Beda Harta Kekayaan Jokowi vs SBY: Satu Dikritik, Satu Dipuji di Pestapora 2024
Jokowi dan SBY [Instagram]
18:15
22 September 2024

Beda Harta Kekayaan Jokowi vs SBY: Satu Dikritik, Satu Dipuji di Pestapora 2024

Dalam sela-sela masa pensiunnya, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terlihat menghibur penonton Pestapora 2024. Ia manggung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (20/9/2024) malam.

Di tengah antusias pengunjung Pestapora, tak sedikit pula yang kembali membandingkan harta kekayaan SBY dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apalagi keduanya  sama-sama presiden dua periode yang belakangan memiliki citra berbeda.

SBY mendapatkan banyak pujian di masa pensiunnya karena mengisi waktu luang dengan kesenian, seperti melukis dan manggung di Pestapora.

Bapak Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini bahkan membawakan beberapa lagu populer sampai ciptaannya sendiri. Di antaranya "Pelangi di Matamu" dari Jamrud, "Kamu Nggak Sendirian" dari Tipe-X, dan "Untuk Bumi dan Kuyakin Sampai di Sana" yang merupakan lagu ciptaannya.

Baca Juga: Ditonton Calon Mantu, Beda Pesona Maia Estianty Vs Mulan Jameela Manggung di Pestapora 2024

Menariknya, SBY juga membawakan lagu populer milik Coldplay, "Yellow" yang membuat suasana makin meriah. Tidak sendirian, SBY ditemani beberapa penyanyi Tanah Air, seperti Yuni Shara hingga Joy Tobing.

Berbeda dengan Presiden Jokowi yang belakangan ini sedang panen kritikan akibat kontroversi kedua anaknya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pagarep. Mengenai itu, menarik untuk membandingkan latar belakang kekayaan keduanya.

Harta kekayaan SBY 

Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampil bernyanyi dalam gelaran Pestapora 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampil bernyanyi dalam gelaran Pestapora 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Pada tahun pertama menjabat sebagai presiden, yaitu 2004, Susilo Bambang Yudhoyono melaporkan memiliki harta senilai Rp4,65 miliar. Angka ini bertambah sekitar Rp1,16 miliar dari tahun 2001.

Setelah menjabat sebagai presiden selama dua periode alias 10 tahun, SBY melaporkan bahwa harta kekayaannya mencapai Rp13,98 miliar.

Baca Juga: Beda Tarif Manggung Mulan Jameela vs Maia Estianty: Kompak Guncang Pestapora 2024

Berdasarkan LHKPN, harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan sebesar Rp5 miliar, giro dan kas Rp6 miliar, dan transportasi Rp500 juta. Itu artinya, harta kekayaan Presiden SBY bertambah sebanyak Rp9,33 miliar selama menjadi presiden Indonesia.

Harta kekayaan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Instagram/jokowi)Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Instagram/jokowi)

Ketika maju sebagai Presiden pada tahun 2014, Jokowi melaporkan kekayaannya sebanyak Rp29,8 miliar. Sepuluh tahun berselang, LHKPN mencatatkan bahwa Presiden Jokowi memiliki harta kekayaan sebesar Rp95,8 miliar.

Sebagian besar harta kekayaan Jokowi adalah tanah dan bangunan yang mencapai 20 bidang atau setara Rp74,1 miliar. Ayah Gibran dan Kaesang ini juga memiliki delapan unit kendaraan senilai Rp432 juta.

Terakhir, Jokowi juga melaporkan kekayaan berupa harta bergerak lainnya senilai Rp356 juta, serta kas dan setara kas sekitar Rp20 miliar.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #harta #kekayaan #jokowi #satu #dikritik #satu #dipuji #pestapora #2024

KOMENTAR