Apakah Merokok Menimbulkan Jerawat? Simak Penjelasan Berikut Ini
Merokok dan jerawat (Freepik)
15:08
28 September 2024

Apakah Merokok Menimbulkan Jerawat? Simak Penjelasan Berikut Ini

 

 Taukah Anda merokok ternyata dapat menyebabkan munculnya jerawat di wajah Anda.

Dilansir dari laman verywellhealth.com oleh JawaPos.com, Sabtu (28/9), merokok dapat menyebabkan beberapa jenis jerawat.   Biasanya bentuk jerawat ini disebut dengan bentuk jerawat non-inflamasi yang atau jerawat pascaremaja atipikal (APAA).

Selain itu merokok juga dikaitkan dengan kondisi mirip dengan jerawat yang dikenal sebagai jerawat inversa. Jerawat ini dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Zat kimia dalam asap tembakau dapat merusak kulit dengan cara yang sama seperti yang terjadi pada organ tubuh lainnya.

Zat kimia tersebut juga dapat mengubah komposisi dan kepadatan minyak kulit, yang dikenal sebagai sebum, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya komedo hitam dan putih.

Para peneliti di San Gallicano Dermatological Institute di Italia termasuk yang pertama kali menyatakan bahwa merokok menyebabkan jenis jerawat tertentu yang dikenal sebagai jerawat pascaremaja atipikal atau atypical post-adolescent acne (APAA)

APAA adalah bentuk jerawat non-inflamasi yang tidak menyebabkan kemerahan, rasa hangat, dan pembengkakan seperti bentuk peradangan jerawat lain seperti jerawat kistik, jerawat nodular, dan jerawat vulgaris (bentuk jerawat yang paling umum).

Daripada menghasilkan jerawat yang meradang, APAA menyebabkan benjolan kulit kecil yang tidak meradang yang dikenal sebagai komedo. Komedo terbentuk ketika sebum dan sel kulit mati menyumbat kelenjar penghasil minyak di kulit yang dikenal sebagai kelenjar sebasea.

Ada dua jenis komedo yang dapat muncul pada jerawat orang perokok. Pertama komedo tertutup atau dikenal sebagai komedo putih. Komedo ini muncul ketika sumbatan tetap berada di bawah permukaan kulit, sehingga menimbulkan benjolan berwarna daging atau keputihan.

Kedua, yakni komedo terbuka biasa dikenal sebagai komedo hitam, komedo ini muncul ketika sumbatan terkena udara dan mulai menggelap karena oksidasi (reaksi kimia yang dipicu oleh oksigen).

Pada jerawat orang merokok, munculnya komedo dapat membuat kulit bertekstur kasar dan tidak merata.

Peneliti telah menemukan bahwa dua faktor yang saling terkait berkontribusi terhadap perkembangan APAA.

Yang pertama yakni peroksidasi sebum. Ini terjadi ketika molekul tidak stabil yang dikenal sebagai radikal bebas menyerang asam lemak dalam sebum. Sehingga menyebabkan minyak terurai dan menjadi lebih tebal dan lengket. Ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan komedo.

Faktor kedua yaitu penurunan produksi vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan yang mencegah radikal bebas menyebabkan peroksidasi. Asap rokok menguras vitamin E dari darah, dengan demikian dapat meningkatkan risiko peroksidasi sebum oleh radikal bebas.

Temuan ini didukung oleh sebuah studi tahun 2015 dari Ohio State University yang menyatakan bahwa hidrokarbon (sejenis radikal bebas yang ditemukan dalam asap rokok) diyakini sebagai penyebab di balik APAA.      

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #apakah #merokok #menimbulkan #jerawat #simak #penjelasan #berikut

KOMENTAR