Wajib Tahu, Yang bisa Bikin Cepat menambah Berat Badan
Ilustrasi makan dengan porsi yang banyak (https://pin.it/smm5WX4XT)
12:00
23 Januari 2024

Wajib Tahu, Yang bisa Bikin Cepat menambah Berat Badan

- Hingga saat ini, banyak orang yang menganggap obesitas merupakan salah satu pemicu gangguan kesehatan.

Bahkan, penyakit ini juga bisa menyerang orang yang berat badannya tidak ideal. Tidak semua orang cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Sebagian besar faktor disebabkan oleh kecenderungan genetik atau pola makan yang tidak tepat.

Kebanyakan orang percaya bahwa makan dalam jumlah besar dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Padahal, kunci terpenting untuk menambah berat badan adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi secara rutin.

Kenaikan berat badan yang cepat tidak terjadi hanya dengan makan banyak. Untuk menambah berat badan, juga perlu memperhatikan kandungan nutrisi dalam makanan.

Makanan sehat yang ternyata gampang bikin gemuk. Ikan, buah-buahan, dan biji-bijian dikatakan makanan sehat karena kaya zat gizi yang menawarkan lebih banyak manfaat dibandingkan risiko penyakit.

Akan tetapi, makanan sehat ini diam-diam bisa menjadi penyebab bertambahnya berat badan bila tidak mengkonsumsinya dengan hati-hati atau berlebihan.

Tidak sulit sebenarnya untuk menemukan makanan yang tinggi kalori. Justru makanan-makanan ini mudah ditemukan sehari-hari.

Dirangkum dari website hellosehat.com menjelaskan bahwa makanan yang selama ini dikenal sehat tapi ternyata bisa meningkatkan berat badan dijelaskan seperti dibawah ini:

1. Nasi

Bagi orang Indonesia, tidak lengkap rasanya jika tidak makan nasi. Makanan pokok yang tinggi kalori.

1 cangkir (158 gram) nasi putih mengandung 204 kalori dan 44 gram karbohidrat.

Kreasikan dengan makanan lain untuk menambah kandungan nutrisinya. Orang Indonesia bisa makan lebih dari satu centong nasi dalam sekali makan, bahkan di luar porsi yang dianjurkan.

Ditambah lagi, ada ekstra kalori yang berasal dari lauk-pauk. Dengan begitu jika terus-menerus makan nasi dan lauk dalam jumlah berlebih, bukan tak mungkin angka timbangan akan terus naik.

2. Kacang

Salah satu sumber protein nabati yang mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, dan serat.

Kacang menyediakan kalori dalam jumlah cukup. Kacang almond, misalnya dalam 100 gram, dapat menyediakan 667 kkal.

Meski sehat, kacang juga bisa menjadi makanan yang diam-diam bikin gemuk. Pasalnya, Anda biasanya menjadikan kacang sebagai camilan yang dimakanan sedikit tapi sering.

3. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung lemak sehat dan buah yang mempunyai banyak kalori. Makan buah ini tentu dapat membantu dalam menaikkan berat badan. Satu alpukat besar dengan berat 200 gram menyediakan 322 kalori.

Jika sedang berusaha menjaga atau menurunkan berat badan, hindari makan alpukat terlalu banyak. Konsumsi buah ini dalam jumlah besar justru memicu penambahan berat badan.

4. Susu

Selain makanan, ada juga minuman padat kalori yang mudah, susu juga sara akan protein, karbohidrat, lemak dan sumber kalsium yang baik.

Penelitian dari International Milk Genomics Consortium bahkan menunjukkan susu dapat membantu menambah massa otot ketika melakukan latihan membesarkan otot.

Menambah massa otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik karena menyediakan protein kasein dan whey.

Meski begitu, konsumsi segelas susu (250 ml) yang tidak disertai dengan pembakaran kalori akan menyebabkan tubuh gampang gemuk.

5. Daging Merah

Sering dianggap tidak sehat karena kandungan lemaknya yang tinggi. Jika tidak dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan, daging merah sebenarnya tetap aman.

Daging merah mengandung leusin, asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang sintesis protein otot dan menambah jaringan otot baru.

Salah satu makanan pembentuk otot terbaik. Pada 170 gram steak, terdapat sekitar 5 gram leusin, 456 kkal, dan 49 gram protein.

Daging merah juga tinggi lemak, yang artinya tinggi kalori. Banyak makan daging merah tanpa diimbangi olahraga rutin bisa meningkatkan kolesterol dan risiko obesitas.

6. Yoghurt

Makanan sehat ini diam-diam bisa bikin gemuk, yoghurt yang tinggi lemak jenuh.

Hindari mengkonsumsi yoghurt tinggi lemak jika asupan kalori harian sudah tercukupi dengan makanan atau minuman lain.

Jadikan, yoghurt sebagai makanan selingan, bukan makanan sehari-hari.

Menambahkan buah-buahan, kacang, madu, dan granola pada yoghurt agar lebih bernutrisi.

7. Keju

Keju mengandung kalori dan lemak yang banyak. Oleh karena itu, makanan ini sering menjadi salah satu pilihan untuk menaikkan berat badan.

Namun, tetap pilih keju yang sehat. Pasalnya, dalam 28 gram keju cheddar, terdapat 115 kkal dan 9 gram lemak (6 gram lemak jenuh).

8. Buah kering

Satu lagi makanan yang membuat gemuk adalah buah kering, misalnya kismis yang biasanya ditambahkan pada kue, puding, yoghurt, dan smoothies.

Namun, jangan salah mengira buah kering minim kalori. Buah kering justru mengandung lebih banyak kalori dibandingkan buah segar.

Dalam satu gelas buah kering mengandung 5 – 8 kali kalori dan gula yang lebih besar dibandingkan dengan satu gelas buah segar.

Meskipun buah kering mengandung antioksidan serta vitamin dan mineral, tetap perlu membatasi asupannya.

9. Ikan salmon

Salmon adalah sumber protein yang baik dan lemak sehat yang penting. Mengonsumsi 170 gram ikan salmon menyediakan sekitar 250 kkal, 12 gram lemak sehat, dan 37 gram protein sehat.

Membantu membangun otot atau menambah berat badan. Meski sehat, makan salmon dalam jumlah besar ditambahkan dengan asupan tinggi kalori lainnya, bisa memicu kegemukan.

10. Cokelat hitam

Kandungan cokelat hitam mencapai 70% membantu mengatur hormon stres dan kadar gula darah. Seperti makanan tinggi lemak lainnya, cokelat hitam memiliki kalori yang tinggi.

Ngemil cokelat hitam terus setiap hari dalam seminggu tentunya bisa membuat Anda gemuk.

Setiap 100 gram batang cokelat dengan 60 – 75% kakao memiliki sekitar 600 kalori dan mengandung serat, magnesium, dan antioksidan.

11. Telur

Salah satu makanan sehat pembentuk otot yang baik. Bahan makanan ini menyediakan kombinasi protein dan lemak sehat.

Setiap telur mentah berukuran besar (50 gram) memiliki sekitar 74 kkal.

Makan telur tiga kali sehari berisiko menaikkan kadar kolesterol tubuh dan menambah berat badan.

Setelah menyimak daftar ini, bahwa makanan sehat yang konsumsi juga bisa mengakibatkan kenaikan berat badan.

Dalam kutipan website hellosehat.com menjelaskan bahwa secara umum, makan di jam-jam sebelum tidur memang dapat mengganggu siklus tidur.

Namun, sebenarnya makan buah di malam hari cenderung tidak mengganggu tidur dibandingkan dengan mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori.

Salah satu makanan tinggi kalori yang suka dijadikan camilan di malam hari biasanya adalah keripik kentang, puding, keik, atau makanan olahan seperti keju, sosis, dan susu kental manis.

Konsumsi makanan tinggi kalori sebelum tidur bisa membuat sulit tidur karena menstimulasi kerja sistem pencernaan.

Pencernaan jadi lebih aktif memecah makanan sehingga tubuh masih siaga dan sulit masuk ke fase istirahat.

Sementara itu, buah-buahan cenderung tidak tinggi kalori sehingga mengkonsumsinya menjelang tidur tidak terlalu mempengaruhi kerja sistem pencernaan.

Jadi, perlu menjaga porsinya tetap kecil guna menghindari lonjakan gula darah dan kelebihan kalori karena makan buah terlalu banyak.

Untuk itu, hindari menambah asupan kalori berlebihan sekalipun makanan yang pilih sarat zat gizi bermanfaat, tetaplah batasi porsinya.

Dirangkum dari website ayosehat.kemkes.go.id menjelaskan bahwa menurut Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, anjuran konsumsi gula per orang per hari adalah 10% dari total energi (200 kkal).

Konsumsi tersebut setara dengan gula 4 sendok makan per orang per hari atau 50 gram per orang per hari. Konsumsi GGL penting bagi kesehatan baik untuk diri sendiri atau orang-orang terdekat. Mengetahui berapa banyak GGL yang boleh dikonsumsi setiap hari.

Kelebihan konsumsi garam diketahui bisa berdampak pada kesehatan seperti memicu tekanan darah tinggi.

Sedangkan konsumsi gula berlebih bisa memicu munculnya penyakit diabetes. Dengan begitu konsumsi gula harian tetap terpenuhi tanpa harus khawatir akan penyakit lain yang mengintai.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #wajib #tahu #yang #bisa #bikin #cepat #menambah #berat #badan

KOMENTAR