari investor Korea untuk membangun Tin Smelter atau pelabuhan biji timah di KIAK.

Biodata Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Suara.com/Angga Budhiyanto)Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Suara.com/Angga Budhiyanto)
  • Nama: Basuki Tjahaja Purnama
  • Tanggal Lahir: 29 Juni 1966
  • Tempat lahir: Bangka Belitung
  • Agama: Kristen Protestan
  • Karier Politik: Ketua DPC PIB Kabupaten Belitung, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Bupati Belitung Timur 2005 -2006, Anggota Komisi II DPR RI 2009-2012, Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012-2014, Gubernur DKI Jakarta 2014-2017.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biodata #pendidikan #ahok #bestie #jokowi #skakmat #gibran #soal #tesla

KOMENTAR