Jarang Diketahui! Minum Air Kelapa Secara Berlebihan, Ternyata Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan
Bahaya mengonsumsi Air Kelapa berlebihan / Youtube @Nova_Veronika
06:32
28 September 2024

Jarang Diketahui! Minum Air Kelapa Secara Berlebihan, Ternyata Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

- Biasanya air kelapa selalu dikenal dengan manfaat ataupun jenis olahannya.

Namun, ternyata minuman ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dapat terjadi apabila seseorang mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Tidak hanya kelapa, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih tentu akan mengakibatkan efek yang tidak baik bagi tubuh.

Coconut water adalah pilihan terbaik saat seseorang baru saja berolahraga atau beraktivitas fisik lainnya, karena dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berolahraga.

Karena popularitasnya, minuman ini bahkan menjadi salah satu takjil wajib saat memasuki bulan suci ramadhan.

Dilansir dari health.com, mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti alergi dan peningkatan kadar kalium (hiperkalemia).

Kalium mampu menurunkan tekanan darah dengan cara membuang kelebihan natrium dari tubuh, akibatnya mengurangi tekanan pada dinding pembuluh darah.

Ketika seseorang mengalami hiperkalemia, dapat menyebabkan nyeri dada hingga serangan jantung akibat adanya penumpukan kalium dalam darah yang tidak mampu dibuang oleh ginjal.

Berdasarkan informasi yang telah ditinjau oleh dr. Sienny Agustin pada situs alodokter.com, bagi penderita hipertensi air kelapa mampu menurunkan tekanan darah, sehingga dampak yang mereka dapat adalah sisi positifnya.

Namun, orang yang memiliki tekanan darah rendah (hipotensi), sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, karena air kelapa bisa menyebabkan penurunan tekanan darah. Hal ini menyebabkan coconut water tidak dianjurkan diminum oleh mereka.

Tidak semua orang dapat mengkonsumsi dan merasakan khasiat dari air kelapa, orang yang mengidap penyakit tertentu, tidak dianjurkan meminumnya.

Pastikan untuk tidak minum air kelapa secara berlebihan, serta jangan menjadikan minuman ini sebagai sumber hidrasi utama bagi tubuh.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jarang #diketahui #minum #kelapa #secara #berlebihan #ternyata #bisa #sebabkan #masalah #kesehatan

KOMENTAR