Cara Mengecilkan Celana Jeans dengan Mudah di Rumah, Tanpa Bahan Khusus Tapi Hasilnya Nyata
Ilustrasi cara mengecilkan jeans dengan mudah tanpa bahan khusus./pixabay.com./PublicDomainArchive.
15:12
25 September 2024

Cara Mengecilkan Celana Jeans dengan Mudah di Rumah, Tanpa Bahan Khusus Tapi Hasilnya Nyata

Siapa di sini saking seringnya pakai jeans, lama kelamaan jeans tersebut jadi longgar dan nggak pas lagi di badan?

Tak hanya karena keseringan dipakai, ada berbagai alasan yang dapat membuat celana jeans denim yang biasa kamu pakai menjadi longgar.

Apalagi ketika dicoba ternyata jeans yang dahulu pas di badan sekarang menjadi longgar, alasannya bisa karena terlalu sering dipakai atau karena longgar setelah dicuci.

Kabar baiknya, kini setiap orang bisa mengecilkan jeans sendiri di rumah dan mengembalikannya ke bentuk dan ukuran asli.

Ada beberapa cara mengecilkan celana jeans yang mudah. Teknik ini membutuhkan sedikit usaha, namun memberikan hasil yang baik untuk memperbaiki garis pinggang yang longgar sambil memberikan ukuran yang lebih baik dan lebih ketat.

Dilansir dari pinkvilla, inilah cara mengecilkan jeans dengan mudah tanpa bahan khusus tapi bisa balikin ukuran jeans favoritmu.

1. Cuci dan keringkan dengan air panas

Air panas adalah cara terbaik untuk mengecilkan celana jeans tanpa repot. Jika biasanya kalian menghindari mencuci pakaian dengan air panas karena dapat membuat ukuran mengecil, maka cara inilah yang terbaik untuk mengecilkan celana jeans.

Kalian hanya perlu memasukkan celana ke dalam mesin cuci lalu rendam menggunakan air hangat.

Biarkan celana berada di mesin cuci selama satu atau dua putaran. Mencuci celana jeans dengan air panas ini dapat membuat serat celana menyusut saat dicuci.

Setelah selesai, masukkan jeans ke dalam pengering hingga airnya kering dan membuat celana kembali keukuran semula.

2. Mandi air panas

Metode ini mungkin terdengar aneh, tetapi akan memberikan perubahan ukuran jeans yang tepat sesuai dengan tubuhmu.

Mandi air panas sambil mengenakan celana jeans ini dapat menjadi cara terbaik. Serat denim akan menyusut sempurna dengan ukuran paha dan pinggul, sehingga menghasilkan ukuran yang sempurna.

Setelah jeans yang basah itu mulai mengering, maka angkatlah dengan hati-hari dan biarkan mengering pada suhu panas.

Kalian juga bisa memasukkan celana jeans ke dalam pengering untuk penyusutan lebih lanjut.

Namun, pastikan kalian tidak mencucinya karena dapat membuat serat mengendap dan mengembalikan ke posisi semula.

3. Merebus celana

Nggak hanya menggunakan air panas saat mencuci, merebus celana jeans dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengecilkan celana jeans.

Cara ini akan membuat kalian memperoleh hasil yang cepat dan efektif karena suhu air yang panas dan mendidih dapat menyebabkan serat katun pada denim menyusut.

Namun, proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama, karena semakin sedikit waktu perebusan, maka akan semakin sedikit pula pengurangan ukuran celana.

Untuk proses perebusan, balikkan denim, lalu rendam dalam panci berisi air panas dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.

Gunakan sendok besar untuk mencelupkan jeans ke dalam air. Kalian bisa menambahkan pelembut kain untuk menambah kelenturan.

Setelah selesai, masukkan celana ke dalam pengering untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan biarkan celana kering dengan cara alami karena dapat merubah Kembali ukuran celana jeans.

4. Teknik setrika

Setelah selesai, keluarkan celana jeans dari pengering. Panaskan setrika dengan suhu sedang dan siapkan alas untuk menyetrika.

Letakkan celana jeans yang telah dicuci tadi ke atas permukaan tempat gosok lalu mulailah menyetrika hingga celana jeans kering sepenuhnya.

Ini bukan cara terbaik, tetapi dapat menjadi cara yang bisa mengubah ukuran celana jeans menjadi lebih kecil sesuai dengan ukuran aslinya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #cara #mengecilkan #celana #jeans #dengan #mudah #rumah #tanpa #bahan #khusus #tapi #hasilnya #nyata

KOMENTAR