Mengapa Sering Tumbuh Jerawat Saat Hamil? Simak Penjelasan dan Cara Mengatasinya!
Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Freepik)
13:16
27 September 2024

Mengapa Sering Tumbuh Jerawat Saat Hamil? Simak Penjelasan dan Cara Mengatasinya!

 

Kehamilan merupakan hadiah yang ditunggu-tunggu oleh sepasang suami-istri, terutama bagi yang masa pernikahannya sudah terbilang cukup lama.

Demi sang buah hati hadir di dunia, para ibu hamil selalu menyiapkan dirinya terutama menghadapi keluhan-keluhan yang akan dilalui selama 9 bulan 10 hari baik yang umum seperti mual, pusing, hingga masalah khusus pada kulit seperti jerawat.

Dilansir dari portal Parents, tumbuhnya jerawat pada kehamilan merupakan hal wajar terutama saat trimester pertama dikarenakan terjadinya kenaikan hormon progesterone yang cenderung meningkatkan produksi minyak (sebum) berlebih.

Selain itu, faktor lain yang dapat menumbuhkan jerawat saat kehamilan adalah stress yang berlebihan.

Dalam penanganannya, jerawat saat kehamilan dapat dimulai dengan perawatan mandiri. Seperti yang dilansir oleh Mayoclinic.org berikut merupakan cara merawat jerawat kehamilan secara mandiri :

  • Rutin Mencuci Area yang Berjerawat

Disarankan mencuci wajah dengan menggunakan sabun dan air hangat dua kali sehari. Hindari produk - produk yang dapat mengiritasi kulit seperti scrub wajah dan astringen. Serta jangan mencuci dan menggosok wajah secara berlebihan yang dapat mengiritasi kulit

  • Mencuci Rambut Secara Teratur

Saat berjerawat, terutama di sekitar garis rambut, disarankan untuk mencuci rambut secara rutin

  • Jangan Memencet Jerawat

Dengan memencet jerawat, dapat menyebabkan infeksi atau jaringan parut. Sehingga jangan sekali – kali memencet jerawat

  • Hindari Bahan yang Menyebabkan Iritasi

Saat berjerawat hindari menggunakan kosmetik yang mengandung minyak, tabir surya, atau produk yang dapat menutupi jerawat. Gunakan produk yang berbahan dasar air atau noncomedogenic atau produk yang minim kemungkinan menyebabkan jerawat

  • Perhatikan Apa yang Menyentuh Kulit

Hindari meletakkan tangan atau benda ke wajah, rambut harus tetap bersih dan jangan sampai terkena wajah. Selain itu, pakaian juga dapat menyebabkan jerawat karena jika anda berkeringat, sehingga harus memilih pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Jika ingin lebih cepat dalam penyembuhan jerawat, pnggunaan obat- obatan juga dapat mengatasi jerawat saat hamil seperti yang mengandung Eritromisin (Erygel, Eythra-derm), Klindamisin (cleocin T, Clindagel), selain itu yang megandung Benzoil Peroksida dan Asam Azelaic.

Jika dirasa lebih khawatir mengenai jerawat saat kehamilan, maka disaankan untk melakukan konsultasi dengan fasilitas kesehatan seperti mengujungi dokter kulit agar dapat memberikan solusi mengenai manfaat dan risiko dari pengobatan pada jerawat kehamilan.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengapa #sering #tumbuh #jerawat #saat #hamil #simak #penjelasan #cara #mengatasinya

KOMENTAR