Adu Biaya Summer Camp Sepak Bola Rafathar vs Keanu Massaid di Eropa, Mana Lebih Mahal?
Kolase foto Keanu Massaid dan Rafathar Malik Ahmad. (Instagram/@keanu_massaid/@raffinagita1717)
15:35
19 September 2024

Adu Biaya Summer Camp Sepak Bola Rafathar vs Keanu Massaid di Eropa, Mana Lebih Mahal?

Selayaknya orang tua lain, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga berusaha untuk memenuhi keinginan sang anak. Tak terkecuali saat Rafathar Malik Ahmad ingin mengembangkan minatnya di bidang sepak bola.

Bahkan diungkap di hadapan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Rafathar ternyata akan mengikuti summer camp sepak bola pada tahun 2025 mendatang.

"Tahun depan, dia ada rencana mau ikut Liverpool Summer Camp," tutur Nagita dalam bahasa Inggris, seperti dikutip dari akun TikTok @/trgnxn.id, Kamis (19/9/2024).

Namun Rafathar bukan satu-satunya anak selebritis yang mengikuti summer camp sepak bola. Sebelumnya anak Angelina Sondakh dan mendiang Adjie Massaid, Keanu Massaid, juga sempat bertolak ke Spanyol untuk summer camp sepak bola.

Baca Juga: Beda Sikap Rayyanza Cipung Saat Bertemu dengan Baby Kamari Anak Jennifer Coppen

Lantas bila dibandingkan, biaya summer camp sepak bola mana yang lebih mahal, Rafathar atau Keanu?

Biaya Summer Camp Sepak Bola Rafathar Malik Ahmad

Potret Rafathar Malik Ahmad dan Shin Tae-yong (Instagram/raffinagita1717)Potret Rafathar Malik Ahmad dan Shin Tae-yong (Instagram/raffinagita1717)

Melansir laman liverpoolfccamps.com, terdapat beberapa program summer camp yang bisa diikuti oleh anak-anak usia 9-17 tahun. Tak hanya berlatih sepak bola, peserta summer camp juga akan diajak bermain games sampai tur ke Anfield Stadium.

Dengan semua fasilitas mewah itu, tak heran bila peserta summer camp harus membayar cukup mahal. Dilihat di ifxsoccer.com, biaya Liverpool Summer Camp tahun 2024 dibagi menjadi dua kelompok, yakni Rp82,6 juta untuk durasi 2 minggu summer camp, serta Rp42,1 juta untuk durasi 1 minggu summer camp.

Selain itu, peserta juga dibebani biaya tambahan seperti asuransi kesehatan senilai Rp380 ribuan atau Rp760 ribuan tergantung durasi camp, serta biaya penjemputan di bandara yang mencapai Rp5 jutaan.

Baca Juga: Diduga Nasihati Baim Wong Agar Becus Urus Istri, Raffi Ahmad Dipuji Psikolog

Biaya Summer Camp Keanu Massaid

Keanu Massaid di summer camp Iniesta Academy. (Instagram/@keanu_massaid)Keanu Massaid di summer camp Iniesta Academy. (Instagram/@keanu_massaid)

Bila Rafathar tertarik mengikuti Liverpool Summer Camp di Inggris, maka Keanu Massaid lebih tertarik bergabung di summer camp yang diadakan oleh Iniesta Academy di Spanyol.

Dikutip dari situs resmi Iniesta Academy, program summer camp bisa diikuti oleh peserta usia 6-16 tahun dengan durasi antara 7 hari 6 malam sampai dua pekan.

Program ini menawarkan sejumlah pelatihan, mulai dari kelas teori sepak bola, kegiatan rekreasi dalam membangun tim, diskusi dengan para profesional, sampai pemahaman tentang nutrisi atlet serta psikologi olahraga.

Biaya termurah untuk mengikuti summer camp ini adalah 495 Euro atau sekitar Rp8,7 jutaan untuk 7 hari summer camp. Sedangkan untuk program latihan 2 pekan dibanderol seharga 950 Euro atau sekitar Rp16,6 jutaan.

Bila memilih paket kelas lengkap dengan program belajar sepekan, maka peserta harus membayar senilai 850 Euro atau setara Rp14,4 jutaan, sedangkan untuk durasi 2 pekan adalah Rp28 jutaan.

Selain itu ada biaya tambahan yang harus dibayar peserta, yakni jemputan bus dari Barcelona ke Kota Llivia atau sebaliknya yang dibanderol seharga 30 Euro atau sekitar Rp500 ribuan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #biaya #summer #camp #sepak #bola #rafathar #keanu #massaid #eropa #mana #lebih #mahal

KOMENTAR