Benarkah Sering Minum Kopi Membuat Massa Otot Jadi Makin Besar?
Minum kopi efektif meningkatkan massa otot (unsplash/Thought Catalog).
20:36
24 September 2024

Benarkah Sering Minum Kopi Membuat Massa Otot Jadi Makin Besar?

 

 - Bagi sebagian besar orang, kopi telah menjadi salah hidangan pagi untuk memulai hari. Tidak sedikit yang merasa, tidak lengkap jika belum dimulai dengan segelas kopi.

Selain itu, kopi juga efektif menemani pekerja kantoran yang ditugaskan lembur. Senyawa kafein dalam kopi efektif membuat mata melek di malam hari.

Segelas kopi juga enak diminum saat siang hari atau makan siang. Di zaman sekarang, kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup kebanyakan orang, baik muda maupun tua.

Kopi juga berguna untuk mereka yang sedang dalam program membesarkan otot. Minum kopi setiap hari ternyata efektif untuk meningkatkan massa otot.

Fakta ini baru saja dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition pada bulan Agustus kemarin. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa mereka yang sering minum kopi cenderung memiliki massa otot yang besar.

Penelitian tersebut meneliti data kesehatan milik 8.300 orang dewasa yang ada di Amerika Serikat. Para peneliti mengamati massa otot melalui bone density scan.

Tidak hanya itu, dalam penelitian tersebut juga membandingkan kebiasaan minum kopi para responden yang didapat dari kuesioner. Hasil dari studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang setiap hari minum kopi memiliki massa otot lebih tinggi sebesar 11-13 persen.

Temuan ini berlaku untuk mereka yang meminum kopi dengan kafein, bukan yang tidak. Selain itu, hal ini juga tidak berlaku pada orang dengan BMI (Body Mass Index) di atas 30.

Maka dari itu, minum kopi setiap hari membantu untuk meningkatkan massa otot. Fakta ini tentu saja akan sangat membantu untuk mereka yang ingin menaikkan massa otot di tubuhnya.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk meminum kopi? Dikutip dari Healthline, dianjurkan untuk minum kopi bukan pagi hari, melainkan saat menjelang siang.

Di pagi hari, tubuh masih menghasilkan hormon kortisol. Hormon kortisol yang mampu membuat tubuh tetap terjaga.

Kandungan kafein dalam kopi juga akan menambah tingkat kewaspadaan dan membuat tubuh terjaga, sama seperti cortisol. Jika minum kopi di pagi hari, maka tingkat kewaspadaan dalam tubuh akan jadi berlimpah.

Hormon kortisol akan mulai menurun 3-4 jam setelah kamu bangun tidur. Jadi, jika kamu bangun jam 06.00, maka sebaiknya minum kopi pada jam 09.00 atau 10.000.

Di jam-jam tersebut, hormon kortisol mulai menurun. Di momen tersebut, kamu bisa menggantinya dengan kafein yang ada dalam kopi.

Kopi juga bagus diminum sesaat sebelum olahraga. Penelitian mengungkapkan bahwa kafein efektif menambah stamina.

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #benarkah #sering #minum #kopi #membuat #massa #otot #jadi #makin #besar

KOMENTAR