Menelusuri Arti Mimpi Melihat Mayat: 14 Makna Tersembunyi Ini Jarang Diketahui
Ilustrasi 14 Arti Mimpi Melihat Mayat. (Pinterest)
13:04
26 September 2024

Menelusuri Arti Mimpi Melihat Mayat: 14 Makna Tersembunyi Ini Jarang Diketahui

- Pernahkah Anda bermimpi melihat mayat atau orang yang sudah meninggal yang Anda kenal? Banyak orang merasa cemas setelah terbangun dari mimpi tersebut dan segera mengirimkan doa untuk sang mendiang arwah.

Dalam tradisi Islam, mimpi dianggap sebagai salah satu bentuk komunikasi antara manusia dengan Yang Maha Kuasa. Di antara berbagai jenis mimpi yang ada, salah satu yang cukup menakutkan adalah mimpi melihat mayat. Mimpi ini memiliki makna dan interpretasi yang bervariasi, tergantung pada konteks dan kondisi si pemimpi.

Artikel ini akan mengeksplorasi lebih lanjut tentang mimpi melihat mayat serta makna tersembunyi di baliknya. Melalui channel YouTube Maswil Huda pada Kamis, (26/9), berikut adalah 14 arti mimpi melihat mayat menurut perspektif Islam.

1. Mimpi Melihat Mayat Hidup Kembali

Dalam penafsiran Islam, mimpi melihat mayat hidup kembali dapat menandakan bahwa urusan atau permasalahan yang sebelumnya rusak dan kacau akan membaik dan kembali pada kemudahan.

Hal ini disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga sebelumnya. Mimpi ini dapat memberikan harapan dan kabar baik bagi si pemimpi, bahwa kesulitan yang dihadapi akan berakhir dan menuju pada keadaan yang lebih baik.

2. Mimpi Melihat Orang Hidup Berubah Menjadi Mayat

Di sisi lain, mimpi melihat orang hidup berubah menjadi mayat dapat menandakan bahwa urusan atau kehidupan orang yang memimpikan hal ini akan menjadi kacau. Dalam mimpi ini, hidup melambangkan kemudahan, sedangkan kematian melambangkan kesusahan.

Jika seseorang bermimpi melihat mayat-mayat yang mendapatkan berita gembira, itu berarti keadaan orang tersebut baik di sisi Allah SWT. Namun, jika dalam mimpi ia tidak melihat mereka mendapatkan kabar gembira atau mereka berpaling darinya, maka itu menandakan bahwa keadaannya buruk di sisi Allah SWT.

3. Mimpi Melihat Mayat Tertawa

Jika seseorang bermimpi melihat mayat tertawa, itu menunjukkan bahwa mayat itu telah mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah Abasa, ayat 38-39, yang menyatakan bahwa "Banyak muka pada hari itu berseri-seri tertawa dengan gembira ria." Jika dalam mimpi, mayat tersebut tidak berbicara dan tidak menyentuhnya, berarti mayat itu puas dengan pahala kebaikan yang telah dikirimkan kepadanya.

4. Mimpi Melihat Mayat Memalingkan Wajah dan Cemberut

Jika seseorang bermimpi melihat mayat yang memalingkan wajah, bermuka cemberut, dan seolah-olah memukulnya, itu menandakan bahwa orang yang memimpikan hal ini telah melakukan maksiat. Namun, ada juga penafsiran lain yang menyatakan bahwa jika seseorang bermimpi dipukul oleh mayat, itu berarti ia akan membayarkan hutang mayat tersebut.

5. Mimpi Melihat Mayat Telanjang

Mimpi melihat mayat dalam keadaan telanjang dapat menandakan bahwa mayat tersebut keluar dari dunia ini dalam keadaan telanjang, tanpa kebaikan. Namun, ada pula penafsiran yang menyatakan bahwa mimpi melihat mayat telanjang menandakan ketenangan dan kenyamanan si mayat.

6. Mimpi Melihat Mayat Bangkit dari Kubur

Apabila seseorang bermimpi melihat mayat-mayat bangkit dari kubur yang sudah diketahui lokasinya, hal itu menandakan bahwa roh penghuni kubur sedang disiksa. Mimpi tersebut dianggap sebagai pertanda bagi orang-orang munafik.

7. Mimpi Melihat Mayat Kafir dalam Keadaan Baik

Apabila seseorang bermimpi melihat mayat orang kafir dalam keadaan yang sangat baik, itu hanya menunjukkan baiknya keadaan keturunan dan orang-orang yang datang setelah mayat tersebut, bukan menunjukkan baiknya keadaan si mayat di sisi Allah SWT.

8. Mimpi Melihat Mayat Memakai Pakaian Kusam atau Sakit

Jika seseorang bermimpi melihat mayat yang memakai pakaian kusam atau sedang sakit, itu menandakan bahwa Allah SWT sedang mempertanyakan agama si pemimpi secara khusus, tanpa ada yang melihat dan mengikutinya.

9. Mimpi Melihat Mayat Sibuk dan Lelah

Mimpi melihat mayat yang disibukkan dan dibuat letih menandakan bahwa mayat itu sedang sibuk dengan apa-apa yang ada di akhirat.

10. Mimpi Melihat Mayat Sedang Tidur

Mimpi melihat mayat yang sedang tidur menandakan bahwa mayat tersebut beristirahat dengan tenang di akhirat. Sedangkan mimpi tidur bersama mayat di atas kasur menandakan umur yang panjang.

11. Mimpi Melihat Mayat Salat

Jika seseorang bermimpi melihat mayat yang sedang mengerjakan salat tidak pada tempatnya, tetapi salat tersebut seperti salat yang pernah dilakukannya ketika hidup di dunia, itu berarti pahala amal kebaikan dan harta yang disedekahkan atau diwakafkan telah sampai kepadanya. Namun, jika mayat tersebut adalah seorang penguasa atau pemimpin, itu menandakan bahwa keturunannya akan mendapatkan kekuasaan seperti kekuasaannya.

12. Mimpi Melihat Mayat Mengimami Orang Hidup

Jika seseorang bermimpi melihat orang yang sudah meninggal mengimami orang-orang yang masih hidup, itu menandakan bahwa mereka memiliki umur yang pendek, karena mereka mengikuti orang yang telah mati.

13. Mimpi Mengikuti Langkah Mayat

Jika dalam tidurnya, seseorang bermimpi mengikuti mayat dan menapaki setiap langkahnya ketika keluar masuk suatu tempat, itu berarti orang tersebut akan meniru perbuatan orang yang sudah meninggal itu, baik perbuatan yang menimbulkan kebaikan maupun perbuatan yang mengakibatkan kerusakan.

14. Mimpi Melihat Mayat di Masjid

Mimpi melihat mayat yang sedang berada dalam masjid ditakwilkan bahwa mayat tersebut selamat dari azab Allah SWT, karena masjid adalah tempat yang terjaga keamanannya.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #menelusuri #arti #mimpi #melihat #mayat #makna #tersembunyi #jarang #diketahui

KOMENTAR